Mitos atau Fakta: Makan Seafood Bisa Tingkatkan Kesuburan Wanita?

Mitos atau Fakta: Makan Seafood Bisa Tingkatkan Kesuburan Wanita?

Tingkat kesuburan wanita menjadi masalah penting untuk pasangan modern dengan gaya hidup yang hectic. Dengan berbagai kesibukan sehari-hari, asupan makanan, pola tidur, serta waktu olahraga dapat mudah terlupakan. Padahal, hal penting tersebut bisa mempengaruhi tingkat kesuburan lho.

UNTUNGNYA, kini sudah banyak hasil penelitian yang memberi informasi soal cara meningkatkan kesuburan wanita yang bisa bermanfaat untuk para pasangan yang sudah lama mendambakan kehadiran si buah hati.

Kabar baik bagi Anda pecinta seafood. Pasalnya, hasil studi dari Endocrine Society menunjukkan bahwa makanan seafood dengan kandungan omega 3 dan protein yang tinggi dapat menjadi penyubur kandungan yang sangat baik. Makanan laut tersebut bisa meningkatkan libido, sehingga dapat memperbesar kesempatan untuk hamil.

Meski sering dihindari karena khawatir akan adanya kandungan merkuri, 92% pasangan yang mengonsumsi seafood lebih dari dua kali seminggu selama setahun berhasil hamil di akhir tahun, dibanding 79% pasangan yang mengonsumsi seafood kurang dari itu.

Seafood Sebagai Penyubur Kandungan

Pola makan ini juga harus diikuti oleh kedua pasangan, karena meski seafood memiliki pengaruh yang cukup besar, namun kualitas sperma juga mempunyai peran tersendiri. Selain sperma, perlu diingat juga bahwa kualitas ovulasi dan embrio juga mempengaruhi seberapa cepat kehamilan terjadi.

Selain sebagai penyubur kandungan, seafood juga dapat menjadi sumber protein serta nutrisi lain yang baik bagi para wanita yang sedang atau ingin hamil. Tak hanya itu, seafood teryata juga bermanfaat untuk kesehatan otak. Konsumsi seafood setidaknya satu kali dalam seminggu dipercaya dapat menurunkan risiko penurunan memori karena usia, seperti demensia.

Tak hanya seafood, makanan lain yang dapat bermanfaat sebagai penyubur kandungan adalah gandum, makanan dengan lemak sehat, serta penuh protein. Bahkan, semangkuk es krim dapat dikonsumsi sesekali untuk meningkatkan peluang hamil.

Hindari Junk Food dan Perbanyak Buah

Menghindari junk food juga penting untuk mempercepat kehamilan. Studi yang dilakukan peneliti dari Australia, Britania Baru, dan Selandia Baru mengimbau pasangan yang ingin segera hamil untuk menjauhi junk food dan memperbanyak konsumsi buah.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dengan tidak mengonsumsi buah sama sekali, waktu konsepsi (pembuahan untuk hamil) membutuhkan 1 atau 2 minggu lebih lama jika dibandingkan wanita yang mengonsumsi 3 buah atau lebih per harinya.

Baca juga : Ladies, Konsumsi 10 Makanan Ini Agar Cepat Hamil!

Hindari Paparan Timah

Selain mengonsumsi makanan yang tepat, pasangan juga harus mengurangi terpapar timah di udara ataupun tanah, karena timah dapat mengurangi level kesuburan bagi pria maupun wanita.

Rutinlah Berolahraga

Berat badan berlebih memang tidak secara langsung dapat mempengaruhi kesuburan, namun dapat menimbulkan komplikasi seputar kehamilan lainnya. Jangan khawatir, olahraga secara rutin bisa kok membantu meningkatkan kesuburan wanita, namun jangan lupa untuk tetap selektif dalam memilih jenis olahraganya. 

Lakukan kegiatan olahraga yang cukup ringan seperti berjalan, menari, bersepeda, berenang, dan yoga. Ini karena tubuh secara otomatis akan menghambat proses ovulasi jika bekerja terlalu keras.

Pastikan juga Anda memulai olahraga dengan perlahan dan konsisten sampai akhirnya terbiasa. Penelitian mengatakan bahwa 1 jam olahraga selama 3 kali seminggu dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya konsepsi.

Leave a comment