Mengapa Kita Perlu Melindungi Rambut dari Sinar Matahari

Mengapa Kita Perlu Melindungi Rambut dari Sinar Matahari

Kita tahu bahwa berada di bawah paparan sinar matahari itu buruk bagi kulit kita. Namun, keberadaan produk tabir surya dengan kandungan SPF tinggi membuat kita merasa cukup percaya diri saat beraktivitas di bawah terik matahari. Lalu, bagaimana dengan rambut kita?

Mengapa Kita Perlu Melindungi Rambut dari Sinar Matahari

SAAT ini, ada berbagai macam produk yang menjanjikan perlindungan untuk kulit kepala dan helai rambut kita. Akan tetapi, bagaimana produk tersebut bekerja untuk rambut? Jelas-jelas kita tidak diperbolehkan untuk menggunakan cairan kapur atau heavy lotion pada rambut, jadi apa pilihan kita agar kesehatan rambut tetap terjaga? 

Menurut para ahli Ric Pipino, wakil presiden kreatif global di Alterna Haircare, Sacha Mitic, pendiri dari Sachajuan dan Bumble and Bumble stylist Allen Wood menaruh perhatian pada rambut lebih dari sebelumnya.

 

Seperti apa kerusakan yang diakibatkan sinar matahari pada rambut?

"Dengan melangkah keluar tanpa perlindungan sunblock rambut, Anda menempatkan rambut pada risiko pudar karena oksidasi, kekurangan kelembaban, dan tekanan keseluruhan," jelas Pipino. Efek jangka pendek ini membuat helai rambut terlihat dan terlihat kusam dan dehidrasi tapi masalah jangka panjang yang akan terjadi adalah penuaan dini. (Aneh tapi rambut Anda juga memiliki proses penuaan.) Menurut Mitic, proses ini bisa berarti "penipisan volum." Jadi Anda tahu itu, thick ponytail sehari-hari Anda akan terlihat tipis seiring bertambahnya usia. Matahari membuatnya berkurang lebih cepat.

"Musim panas juga membawa angin, klorinasi, dan air garam yang menghasilkan radikal bebas yang menyerang serat rambut," kata Pipino. Musuh musiman yang keras ini melemahkan integritas rambut, membuat Anda berisiko memiliki rambut yang hampir layu dan rapuh.

Bukankah matahari hanya memengaruhi orang yang mewarnai rambut mereka?

Tidak juga. Meski kerusakan akibat sinar matahari pada rambut yang dicat lebih terlihat, hal itu tetap mempengaruhi semua orang. "Sinar matahari memutihkan pigmen buatan dan alami, jadi penting untuk tetap terlindungi saat berada di luar untuk waktu yang lama," jelas Mitic. Tak peduli warnanya, matahari akan bereaksi dengan tekstur rambut Anda. Dan meskipun sinar tersebut tidak membeda-bedakan, "rambut yang diolah secara kimia lebih sensitif dan oleh karena itu lebih rentan terhadap kehilangan kelembaban," kata Mitic.

 Baca juga: Tips Merawat Rambut Berwarna

Apa yang dicari dalam produk untuk melindungi Anda dari sinar matahari?

Banyak merek sunblock rambut atau perawatan untuk rambut lainnya yang bisa diandalkan untuk melindungi rambut dengan produk yang dilengkapi dengan filter UVA (gelombang panjang) dan UVB (gelombang pendek) yang bertindak sebagai perisai di atas kepala Anda.

Saat ini, memang banyak produk perawatan rambut untuk terhindar dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Salah satunya adalah Rausch Green Tea UV-Hair Protector. Produk ini dapat membantu membersihkan secara lembut, menenangkan kulit kepala yang sensitif, mengurangi rasa gatal, melembabkan dan membuat rambut tampak berkilau. Produk ini bebas dari bahan pengawet, wewangian, zat warna, tidak mengandung sulfat, siliikon, minyak mineral atau PEG.

Mengapa Kita Perlu Melindungi Rambut dari Sinar Matahari

Rausch Green Tea UV-Hair Protector telah teruji secara klinis dan dermatologis dari kombinasi bahan aktif yang aman serta cocok untuk Anda yang memiliki kulit kepala yang sensitif.

 

Apakah SPF untuk rambut sama dengan kulit Anda?

Meskipun gagasannya serupa, tapi formulanya jelas berbeda. "Dengan rambut, tujuannya adalah untuk melindungi dari pemutihan dan untuk mencegah hilangnya kelembaban. SPF (Sun Protection Factor) yang kita lihat di tabir surya kulit kita tidak relevan saat berhubungan dengan perawatan rambut.

 

Bagaimana dengan kulit kepala Anda?

Anda bisa mengoleskan losion SPF untuk kulit Anda ke kulit kepala. Pastikan untuk menggunakan sunblock rambut dengan perlindungan UVA/UVB dan kerjakan dari akar sampai ujungnya. Pakailah topi untuk melindungi rambut. "Anda juga bisa mengoleskan tabir surya (semprotan atau krim) langsung ke tempat terbuka Anda jika itu adalah daerah yang cenderung terbakar," kata Wood.

 

Apabila Anda sudah mengalami kerusakan pada rambut akibat paparan sinar matahari...  

Perawatan rambut dalam semalam adalah jawabannya. Tidurlah dengan produk perawatan yang dapat memberikan kelembaban secara maksimal. Biarkan rambut Anda mengering sampai kering untuk benar-benar memberi waktu istirahat. Dengan menghidrasi  saat Anda tidur dan tidak memakai alat pengering, maka Anda akan meminimalkan kerusakan pada rambut. Dengan demikian, kesehatan rambut Anda pun akan lebih terlindungi.

 

 

Leave a comment