Manfaat Sehat Memakai Kaos Kaki Saat Tidur

Manfaat Sehat Memakai Kaos Kaki Saat Tidur

Waktu tidur sangat penting bagi manusia karena pada saat tidur tubuh kita melakukan proses regenerasi yang baik untuk kesehatan. Beberapa orang mengalami masalah tidur dan sulit mendapat tidur sehat berkualitas. Akhir-akhir ini beberapa orang menggunakan kaos kaki ketika tidur, membantukah?

Manfaat Memakai Kaos Kaki Saat Tidur

MENGGUNAKAN kaos kaki ketika tidur ternyata membuat seseorang lebih cepat terlelap daripada tidak memakainya. Ini karena dengan memakai kaos kaki, kaki Anda akan terasa hangat. Pembuluh darah yang berada pada kaki akan membesar dan memberikan sinyal kepada otak bahwa sudah saatnya untuk tidur. Beberapa penelitian mengindikasikan korelasi antara pembesaran pembuluh darah di kaki dan kecepatan seseorang terlelap. Pembesaran pembuluh darah akan membuat seseorang terlelap cepat karena ketika tubuh terasa panas, sistem dalam tubuh akan mencoba menurunkan suhu tubuh dan membuat Anda terlelap lebih cepat.

Manfaat kesehatan memakai kaos kaki saat tidur

Mencegah keringat malam dan serangan panas

Memakai kaos kaki saat tidur membantu meregulasi suhu tubuh ketika terlelap karena proses pendinginan dari sistem tubuh itu sendiri. Temperatur tipe ini bisa bermanfaat mencegah perasaan panas yang datang tiba-tiba yang menyebabkan keringat atau perasaan panas yang tidak nyaman yang membuat waktu tidur terganggu.

Membantu orang dengan penyakit Reynaud

Penyakit Reynaud adalah kondisi langka yang mempengaruhi sel darah seseorang yang menyebabkan reaksi berlebihan terhadap temperatur dingin yang dalam beberapa kasus bisa mengakibatkan rasa sakit atau nekrosis. Tidur menggunakan kaos kaki dapat membantu regulasi suhu tubuh yang bisa mencegah penyakit reynaud datang secara tiba-tiba. Pastikan Anda pada posisi tidur yang baik yaitu terlentang atau menyamping.

Memulihkan kaki kering

Kaki yang kering dan tumit pecah-pecah selain tidak sedap dipandang juga bisa menyebabkan rasa sakit. Dengan memakai pelembab dan kaos kaki berbahan katun akan membantu Anda melembabkan kaki dan membuatnya lebih lembut.

Jenis kaos kaki yang baik untuk tidur

Ketika tidur sangat penting untuk memastikan higienitas dan kenyamanan. Pastikan selalu memakai kaos kaki baru ketika hendak tidur, jangan pakai kaos kaki yang telah dipakai seharian karena beresiko terjadi berkembang biaknya bakteri dan jamur yang bisa menyebabkan bau kaki atau infeksi jamur. Pilih kaos kaki yang terbuat dari serat alami dan pilih kaos kaki yang tipis. Jangan pilih kaos kaki berserat sintetis atau terlalu tebal karena akan menyebabkan aliran udara menjadi terhambat dan malah membuat suhu tubuh meningkat. 

 

Tips kesehatan untuk tidur sehat

Atur posisi tidur yang baik

Atur posisi tidur senyaman mungkin. Posisi tidur yang baik antara lain adalah posisi terlentang atau posisi menyamping, atur bantal agar menopang leher Anda dengan baik dan lurus. Jangan mengganjal lutut Anda ketika tidur terlentang. Ketika posisi tidur menyamping, pastikan lengan tidak tertimpa tubuh dan jangan melipat tangan terlalu tinggi di bawah bantal. 

Baca Juga: Posisi Terbaik Untuk Tidur 

 

Pakai pakaian longgar

Saat tidur sebaiknya jangan memakai pakaian yang ketat untuk memberi waktu kulit Anda bernapas. Hindari memakai celana jeans saat tidur dan pilih bahan yang ringan seperti katun, satin atau sutera. Sebaiknya jangan memakai pakaian dalam karena jika memakai pakaian dalam saat tidur bisa membuat lipatan-lipatan di daerah kemaluan atau dada menjadi lembab. 

Baca Juga: Tidur Telanjang Dapat Meningkatkan Kesehatan? 

 

Batasi konsumsi makan malam

Tips kesehatan satu ini penting dilakukan. Jangan makan dekat dengan waktu tidur, atur waktu makan kira-kira tiga jam sebelum waktu tidur karena jika tidak sistem pencernaan Anda akan bekerja lebih berat dan membuat Anda sulit terlelap. Minum terlalu banyak ketika akan tidur juga bisa menyebabkan Anda sering terbangun untuk buang air kecil. 

 

Leave a comment