Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Memilih Lokasi Bulan Madu

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Memilih Lokasi Bulan Madu

Merencanakan bulan madu pastinya menjadi satu hal yang tak boleh terlewatkan, apalagi bila Anda dan pasangan masih tergolong pengantin baru. Berbagai destinasi impian mungkin terlintas di benak Anda, namun memilih lokasi bulan madu juga bergantung pada kondisi Anda berdua. Adanya ikatan pernikahan yang terpaut di antara Anda dan pasangan, membuat perencanaan ini tentu harus dilakukan bersama.

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Memilih Lokasi Bulan Madu

SAYANGNYA, merencanakan bulan madu bukanlah hal yang mudah. Terkadang kegiatan ini berhasil membuat setiap pasangan bingung dan kerepotan. Ada saja hal-hal kecil seperti perbedaan pendapat saat merencanakan liburan yang bisa membuat Anda dan pasangan berselisih paham.

Bahkan, tak jarang banyak yang bertengkar hanya karena masalah bulan madu. Nah, agar persiapan bulan madu menjadi lebih menyenangkan tanpa disertai perang dingin, cobalah pertimbangkan 5 hal ini sebelum memilih lokasi bulan madu, ya!

1. Budget - Apakah Anda memiliki cukup uang untuk melakukan bulan madu sekarang?

Bulan madu memang memerlukan dana yang cukup banyak, seperti akomodasi, makan, penginapan, dan biaya tak terduga untuk kegiatan lainnya. Anda boleh memiliki destinasi impian, tetapi kalau dana belum mencukupi? Sebaiknya pilihlah lokasi lain yang hampir memberikan sensasi serupa.

Anda juga bisa menyesuaikan lokasi bulan madu dengan budget tabungan yang ada, serta menentukan beragam kegiatan yang akan dilakukan di tempat liburan nanti. Pastikan bahwa anggaran yang Anda miliki sejalan dengan perencanaan.

Pernikahan dapat benar-benar menguras tabungan Anda. Kalau Anda masih bersikeras ingin pergi ke destinasi impian, maka mulailah menabung dari jauh-jauh hari. Tak perlu merasa malu untuk menunggu sejenak sampai budget bulan madu terkumpul, ketimbang Anda harus mengeluarkan biaya tak terduga yang melebihi budget pada saat berbulan madu. Pastikan pasangan Anda juga menyetujui ide tersebut.

Baca juga: Jenis Paket Honeymoon yang Harus Anda Tahu

2. Cuaca - Bagaimana kondisi musim dan cuaca saat itu?

 

Apakah Anda berniat untuk segera berbulan madu setelah menikah, atau menundanya. Mungkin Anda juga berencana untuk menikmati musim-musim tertentu pada waktu bulan madu, atau bahkan menghindarinya.

Tak kalah pentingnya, hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih lokasi bulan madu adalah cuaca dan musim. Pertimbangkan tanggal pernikahan Anda ketika merencanakan bulan madu.

Semuanya itu dapat Anda rencanakan dengan pasangan. Anda bisa memilih untuk menunda bulan madu untuk cuaca yang lebih baik, atau dapat pula memilih beberapa tujuan yang akan menawarkan kondisi cuaca yang lebih konsisten, seperti paket honeymoon Bali  atau paket honeymoon Lombok jika Anda berencana mengambil paket honeymoon di dalam negeri saja.

Namun, jika Anda dan pasangan ingin berbulan madu ke luar negeri, pastikan cuaca di sana juga mendukung untuk segala kegiatan. Jangan sampai Anda berlibur ke daerah yang sedang musim hujan dengan cuaca berangin, sehingga beberapa rencana yang telah Anda buat, seperti snorkeling atau off-road harus batal karena cuaca yang kurang bagus. Anda pun pada akhirnya akan sulit untuk menikmati liburan di tengah cuaca yang seperti itu. Pilihlah momen yang tepat untuk berbulan madu.

3. Waktu - Apakah sekarang waktu yang tepat untuk liburan?

Rencanakan bulan madu Anda dari jauh-jauh hari. Hal ini untuk mengantisipasi jadwal kerja Anda dan pasangan agar tidak bentrok dengan tugas kantor. Jika Anda hanya memiliki jumlah waktu yang terbatas setelah pernikahan, jelas Anda tidak ingin menyia-nyiakan sepotong waktu tersebut untuk menunggu penerbangan di bandara.

Maksimalkan liburan Anda dengan memilih tujuan yang terdekat. Atau Anda dapat mengubah transportasi perjalanan dengan mengambil jalur kereta api. Anda bisa menikmati pemandangan selama perjalanan, sembari menunggu tiba di destinasi bulan madu yang Anda berdua inginkan.

Bulan madu juga tidak harus selalu dilakukan persis setelah pesta pernikahan, kok. Dua minggu atau sebulan setelah pesta juga tidak masalah, asalkan waktu Anda dan pasangan bisa disesuaikan. Beberapa pasangan mungkin membutuhkan lebih banyak waktu untuk bersantai daripada pasangan lain.

Jika Anda mau bersabar dan menunggu lebih lama untuk waktu liburan yang tepat, Anda dapat menyimpannya untuk nanti setelah stres pernikahan telah menguap. Promosi di tempat kerja, kehamilan, kepemilikan rumah, atau pindah ke rumah baru bisa menjadi sumber stres.

Namun, hal-hal itu adalah jenis stres yang positif. Nah ketika Anda atau pasangan sudah mulai menyesuaikan diri dengan kehidupan pasca pernikahan, barulah atur rencana bulan madu.

Dapatkan paket honeymoon ke Villa Resort Grand Lagoi Riau dengan harga Rp 2.810.000/ orang Beli di sini

4. Tujuan - Kemanakah Anda dan pasangan harus pergi?

Jangan terburu-buru dalam menentukan lokasi bulan madu, bicarakan dengan pasangan ke mana Anda berdua ingin pergi. Bukan hanya Anda, pasangan pun pasti juga punya destinasi impiannya.

Pilihlah lokasi bulan madu yang dapat mengakomodasi semua kegiatan yang Anda berdua inginkan. Selain itu, jangan pergi terlalu jauh juga saat berbulan madu. Jika Anda berdua adalah pengantin baru, mungkin memilih destinasi yang agak jauh tidak akan apa-apa. Namun jika Anda sudah menjadi pasangan yang telah lama menikah dan punya anak, mempertimbangkan jauh-dekat destinasi dengan umur sang anak adalah hal terpenting.

Lalu, sebisa mungkin pilihlah destinasi bulan madu yang bernuansa romantis seperti pulau dengan resort pribadi. Hal ini bertujuan agar Anda berdua bisa merasakan liburan yang menyenangkan. Selanjutnya, pastikan juga penginapan yang akan Anda berdua tinggali benar-benar nyaman dan sesuai dengan keinginan. Baca benar-benar review tempat tersebut dan carilah yang harganya sesuai dengan budget serta fasilitas yang ingin dinikmati selama bulan madu.

5. Kegiatan - Apa saja rencana kegiatan yang akan dilakukan?

Jika sudah selesai menentukan daftar tujuan bulan madu, mulailah untuk membuat daftar kegiatan yang ingin Anda dan pasangan lakukan. Rencanakan dengan matang, kegiatan apa saja yang akan dilakukan berdua.  

Anda bisa mencocokkan aneka kegiatan yang diinginkan dengan tempat tujuan. Periksa terlebih dahulu apakah tempat yang dituju menyediakan semua kegiatan yang Anda berdua inginkan.

Pilihlah lokasi dengan fasilitas atau paket honeymoon  terlengkap. Fasilitas sangat penting untuk pasangan yang hendak berbulan madu. Saat menentukan destinasi, Anda dan pasangan sebaiknya mencari informasi sebanyak-banyak lewat internet, lalu booking tempat penginapan, transportasi, dan segala keperluan di tempat tujuan. Jadikanlah bulan madu Anda sempurna dan menyenangkan! 

Nah, itu tadi adalah beberapa hal penting yang perlu Anda pertimbangkan sebelum melakukan bulan madu. Cukup mudah, bukan? Jika semua tips bulan madu di atas sudah dipersiapkan dengan baik dan matang, maka dijamin Anda dan pasangan akan mendapatkan destinasi yang tepat tanpa perlu repot saat bulan madu nanti. Honeymoon pun akan menjadi momen paling indah yang tak terlupakan sepanjang hidup. Selamat berbulan madu!

Baca juga: 10 Trik Bulan Madu Hemat

 

 

Leave a comment