Pulihkan Diri Setelah Olahraga Berat dengan 4 Minuman Ini

Pulihkan Diri Setelah Olahraga Berat dengan 4 Minuman Ini

Untuk mendapatkan tubuh atletis dan sehat, olahraga merupakan hal utama yang harus dilakukan. Ketika Anda berolahraga, tubuh secara alami akan mengeluarkan banyak keringat, Anda akan kehilangan elektrolit melalui keringat dan membakar banyak karbohidrat secara alami lewat olahraga yang Anda lakukan. Maka untuk mengganti elektrolit yang hilang ketika Anda berolahraga, Anda harus segera mengonsumsi minuman yang dapat menggantikan elektrolit yang telah hilang.

Pulihkan Diri Setelah Olahraga Berat dengan 4 Minuman Ini

NAMUN sering kali setelah olahraga, kita hanya mengonsumsi minuman biasa, bahkan ada pula yang mengonsumsi minuman yang  kurang menyehatkan.

Setelah berolahraga, tubuh memerlukan minuman yang mengandung elektrolit sebagai penganti cairan tubuh yang hilang pasca berolahraga.

Untuk pemulihan tubuh setelah berolahraga, Anda disarankan untuk mengonsumsi minuman khusus yang dikonsumsi setelah berolahraga.

Menurut Jackie Buell, Ph.D., R.D., seorang ahli diet olahraga di Ohio State University, minuman khusus untuk dikonsumsi ketika berolahraga dapat membantu dengan cepat kembalinya energi pada tubuh karena mengandung natrium dan potasium.

Banyak minuman khusus untuk dikonsumsi ketika berolahraga yang ditawarkan di pasaran, namun tidak semua minuman tersebut baik untuk dikonsumsi.

Banyak minuman olahraga yang populer di pasaran mengandung sirup jagung berfruktosa tinggi dan pewarna buatan yang tidak baik untuk pemulihan tubuh Anda.

Untuk mengurangi rasa khawatir serta rasa bingung untuk memilih minuman olahraga yang baik dan dapat mendukung gaya hidup sehat Anda, berikut ini alternatif minuman olahraga yang disarankan oleh Jackie Buell, Ph.D., R.D.:

Air Kelapa

Air kelapa memiliki kandungan elektrolit serta antioksidan yang baik bagi tubuh. Air kelapa juga mengandung elektrolit yang sama dengan elektrolit tubuh, sehingga bisa merehidrasi tubuh dan mengganti cairan setelah olahraga atau beraktivitas berat.

Selain berfungsi sebagai minuman isotonik, air kelapa juga mengandung kalsium, magnesium, dan potasium yang meningkatkan sirkulasi darah.

Disarankan untuk mengonsumsi air kelapa alami karena selain lebih berkhasiat, air kelapa asli tidak mengandung bahan pengawet dan gula tambahan, sehingga baik untuk tubuh Anda dan mendukung gaya hidup sehat yang sedang Anda jalani.

Jus Jeruk

Jus jeruk merupakan pilihan minuman terbaik untuk Anda konsumsi setelah berolahraga.  Selain dapat memenuhi kembali vitamin yang nutrisi yang terbuang saat berolahraga, jus jeruk juga mampu menyediakan karbohidrat yang Anda perlukan serta vitamin C untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Gula alami yang dihasilkan air jeruk (sebaiknya air jeruk alami yang diperas dari buah jeruk, bukan dari air jeruk konsentrat) memberikan vitamin yang dibutuhkan tubuh Anda.

Whey Protein

Selain dapat membantu membakar lemak, whey protein juga dapat membentuk dan membantu perkembangan otot Anda. Whey protein dapat mengembalikan energi Anda yang habis ketika berolahraga.

Di samping itu, minuman ini pun dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Anda dapat mengonsumsinya secara langsung dengan air atau menyampurkannya dengan jus atau sarapan oatmeal Anda.

Baca juga: Tips Memilih Protein Powder yang Sesuai dengan Tubuh Anda

Susu Cokelat

Beberapa di antara Anda mungkin meragukan bahwa susu cokelat baik bagi pemulihan  stamina setelah berolahraga. Selama ini kita berpikir bahwa susu cokelat mengandung banyak lemak sehingga kurang baik untuk dikonsumsi terutama bagi mereka yang sedang menjalani diet.

Namun ternyata, susu cokelat sangat baik untuk meningkatkan kembali energi yang hilang pasca berolahraga. Selain rasannya yang lezat, susu cokelat setara dengan minuman berenergi untuk manfaat pemulihan tubuh pasca berolahraga.

Susu cokelat mengandung protein, kalsium, dan karbohidrat yang dibutuhkan untuk mengisi kembali otot Anda setelah berolahraga sehingga juga dibutuhkan untuk mendukung Anda dalam proses pembetukan tubuh altetis yang Anda impikan.

Yogurt

Jika Anda masih ragu untuk mengonsumsi susu cokelat sebagai pengganti cairan tubuh  yang hilang akibat berolahraga atau Anda bukan penggemar susu cokelat, yogurt dapat menjadi alternatif lain sebagai minuman yang dapat Anda konsumsi saat atau setelah berolahraga.

Jackie Buell mengatakan bahwa menambahkan yogurt pada minuman mau pun mengonsumsinya secara langsung, akan menambahkan karbohirat, protein, sodium, dan potassium yang baik pada tubuh.

Baca juga: Apakah Minuman Pre-Workout Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan?

Konsumsi minuman yang baik bagi tubuh saat mau pun setelah berolahraga merupakan pilihan yang baik untuk hidup sehat. Penuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda agar tetap bugar usai menjalani aktivitas olahraga.

Leave a comment