Waduh, Ada Jerawat di Testis? Apa Ya, Penyebabnya?

Waduh, Ada Jerawat di Testis? Apa Ya, Penyebabnya?

Jerawat tidak hanya muncul di wajah. Beberapa orang mengalami jerawat di anggota tubuh lainnya, seperti leher, telinga, punggung, bahkan testis. Mengapa ada jerawat di kemaluan?

PENYEBABNYA bisa bermacam-macam. Sebelum mengenal penyebab dan cara menghilangkan jerawat pada testis, kenali dulu serba-serbi mengenai jerawat di testis beserta bahayanya.

Apakah Jerawat di Testis Berbahaya?

Pria yang testisnya ditumbuhi jerawat pasti bertanya-tanya mengenai seberapa bahayanya kondisi tersebut.

Perlu Anda ketahui bahwa kemunculan jerawat di buah zakar adalah normal. Namun, Anda harus memastikan bahwa benjolan jerawat memang berada di luar kulit, bukan di dalam kulit.

Ciri-ciri jerawat di testis adalah terdapat benjolan kemerahan atau berisi nanah di area skrotum (testis). Kemudian, apabila disentuh jerawat ini menimbulkan rasa peruh layaknya jerawat di wajah atau bagian tubuh lainnya.

Sementara jika Anda menemukan benjolan tidak kemerahan dan tidak terasa nyeri di area skrotum, maka bisa dikatakan bahwa benjolan ada di bagian dalam skrotum.

Anda harus menemui dokter spesialis kulit untuk memeriksakan benjolan tersebut.

Penyebab Jerawat di Testis

Tak sedikit orang yang bertanya-tanya mengapa ada jerawat di kemaluan, khususnya di area testis. Pasalnya, kondisi ini cukup membuat orang yang mengalaminya menjadi resah.

Penyebab munculnya jerawat di testis sejatinya sama dengan penyebab jerawat di area tubuh lainnya, yaitu karena makanan, hormon, stres, atau kurang menjaga kebersihan pada area kulit tersebut.

Terlebih, testis adalah area tubuh yang mudah lembab, sehingga jika Anda memakai celana dalam yang tidak dapat menyerap keringat, maka area testis menjadi sering lembab dan rentan ditumbuhi jerawat.

Nah, dengan mengetahui jawab dari pertanyaan mengapa ada jerawat di kemaluan atau testis ini, tentu Anda tidak perlu panik lagi jika mengalami kondisi seperti ini.

Cara Mengobati Jerawat pada Testis

Kemunculan jerawat di testis memang tidak berbahaya, tapi cukup membuat tidak nyaman. Jika tersentuh atau bergesekan dengan pakaian dalam, jerawat tersebut akan menimbulkan rasa nyeri yang tidak terlalu para tapi mengganggu.

Cara menghilangkan jerawat pada testis adalah dengan memberikan obat jerawat layaknya pada jerawat yang tumbuh di muka atau punggung.

Namun, agar Anda lebih aman dalam memilih obat jerawat, sebaiknya konsultasikan masalah ini ke dokter agar Anda memperoleh resep obat jerawat yang tepat.

Yang perlu Anda ingat, hindari menyentuh jerawat di testis karena hal ini bisa membuat peradangan jerawat semakin parah.

Sama seperti ketika Anda memperlakukan jerawat di wajah, hindari terlalu sering menyentuh jerawat di testis. Jika memang harus menyentuhnya, pastikan tangan  Anda sudah steril.

Tips Mencegah Jerawat di Testis

Pertanyaan seputar mengapa ada jerawat di kemaluan sudah terjawab. Anda sekarang sudah tahu  bahwa penyebab jerawat di testis ternyata memang sama saja dengan penyebab jerawat yang muncul di bagian tubuh lainnya.

Namun, Anda tetap bisa melakukan pencegahan agar jerawat di testis tidak muncul kembali.

Berikut adalah tips mencegah jerawat di testis yang bisa Anda lakukan:

  • Ganti Celana Dalam Secara Teratur

Jika saat ini Anda punya kebiasaan memakai celana dalam berhari-hari, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut.

Gantilah celana dalam minimal dua kali sehari. Ketika mencuci celana dalam, Anda harus mencucinya dengan deterjen sampai bersih agar celana dalam Anda bebas dari bakteri penyebab jerawat.

  • Bersihkan Kemaluan Saat Mandi

Menjaga kebersihan area kemaluan adalah hal yang harus Anda lakukan jika ingin bebas dari jerawat di testis, atau penyakit kelamin lainnya.

Bersihkan testis dan penis saat mandi dengan menggunakan sabun. Cukup lakukan ini dua kali sehari saat mandi.

  • Jaga Area Kemaluan Tetap Kering

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, kemaluan adalah area yang mudah lembab karena turut memproduksi keringat. Untuk menjaga area ini tetap kering, gunakan celana dalam dari bahan yang memang mudah menyerap keringat.

Sumber:

Here's Why You Have Pimples on Your Balls—and How to Get Rid of Themhttps://www.menshealth.com/health/a25359856/pimple-on-balls/. Dilansir dari 24 Oktober 2019.

2 comments

KgTIzNrQ

GlAmBiFTRWw

eWHfFESBGtqa

qUMrHJyFn

Leave a comment