Tips Memakai Wax Rambut

Tips Memakai Wax Rambut untuk Tampilan Maksimal

Styling wax sangat bagus untuk menambahkan tekstur, membuat kesan shiny dan menciptakan gaya rambut apapun. Biasanya styling wax ini dilakukan para pria untuk mendapatkan tatanan rambut yang lebih diinginkan.

Tips Memakai Wax Rambut untuk Tampilan Maksimal

HAIR wax (wax rambut) dapat membantu Anda dalam mengubah penampilan atau menonjolkan gaya rambut Anda. Anda bisa membuat gaya poni, gaya rambut acak, menambah volume pada rambut yang tipis, serta merias jenggot ataupun kumis Anda. Wax rambut ini biasanya lebih cocok digunakan untuk gaya rambut pendek maupun sedang, tapi Anda masih tetap bereksperimen untuk mendapatkan tampilan yang Anda inginkan. 

 

Wax Rambut

Saat Anda ingin memakai wax rambut, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain:

Salah satunya adalah memilih wax rambut untuk dibeli. Sebelum Anda membeli, maka Anda perlu membaca ulasan produk rambut tersebut. Beberapa wax lebih cocok untuk rambut pendek, ada yang larut dengan air, ada juga yang khusus untuk kumis. Kebanyakan wax yang dijual terbuat dari bahan dasar petroleum. Pastikan Anda memilih produk yang tepat untuk menentukan wax rambut yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Banyak produk wax rambut yang meninggalkan bekas lengket dan susah untuk dibersihkan. Di sisi lain, produk wax yang mudah dibersihkan tidak membentuk rambut sebagus produk wax yang lengket. Anda harus pintar mencari wax yang bagus untuk membentuk tatanan rambut sekaligus mudah untuk dibersihkan.

Baca Juga: Produk Style Rambut Pria yang Harus Anda Miliki

  • Gunakan wax saat rambut dalam kondisi kering atau sedikit basah

Basahi rambut Anda dan keringkan dengan handuk. Saat rambut dikeringkan, cobalah bentuk rambut sesuai dengan gaya yang Anda inginkan. Bentuk ini akan menjadi dasar gaya bagi Anda saat memakai wax nantinya. Saat rambut sudah kering, maka wax siap diaplikasikan. Volume rambut akan hilang saat wax dipakai saat akar rambut masih basah sehingga Anda harus memastikan rambut Anda benar-benar kering saat digunakan.

  • Ambillah sedikit wax dengan jari Anda

Saat mengambil wax, ambilah sedikit wax seukuran ujung jari kelingking Anda kemudian taruh ke telapak tangan. Jika wax diambil terlalu banyak, maka wax akan menyebar tidak merata sehingga sulit untuk membentuk rambut. Saat tangan Anda sudah dibasahi sebelumnya, maka wax akan lebih mudah lengket di jari. Namun Anda harus menghindari meneteskan terlalu banyak air pada telapak tangan Anda. 

  • Gosok wax di antara ujung jari

Sebaiknya gosokan wax di telapak tangan Anda. Wax siap diaplikasikan saat sudah cukup halus dan bebas dari gumpalan.

Wax untuk Jenis-jenis Gaya Rambut Tertentu

Memakai wax rambut bisa membantu Anda untuk mendapatkan tatanan gaya rambut tertentu. Style rambut wax memang banyak dicari karena diklaim dapat meningkatkan penampilan pria. Berikut ini ada beberapa gaya rambut yang bisa Anda coba dengan memakai wax rambut.

  • Tata poni Anda

Pertama-tama, gerakkan jari masuk melalui poni untuk memisahkan bagian-bagian rambut. Anda bisa menjepit poni di antara jari-jari Anda, lalu aplikasikan wax pada poni. Tata poni Anda, lalu wax akan menahan poni Anda di posisi yang ingin dibentuk.

  • Pertegas potongan rambut yang berlapis

Putarlah ujung rambut dengan jari-jari yang sudah dioleskan dengan wax. Kemudian, ikalkan ujung rambut Anda sesuai dengan keinginan. Ini akan membuat rambut Anda lebih terlihat 'hidup'.

  • Tampilan¬†rambut¬†messy¬†

Aplikasikan wax ke seluruh rambut, lalu kusutkan rambut Anda untuk memberikan tampilan rambut yang lebih messy, sehingga rambut Anda tidak terlalu terlihat kaku. Cobalah untuk memberikan sedikit penekanan pada helai-helai rambut dengan memutar beberapa helai tertentu dengan jari yang sudah Anda oleskan dengan wax.

  • Berikan volume pada rambut tipis

Aplikasikan sedikit wax pada akar rambut. Pastikan rambut Anda telah dioleskan wax secara menyeluruh. Setelah selesai, tata rambut Anda dengan pengering rambut.

Dengan styling rambut wax, Anda pun tidak perlu khawatir memiliki rambut yang kaku dan tidak alami. Mulailah untuk mengambil sedikit wax dengan tangan Anda. Gosokan wax di telapak tangan Anda, kemudian aplikasikan secara merata pada seluruh rambut Anda, tanpa berfokus pada satu wilayah tertentu. Selalu ingat bahwa rambut yang halus membutuhkan lebih sedikit wax ketimbang rambut yang lebih tebal. Semakin tipis rambut Anda, maka semakin sedikit produk yang Anda butuhkan.

Baca Juga: Model Rambut Pria Sesuai Bentuk Wajah

Lalu, seberapa sering Anda harus menggunakan wax rambut? Jawabannya tergantung pada panjang rambut Anda. Jika Anda memiliki rambut yang panjang, maka Anda bisa menggunakan produk ini sebanyak apapun yang Anda suka, bahkan setiap hari jika Anda ingin, terutama jika Anda hanya menggunakannya pada ujung rambut. Jika Anda memiliki rambut pendek, Anda tidak disarankan untuk memakainya setiap hari. Kulit kepala Anda kadang-kadang bisa berakhir menyerap wax yang akan memberikan efek negatif ke depannya. Sehingga hindarilah memakai wax rambut terlalu banyak dan terlalu sering.

Tips kami: Wax tidak dapat memperbaiki rambut Anda. Jika Anda ingin gaya rambut yang Anda wax bertahan lebih lama, Anda bisa mencampurkan sedikit gel sebelum mengaplikasikan wax. Nantinya tatanan rambut Anda akan bertahan lama.

Baca Juga: Pomade, Wax dan Hair Gel, Mana yang Terbaik?

Nah, itu dia sedikit ulasan mengenai wax rambut bagi para pria. Jadi, nggak ada alasan lagi tuh buat para pria kalau rambutnya nggak kece. Menarik sekali, ya? Ternyata dengan sebuah produk wax rambut, Anda bisa mengubah tatanan rambut sesuai dengan keinginan. So, do you wanna try?

Leave a comment