Panduan Perawatan Kulit yang Terpercaya Untuk Musim Panas

Panduan Perawatan Kulit yang Terpercaya Untuk Musim Panas

Bulan suci Ramadhan akan berakhir namun tidak untuk musim panas atau musim kemarau. Dengan perubahan pola hidup di bulan Ramadhan, kita kembali harus menyesuaikan diri dengan pola hidup yang semula. Mungkin sebagian dari Anda cenderung kekurangan nutrisi selama bulan Ramadhan sehingga tubuh Anda menjadi tidak sesegar biasanya. Ditambah lagi saat ini adalah musim panas yang sangat memungkinkan untuk membuat kulit Anda menjadi lebih kering. Nah, kami punya solusinya untuk Anda di artikel berikut.

Panduan Perawatan Kulit yang Terpercaya Untuk Musim Panas

MUSIM panas di Indonesia biasanya dimulai dari bulan April hingga September. Naiknya suhu udara dan sinar matahari yang lebih terik dari biasanya membuat kulit Anda menjadi lebih cepat kering. Belum lagi jika ketika bulan puasa sebelumnya Anda tidak menjaga kesehatan kulit dan menutrisi tubuh dengan baik.

Ketika suhu udara meningkat lebih panas, maka kulit kita akan rentan terhadap masalah kulit kering. Untuk menghindari kulit dari masalah kulit kering, maka hal yang harus segera dilakukan adalah melakukan perawatan kulit.

Berikut tips perawatan kulit agar tetap segar selama musim panas:

Semua Berawal dari Pilihan Cerdas dalam Menjaga Kulit Anda

Untuk membuat kulit tetap segar selama musim panas, Anda dapat memulainya dengan rutin melakukan perawatan kulit dan memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi serta perbaiki pola tidur Anda.

Selama bulan Ramadhan Anda harus bangun ketika dini hari dan mungkin tertidur di siang hari. Nah, setelah Idul Fitri, waktunya untuk memperbaiki pola tidur Anda. Karena pola tidur yang baik juga bisa menentukan kesehatan kulit Anda.

  • Melakukan Perawatan Kulit Secara Rutin

  • Untuk membuat kulit kita bercahaya di musim panas ini, yang disarankan untuk dilakukan adalah melakukan perawatan kulit secara rutin.

    Mulailah dengan rutin mencuci muka menggunakan pembersih yang mengandung asam glikolat (bagi yang memiliki masalah kulit kering normal) atau asam salisilat (bagi Anda dengan tipe kulit berminyak).

    Jika kulit Anda sensitif, gunakan pembersih yang lembut setiap hari dan gosok secara rutin minimal sekali seminggu.

    Pengelupasan kulit lembut setiap hari akan merangsang kulit Anda saat mengeluarkan sel kulit mati dan menjadikan kulit menjadi lebih sehat dan bercahaya.

    Baca juga: 5 Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

  • Saatnya Mengganti Produk Perawatan Kulit Anda!

  • Untuk menciptakan kulit sehat di musim panas dan sebagai salah satu cara mengatasi kulit kering, kini waktunya bagi Anda untuk mengganti produk perawatan kulit Anda.

    Saatnya mengganti krim perawatan kulit yang biasanya Anda pakai dengan lotion atau serum yang lebih ringan untuk membiarkan kulit Anda bernafas lega dan terhindar dari jerawat.

    Gunakan serum pelembab setiap kali Anda mencuci muka untuk memastikan kulit Anda tetap kenyal dan terhidrasi.

    Untuk perawatan anti penuaan kulit, pilihlah produk yang mengandung vitamin A dan vitamin C, karena vitamin A dan C terbukti dapat mengubah kulit dari yang semula gelap dan kusam, menjadi lebih bersinar dan lebih indah dalam rentang waktu beberapa minggu.

  • Gunakan Sunblock Ketika Beraktifitas di Luar Ruangan

  • Kulit sehat di musim panas dapat Anda miliki meskipun segudang aktivitas di luar ruangan harus Anda lakukan. Sinar UV dari sinar matahari sangat merusak kulit, tidak hanya mereka menimbulkan masalah pigmentasi tapi juga merusak kolagen dan elastin kulit.

    Selain itu juga dapat menimbulkan penuaan dini seperti kulit kendur dan keriput. Maka dari itu lindungi kulit Anda dengan tabir surya UVA & UVB yang baik dengan SPF 50.

    Baca juga: 5 Alasan Mengapa Anda Harus Pakai Sunblock

  • Makanan Sehat untuk Kulit yang Sehat

  • Selain berasal dari perubahan cuaca dan temperatur udara yang meningkat, makanan yang kita konsumsi juga menjadi penyebab dari kerusakan kulit.

    Untuk membuat kulit semakin cerah dan bersinar, lakukan beberapa upaya khusus terutama mengontrol makanan yang kita konsumsi seperti hindari makanan berminyak , mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat di musim panas ini.

    Konsumsi makanan berminyak, gula yang berlebih, serta karbohidrat dalam jumlah besar dapat menyebabkan kulit terutama di bagian wajah berpotensi untuk menghasilkan noda dan berjerawat serta membuat kulit menjadi lebih pucat.

    Untuk membuat kulit menjadi lebih sehat dan segar, Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayuran segar, protein, dan buah-buahan.

    Makan dengan teratur dengan pemenuhan nutrisi yang cukup, disertai dengan olahraga secara teratur akan membuat kulit Anda menjadi sehat dan tetap aktif walaupun matahari sedang terik.

    Selain itu, Anda juga disarankan untuk memperbanyak konsumsi air putih. Ini bertujuan untuk membuat kulit Anda terhidrasi dan juga akan membantu menyingkirkan racun dari tubuh dan kulit Anda.

    Baca juga: Nutrisi untuk Kulit Sehat dan Bercahaya

  • Tidur yang Cukup Untuk Membuat kulit Semakin Bersinar

  • Selain merawat kulit dengan perawatan tubuh, dan memperhatikan pola makan, pola tidur juga harus diperhatikan.

    Tidurlah dengan waktu yang cukup, yaitu 8-10 jam setiap hari (terutama di malam hari) jika ingin menghindari munculnya lingkaran mata atau biasa disebut dengan mata panda.

    ~product~

    Selama bulan Ramadhan, tubuh kita mengalami banyak perubahan dalam ritme sirkadian kita. Penelitian menunjukan bahwa efek dari memaksimalkan tidur di malam hari lebih berdampak besar bagi kesehatan kulit Anda, dibandingkan dengan tidur di siang hari.

    Hal ini dikarenakan peremajaan kulit terjadi di malam hari. Maka dari itu mulailah untuk mengatur pola istirahatmu di malam hari untuk mencapai peremajaan kulit secara maksimal di malam hari.

    Leave a comment