Tips Naikkan Berat Badan Secara Alami dan Aman

Tips Naikkan Berat Badan Secara Alami dan Aman

Sebagian besar orang mungkin ingin sekali menurunkan berat badan. Namun sebagian lainnya justru ingin menambah berat badan. Hal tersebut mungkin terkesan mudah, namun nyatanya menaikkan berat badan sama sulitnya seperti Anda ingin menurunkan berat badan. 

Tips Naikkan Berat Badan Secara Alami dan Aman

SETIAP orang tentu menginginkan berat badan yang ideal. Sebagian ingin menurunkan berat badan, sementara yang lainnya berjuang untuk menaikan berat badan. 

Namun sebelum mulai program untuk menurunkan/ menaikkan berat badan, Anda harus tahu apakah berat badan anda sudah ideal atau belum. Cara mengukurnya adalah dengan menggunakan Indeks Massa Tubuh (BMI).

Cara penghitungan BMI adalah berat badan dibagi tinggi badan kuadrat (dalam bentuk meter). Jika hasilnya kurang dari 18.5, maka Anda tergolong orang yang harus menaikkan berat badan.

Sebaliknya, jika hasilnya lebih dari 25, maka Anda tergolong obesitas sehingga harus segera menurunkan berat badan. Perlu diperhatikan juga jika kurus bukan berarti anda tidak sehat. Ada beberapa orang yang mempunyai tubuh kurus, tetapi mereka tergolong mempunyai BMI yang ideal.

Madu Gemuk Badan, Rp 52.000,- ; Beli di sini

Kekurangan berat badan mempunyai efek negatif sama dengan kelebihan berat badan atau obesitas. Sebuah penelitian kesehatan menyebutkan jika kekurangan berat badan dapat meningkatkan resiko kematian dini sebesar 140% pada pria dan 100% pada perempuan.

Sebaliknya, penderita obesitas hanya mempunyai resiko sebesar 50% dalam kasus kematian dini. Kekurangan berat badan dapat menyebabkan penurunan fungsi sistem kekebalan tubuh, meningkatkan resiko infeksi, menyebabkan osteoporosis dan patah tulang, serta menyebabkan masalah kesuburan.

Selain itu, orang yang mempunyai masalah kekurangan berat badan beresiko lebih tinggi untuk terserang demensia. Sementara itu ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mempunyai masalah kekurangan berat badan, seperti :

  • Gangguan makan seperti anorexia nervosa
  • Mempunyai masalah tiroid
  • Menderita penyakit tertentu seperti diabetes atau kanker
  • Menderita HIV/AIDS

Anda perlu konsultasi ke dokter untuk mengetahui cara menambah berat badan. Namun, ada beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk menaikkan berat badan sekaligus mendapatkan tubuh bugar dan sehat, seperti :

1. Mengonsumsi Lebih Banyak Makanan yang Mengandung Kalori

Perlu diketahui, jika benar-benar ingin menaikkan berat badan maka Anda butuh mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung kalori. Hal ini sangat penting terlebih jika sehari-hari Anda melakukan banyak aktivitas berat.  

Jika ingin menaikkan berat badan secara perlahan, maka Anda harus menargetkan tambahan kalori sebesar 300-500 kalori dalam sehari. Namun jika ingin lebih cepat, maka Anda harus menargetkan untuk mengonsumsi tambahan kalori sebesar 700-1000 kalori dalam sehari.

Perlu diperhatikan juga jika setiap orang mempunyai kebutuhan kalori yang berbeda-beda, sehingga berkonsultasilah ke dokter terlebih dahulu untuk tahu kebutuhan kalori harian Anda.  

2. Mengonsumsi Lebih Banyak Kalori

Nutrisi yang paling penting untuk menaikkan berat badan adalah protein. Protein dapat menaikkan massa otot Anda sehingga secara otomatis dapat menaikkan berat badan.

Anda dapat mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung tinggi protein seperti daging, ikan, telur, beberapa macam produk susu, dan kacang-kacangan.

Jika ingin mengonsumsi suplemen protein, maka pastikan suplemen penambah berat badan tersebut aman untuk dikonsumsi dan telah dikonsultasikan ke dokter terlebih dahulu.

Jamu Nyonya Karsih Bikin Gemuk, Rp 65.000,- ; Beli di sini

3. Mengonsumsi Lebih Banyak Karbohidrat dan Lemak

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka karbohidrat dan lemak adalah musuh terbesar yang harus dihindari. Sebaliknya, jika ingin menaikkan berat badan, maka Anda harus mengonsumsi lebih banyak karbohidrat dan lemak dalam sehari.

Agar berat badan dapat segera naik, Anda sebaiknya mengonsumsi lebih dari 3 kali makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak dalam sehari.

Berikut beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi untuk menaikkan berat badan sekaligus mendapatkan tubuh bugar dan sehat.

  • Kacang-kacangan seperti almond, walnut, dan kacang tanah
  • Buah kering seperti kismis dan kurma
  • Produk susu seperti yogurt
  • Biji-bijian
  • Daging seperti daging ayam, sapi, domba, dan babi
  • Umbi seperti kentang dan ubi jalar
  • Cokelat hitam


Leave a comment