Mr P Sakit saat Berhubungan Intim, Apa Penyebabnya?

Mr P Sakit saat Berhubungan Intim, Apa Penyebabnya?

Sakit saat berhubungan intim ternyata tak hanya bisa dialami wanita, tapi juga kerap dihadapi oleh pria. Rasa sakit biasanya terasa di bagian penis. Mr P sakit ini bukannya terjadi begitu saja, ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebabnya.

Mr P Sakit saat Berhubungan Intim, Apa Penyebabnya?

BANYAK orang percaya bahwa hubungan intim adalah sesuatu yang nikmat dan juga menenangkan. Padahal, kenyataannya hubungan intim merupakan pengalaman yang menyakitkan bagi beberapa orang. Dalam beberapa kasus, pasangan sampai takut untuk melakukannya lantaran rasa sakit tersebut.

Meskipun sakit saat berhubungan intim lebih sering dirasakan oleh wanita, namun bagi pria, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan hal ini terjadi.

Masalah kulup

Masalah ini disebut phimosis atau kondisi di mana kulup yang menutupi kepala penis terlalu ketat sehingga tidak mengendur secara sempurna. Kondisi sebaliknya disebut paraphimosis yaitu kondisi dimana kulup tetap berada di belakang kepala penis.

Kedua kondisi ini menyebabkan Mr P sakit ketika berhubungan intim. Di beberapa kasus, lapisan kulup dapat rusak karena trauma yang juga dapat membuat hubungan intim jadi menyakitkan. Kondisi ini dapat ditangani dengan operasi minor dan rasa sakit dapat hilang.

Penyakit menular seksual

Gonore dan herpes genital adalah dua penyakit menular seksual yang paling sering menyebabkan sakit saat berhubungan intim. Jika Anda kurang yakin dengan kondisi kesehatan seksual, maka periksakan diri ke dokter.

Kemungkinan lain adalah adanya luka di area penis yang menyebabkan sakit ketika terjadi penetrasi. Kondisi tersebut dapat menular kepada pasangan, sehingga ada baiknya pria mendapatkan pengobatan hingga sembuh sebelum aktif berhubungan seksual.

Prostatitis

Prostatitis adalah inflamasi di bagian prostat yang berada di belakang penis. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit saat berhubungan intim bersama pasangan, saat ejakulasi, atau ketika buang air kecil. Untuk mengatasinya, pria harus ditangani secara intensif agar kondisi ini pulih dan rasa sakit pun hilang.

Penyakit Peyronie

Ini merupakan kondisi dimana jaringan di area penis rusak hingga dapat menyebabkan rasa sakit ketika berhubungan intim. Kondisi ini dapat disebabkan oleh cedera ataupun faktor turunan, dan akan reda dengan sendirinya.

Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih biasanya diderita oleh wanita, namun kondisi ini juga bisa diidap oleh pria. Penyakit ini dapat menyebabkan sakit dan sensasi terbakar ketika buang air kecil, dan juga ketika berhubungan intim.

Jika menderita penyakit ini, segera hubungilah dokter karena dibutuhkan penanganan dengan antibiotik untuk menyembuhkan infeksi dan juga menghilangkan rasa sakit ketika berhubungan seksual.

Alergi

Bagi pria yang memiliki kulit sensitif, menggunakan jenis sabun dan krim tertentu dapat menjadi pemicu terjadinya alergi di bagian penis. Kondisi ini akan menimbulkan rasa sakit ketika berhubungan intim.

Jika mengalami gejala alergi, maka segera hentikan penggunaan sabun atau krim yang menyebabkan alergi, dan jika diperlukan, lakukan pengobatan awal di rumah.

Psoriasis

Bagi pria yang mengidap psoriasis, lapisan kulit penis akan terlihat kering dan bersisik sehingga gesekan saat hubungan intim akan menyebabkan penis terasa tidak nyaman dan nyeri.

Permasalahan seksual adalah topik yang pribadi, namun memeriksakan diri ke dokter dapat membantu Anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat sehingga proses penyembuhannya pun lebih efektif.

Semakin cepat masa pemulihan, maka semakin cepat pula Anda bisa merasakan nikmatnya berhubungan intim. Jadi bila Anda memiliki permasalahan di atas, maka segeralah periksakan diri ke dokter terdekat.

Leave a comment