Vagina Sakit Ketika Haid? Wah, Apa Penyebabnya?

Saat datang bulan, nyeri haid lazim terasa. Namun, apakah lazim jika Anda merasakan vagina sakit ketika haid datang? Yuk, cari tahu dulu apa penyebab miss v sakit ketika haid datang.

KETIKA Anda mengalami haid dan terasa miss v sakit, sebenarnya tidak dapat secara harfiah dikatakan vagina sakit. Bisa jadi, sebenarnya hanya bagian vulva yang terasa sakit.

Apa itu vulva? Vulva adalah bagian luar dari vagina, termasuk di dalamnya labia mayora dan labia minora. Klitoris dan gerbang uretra juga termasuk di dalamnya.

Nyeri haid memang lazim terjadi, tapi bagaimana dengan vulva atau miss v sakit? Yuk ketahui dulu apa sebenarnya yang menyebabkan vulva atau vagina sakit ketika haid datang!

Vulvodynia

Vulvodynia adalah sakit vulva kronis. Jika mengalami ini, Anda akan merasakan sensasi terbakar pada vulva atau iritasi lainnya yang bertahan paling tidak selama 3 minggu.

Tidak ada penyebab yang jelas untuk vulvodynia. Rasa sakit satu ini bisa dipicu oleh sentuhan, bisa pula tidak. Rasa sakit pada vulva biasanya semakin parah ketika periode menstruasi menjelang.

Rasa sakit vulvodynia akan semakin luar biasa jika Anda mencoba memasukkan tampon. Meski tidak ada penyebab yang jelas, inilah beberapa faktor yang dapat menjadi penyebabnya:

  • Pernah mengalami infeksi vagina
  • Alergi dan kulit sensitif
  • Perubahan hormon
  • Genetik

Infeksi Jamur

Sekitar 75% perempuan akan mengalami infeksi jamur setidaknya sekali dalam hidupnya. Ini jelas disebabkan oleh pertumbuhan jamur yang berlebih. Inilah beberapa faktor yang berpotensi menjadi penyebab:

  • Perubahan hormonal karena kehamilan atau kontrasepsi oral
  • Konsumsi antibiotik
  • Produk pembersih vagina yang terlalu keras
  • Penggunaan celana dalam yang terlalu ketat
  • Diabetes yang tidak teratasi

Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri terjadi ketika kadar pH pada vagina tidak seimbang. Beberapa faktor yang menyebabkannya antara lain adalah berganti pasangan seksual atau karena melakukan douche (pembersihan vagina dengan campuran zat kimia).

Infeksi bakteri dapat menimbulkan keputihan yang berbau tidak sedap dan sensasi terbakar saat buang air kecil.

Folliculitis

Folliculitis adalah jerawat kemerahan yang muncul di area vulva karena rambut kemaluan yang terinfeksi. Infeksi ini biasanya terjadi di area labia luar. Benjolan-benjolan yang muncul dapat menyebabkan vagina sakit.

Trichomoniasis

Trichomoniasis adalah penyakit menular seksual yang umumnya disebabkan oleh parasit.

Gejala penyakit ini di antaranya adalah timbulnya cairan dengan aroma yang kuat, rasa sakit saat kencing, dan rasa sakit ketika melakukan hubungan seksual.

Pada beberapa kasus, trichomoniasis juga bisa menyebabkan rasa sakit pada perut bagian bawah yang mungkin terasa seperti nyeri haid.

Kanker Vulva

Kanker vulva memang jarang terjadi, namun bukan mustahil terjadi. Kanker jenis ini biasanya tumbuh dengan sangat lambat.

Beberapa faktor risiko yang membuat Anda lebih rentan terkena kanker vulva adalah virus HPV atau munculnya kutil pada vagina.

Kanker vulva bisa membuat vagina Anda terasa gatal, berubah warna dan ketebalan, serta munculnya jerawat pada vagina.

Itulah beberapa penyebab rasa nyeri pada vagina atau lebih tepatnya pada vulva saat menstruasi datang.

Jika Anda merasakan nyeri berlanjut pada vagina dalam periode waktu yang lama, lebih baik segera konsultasikan ke dokter. Semakin dini penyakit terdeteksi, semakin cepat dan mudah penanganan.

Sumber:

What Causes Vulvar Pain During Your Period and How to Treat It. https://www.healthline.com/health/vulvar-pain-during-period. Dilansir dari 24 Desember 2019.

Kembali ke blog

21 komentar

] Ayotut cgp.bnux.favo.id.mjy.rf http://slkjfdf.net/

icibiwava

] Eyupipuru bel.fwvx.favo.id.fcv.op http://slkjfdf.net/

uboqikizepejo

] Aguahiila kve.yywq.favo.id.kyp.hb http://slkjfdf.net/

liuuxasevo

] Ofohag icc.renj.favo.id.xtb.hg http://slkjfdf.net/

sooefejaro

] Ewekwocag ywq.xhlr.favo.id.qxg.ks http://slkjfdf.net/

iiwiputaghit

Tulis komentar

Ingat, komentar perlu disetujui sebelum dipublikasikan.

Produk Rekomendasi

Tutup

Artikel terkait