Tingkatkan Kekenyalan Kulit dengan 8 Makanan Ini

Tingkatkan Kekenyalan Kulit dengan 8 Bahan Ini

Padatnya aktivitas dan paparan polusi tanpa disadari akan membuat kulit kusam dan mengalami penuaan dini. Jika dibiarkan, bukan tidak mungkin kulit wajah Anda akan kendur dan kehilangan kekenyalannya.

Tingkatkan Kekenyalan Kulit dengan 8 Makanan Ini

MEMPUNYAI kulit yang sehat dan awet muda adalah impian setiap orang, tidak hanya bagi wanita tapi juga bagi laki-laki. Kulit yang sehat dan terawat akan membuat Anda semakin percaya diri menjalani aktivitas sehari-hari.

Bukan hanya soal keindahan dan kecantikan, merawat kulit juga sangat penting karena ia adalah bagian tubuh terluar yang begitu rentan terkontaminasi kotoran, jamur, bakteri dan lain-lain.

Terlebih, lapisan terluar kulit manusia hanya memiliki ketebalan sekitar 40 mikrometer atau kurang lebih setebal satu helai rambut manusia. Bisa dibayangkan, tanpa perawatan ekstra kulit akan bekerja dengan sangat keras. 

Untuk menjaga agar kulit tetap kenyal dan sehat, saat ini Anda bisa menggunakan berbagai produk kecantikan yang beredar di pasaran. Namun hal itu belum tentu cocok dengan kulit dan masih memiliki efek samping. Ada baiknya Anda menggunakan berbagai bahan alami untuk mengembalikan kekenyalan kulit.

Berikut 8 makanan anti radikal bebas yang wajib Anda masukkan ke catatan agar kulit tetap sehat dan kencang :

1. Lemon

Lemon merupakan salah satu buah-buahan yang kaya akan sumber vitamin C. Vitamin C dalam lemon mampu membantu menjaga kesehatan kulit. Selain itu lemon juga bisa membantu melawan radikal bebas dengan antioksidan yang dimilikinya.

Anti oksidan yang terkandung di dalamnya bisa membantu melancarkan sirkulasi darah, menguatkan jaringan kulit dan meningkatkan vitalitas kulit yang akan membuat kulit Anda jauh lebih cerah dan tentu lebih awet muda.

Untuk itu agar kulit sehat dan kencang awali hari Anda dengan mengonsumsi lemon, atau jika bosan Anda bisa lebih kreatif dengan mengolahnya menjadi jus atau masker wajah.

2. Pepaya

Buah yang berbentuk lonjong dan berwarna oranye ini juga rupanya sangat baik Anda konsumsi untuk perawatan kulit. Buah pepaya kaya akan sumber anti oksidan seperti vitamin C, beta karoten (vitamin A), flavonoids dan folate.

Selain itu jus pepaya juga bisa membantu Anda mengurangi bintik hitam atau pun bintik abu-abu di wajah yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Selain dijadikan jus atau dikonsumsi secara langsung, buah pepaya juga dapat Anda gunakan sebagai masker untuk melembabkan wajah dan membuat kulit lebih elastis.

Daripada jauh-jauh ke salon dan mengeluarkan banyak biaya, lebih baik Anda mencoba masker home made dengan pepaya yang kaya akan manfaat ini.

Dapatkan Purederm Illuminating Arbutin Mask dengan harga Rp 38.000,- Beli di sini

3. Anggur

Buah yang mempunyai rasa segar dan berbentuk butiran-butiran ini tersusun atas anti oksidan yang banyak memiliki manfaat untuk kesehatan kulit seperti reseveratrol dan beta karoten (vitamin A).

Resveratrol dan beta karoten (vitamin A) dapat membantu melawan dan menghancurkan radikal bebas yang dapat membuat kulit Anda mengalami penuaan dini. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa reseveratrol dapat melindungi kulit dari bahaya sinar UVB yang berasal dari paparan sinar matahari.

Anggur juga mengandung asam alpha hydroxy acid yang sangat bermanfaat menghambat penuaan kuit dan berfungsi mengeksfloitasi lapisan kulit yang sudah rusak. Istimewanya lagi buah Anggur juga mengandung vitamin E dan vitamin C yang dapat membuat kulit lebih sehat, kencang serta meningkatkan kekenyalan kulit.

4. Green Tea

Selain buah-buahan yang telah disebutkan di atas, salah satu makanan yang sekaligus minuman ini juga memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit Anda. Minuman yang asli berasal dari China ini merupakan salah satu cara meningkatkan kekenyalan kulit.

Green tea atau teh hijau mengandung 2 anti oksidan yang begitu kuat berupa polyphenol dan catechins yang akan membantu mengembalikan kelembaban dan kelembutan kulit serta menghindarkannya dari kerutan.

Selain itu green tea juga membuat kulit Anda senantiasa hangat pada saat merasa kedinginan dan juga bisa membuat kulit terlihat lebih glowing. Cobalah konsumsi green tea 2-3 gelas perhari dan Anda akan takjub dengan perubahan pada kulit.

Baca juga: Sering Terpapar Polusi? Ini 3 Tips Agar Kulit Anda Tetap Indah

5. Cokelat Hitam

Kabar baik buat Anda pecinta cokelat, selain mampu meningkatkan kebahagiaan, mengonsumsi cokelat ternyata bukan sangat bagus untuk kecantikan kulit Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa coklat mengandung senyawa flavonoid yang secara alami berasal dari tanaman yang sangat berguna sebagai salah satu anti aging Anda.

Flavonoids yang terkandung dalam coklat adalah anti oksidan yang akan membantu kulit melawan efek berbahaya sinar matahari, melindungi kulit dari sinar UV, melawan radikal bebas, membuat kulit lebih terhidrasi, membantu melancarkan sirkulasi darah dalam kulit, meningkatkan kolagen dan elastin yang akan membuat kulit Anda tampak jauh lebih muda dan terhindar dari kerutan.

Tunggu apa lagi, ayo konsumsi cemilan coklat yang begitu menggoda ini agar kulit Anda terlihat jauh lebih muda.

6. Air Putih

Di samping beberapa bahan di atas, meminum air putih adalah cara terbaik dan termurah yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kekenyalan kulit. Ingatlah bahwa semahal apapun perawatan wajah yang Anda lakukan, jika kekurangan air, maka kulit tetap saja akan kering. 

Terlebih, tubuh manusia yang 95% terdiri dari air, membuat Anda setidaknya minum 8 gelas air per hari untuk memenuhi asupan cairan. Bahkan salah satu pakar kesehatan mengatakan molekul kulit sebenarnya terbentuk dari ikatan air, jadi jika kita tidak rajin mengonsumsi air putih akan membuat kulit menjadi dehidrasi dan kering.

Kulit yang kering akan membuat proses penuaan berupa kerutan jauh lebih cepat, Untuk itu walaupun Anda malas ke kamar mandi karena terlalu sering berkemih karena terlalu banyak minum air putih, Anda harus tetap mengonsumsi air putih secara rutin demi kulit yang awet muda.

Dapatkan Jafra Advanced Dynamics Hydrating Night Moisture dengan harga Rp 355.000,- Beli di sini

7. Buah Apel

Buah yang berwarna memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit, salah satunya apel. Seperti kata pepatah, "an apple  a day keep a doctor away" , kalit tersebut bermaksud bahwa mengonsumsi apel dapat membantu menjaga kesehatan Anda. Mengonsumsi buah apel secara rutin tiap harinya bukan hanya akan membuat badan Anda sehat tetapi juga akan membuat kulit kencang dan sehat.

Buah apel mengandung vitamin C yang akan membantu melawan racun berbahaya bagi tubuh, melancarkan aliran darah dan membantu menetralisir radikal bebas dalam tubuh Anda agar tetap sehat dan awet muda tentunya.

Antioksidan yang terkandung dalam buah apel berupa quercetin, epicatechin dan procyanidin B2 yang akan membantu melindungi kulit dari penuaan dini dan berbagai permasalahan kulit lainnya.

8. Buah Blueberry

Buah terakhir yang juga memiliki banyak manfaat bagi perawatan kulit agar kulit sehat dan kencang yaitu blueberry. Buah blueberry telah lama diklaim sebagai salah satu buah sumber antioksidan tertinggi dan anti aging alami terbaik.

Buah ini mengandug antioksidan yang begitu tinggi  berupa proanthocyanidins dan anthocyanidins yang berperan penting melawan penuaan dini pada kulit. Blueberry juga mengandung vitamin, mineral, dan senyawa phenolic yang sangat baik untuk melancarkan peredaran darah. Mengonsumi buah blueberry setiap hari akan membuat kulit Anda lebih indah dan bercahaya.

Leave a comment