Tips Mengurangi Berdebat dengan Pasangan Selama Ramadhan

Tips Mengurangi Berdebat dengan Pasangan Selama Ramadhan

Bulan puasa tidak hanya menahan lapar dan haus tetapi juga menahan nafsu dan emosi. Berdebat merupakan bagian dari kehidupan pasutri terlebih lagi pengantin baru, akan tetapi berdebat tetap bisa dihindari dengan tips ramadan dengan pasangan berikut ini.

Tips Mengurangi Berdebat dengan Pasangan Selama Ramadhan

BULAN ramadhan seringkali dijadikan bulan yang baik bagi umat muslim karena dianjurkan untuk berbuat kebaikan dan beribadah sepanjang hari.

Namun, manusia tentunya tidak ada yang sempurna, terkadang lamanya waktu puasa membuat mereka menjadi lebih sensitif.

Kita menjadi sensitif bisa dikarenakan oleh beberapa hal, bisa karena rasa haus dan lapar atau kurang sabarnya menunggu waktu buka sehingga rentan terjadi gesekan pendapat antara pasutri.

Perlu diigat bahwa ramadhan adalah bulan yang baik, hadapi segala yang terjadi di keseharian dengan kebaikan, kesabaran dan ketenangan.

Pengantin baru umumnya sering berdebat karena masih beradaptasi dengan satu sama lain. Nah, tips ramadhan dengan pasangan ini bisa juga dipraktekkan oleh pengantin baru, lho.

Biarkan berlalu

Terkadang perdebatan terjadi di waktu yang tak terduga dan tanpa disadari seringkali hal yang diperdebatkan adalah hal kecil. Daripada Anda berdua terlalu bernafsu untuk berdebat dan akhirnya membuat masalah yang tadinya sepele menjadi besar sebaiknya mengalah saja.

Anda bisa pergi ke ruangan lain untuk beberapa saat untuk menghindari perdebatan atau sama-sama sepakat untuk membahas masalah yang diperdebatkan nanti saja.

Ketika suasana hati dan kepala sudah dingin, Anda dan pasangan akan merasa bahwa hal yang tadinya dipermasalahkan sebetulnya hanyalah hal kecil saja dan Anda pun mungkin merasa tidak perlu lagi membahasnya kembali.

Ketika masalah sudah berlalu biarlah menjadi terlupakan, jangan mengungkit hal-hal sepele yang sebetulnya tidak perlu dipanjang-panjangkan.

Baca juga : 6 Musuh Dalam Hubungan Anda yang harus Anda Kalahkan

Latih kesabaran

Bulan suci ramadhan merupakan bulan menahan nafsu, tidak hanya nafsu makan dan minum tetapi juga nafsu emosi. Jangan biarkan ibadah Anda menjadi luntur karena hal kecil yang diperdebatkan.

Cobalah untuk menarik nafas dan menghitungnya untuk mendistraksi Anda jika Anda merasa sudah hilang kesabaran. Upayakan untuk tidak terlalu ambil pusing akan hal-hal sepele dan fokus terhadap ibadah yang sedang dijalani.

Daripada Anda menghabiskan waktu berdebat, lebih baik habiskan waktu untuk menyiapkan menu berbuka puasa bersama-sama atau melakukan ibadah lain seperti tadarus Al-Quran sembari ngabuburit atau setelah waktu imsak.

Baca juga : Jaga Hubungan Suami Istri Tetap Harmonis dengan Cara-Cara Ini!

Tetap positif

Ramadhan bulan yang penuh ampunan dan cinta. Jadikan momen bulan puasa sebagai kesempatan Anda untuk menjadi lebih dekat dengan pasangan dan anggota keluarga lainnya.

Anda bisa menjadwalkan ibadah bersama dengan anak-anak dan mengajarkan nilai-nilai agama dan kebaikan. Anda dan pasangan juga dapat bersama-sama mengadakan aksi sosial di bulan suci ramadan ini bagi orang yang membutuhkan.

Melakukan kegiatan positif bersama tidak hanya mendapatkan pahala yang berlimpah tetapi juga dapat menjaga hubungan keluarga tetap harmonis.

Isi kegiatan sehari-hari dengan ibadah bersama dan saling bahu membahu membantu pekerjaan rumah akan menjadikan Anda sadar betapa pentingnya sebuah kebersamaan dalam keluarga.

~product~

Bulan suci ramadhan hendaknya diisi oleh kegiatan yang positif. Jadikan bulan suci ini sebagai sarana memperbaiki ibadah, memperbanyak pahala dan amalan soleh.

Berhubungan baik dengan pasangan juga merupakan pintu rahmat kepada Tuhan Yang Maha Esa. Insya Allah, dengan fokus beribadah dan berbuat baik terhadap pasangan akan membuat Anda meraih hari kemenangan nanti pada Hari Raya Idul Fitri.

Leave a comment