Kulit Terbakar Matahari? Mungkin Anda Melupakan Hal Ini

Kulit Terbakar Matahari? Mungkin Anda Melupakan Hal Ini

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa setelah menghabiskan 3,5 jam di bawah sinar matahari, 78% orang yang hanya menggunakan payung pantai akan mengalami kulit terbakar tapi hanya 25% pengguna tabir surya (sunblock) yang mengalaminya. Menapa demikian?

Kulit Terbakar Matahari? Mungkin Anda Melupakan Hal Ini

FORMULA seng oksida dan titanium dioksida telah berevolusi menjadi produk yang sangat lembut, melindungi kesehatan kulit dengan lebih baik, bertahan lebih lama, dan lebih baik untuk lingkungan.

Pertanyaan yang pasti ada di dalam benak Anda adalah "mengapa kulit saya terbakar?". Lantas, bagaimana cara menghindari kulit terbakar matahari? Sebelum menjawabnya, mari kita cari tahu dulu apa yang mungkin Anda lupakan.

Anda mengenakan pakaian yang salah

T-shirt tua Anda tidak akan membantu menangkal sinar matahari. Kebanyakan kaus putih memang memiliki faktor perlindungan ultraviolet (UPF). Namun, UPF yang dimiliki kaus Anda hanya sedikit. Jadi, mengenakan pakaian biasa saja tidak cukup untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari.

Baca juga : 5 Alasan Mengapa Anda Harus Pakai Sunblock

Tidak memakai topi

Baju yang longgar dan topi floppy memang sangat jaman untuk dikenakan ketika beraktivitas di luar ruangan ketika cuaca panas.

Namun, ternyata gaya berpakaian seperti itu sangat memungkinkan sinar matahari untuk "mengintip" dan membakar kulit Anda terutama kulit kepala.

Sebagai gantinya, pilihlah topi bisbol sebagai pelindung kepala Anda. Topi bisbol memiliki UPF lebih tinggi yang dapat melindungi kulit kepala dengan lebih baik.

Baca juga : Mengapa Kita Perlu Melindungi Rambut dari Sinar Matahari

Tidak cukup persiapan

Selain pakaian dan pelindung pakaian yang tepat, Anda juga membutuhkan tabir surya atau sunblock yang tepat. Pilih lah tabir surya dengan SPF yang tepat dan gunakan setidaknya 30 menit sebelum Anda melakukan kegiatan di luar ruangan.

Saat ini sunblock wajah ataupun kulit tidak lagi terbatas pada pada lotion dan spray saja. Kami telah memilah semua tabir surya baru terbaik di luar sana untuk menemukan pilihan terbaik untuk Anda, berdasarkan kepribadian, jenis kulit, dan lingkungan.

Baca juga : Berapa SPF yang Kita Butuhkan dari Sunblock?

GEL

Direkomendasikan untuk atlet di luar ruangan dan orang dengan kulit berminyak dan/atau gelap.

Kekurangan: Tidak cocok bagi Anda yang memiliki kulit kering atau sensitif.

Kelebihan: Gel mudah menyerap di kulit dan tidak mudah luntur ketika Anda berkeringat.

MOUSSE

Terbaik untuk: Siapapun yang sudah bosan mengusapkan krim atau lotion ke tubuh mereka.

Ini sangat mudah diaplikasikan dan dapat menjangkau daerah yang luas dengan cepat. Dengan menuangkan seukuran buah kenari, satu ukuran cukup untuk wajah (sebagai sunblock wajah), dua untuk masing-masing lengan, empat masing-masing untuk tubuh bagian depan dan belakang Anda.

MINYAK

Cocok untuk Anda yang memiliki kulit berwarna gelap atau kulit kering.

Hindari memakai jenis sunscreen seperti ini bagi Anda yang memiliki kulit berminyak atau tidak menyukai produk licin.

Produk ini dapat memberikan pantulan cahaya yang sempurna untuk sundress dan atasan tanpa punggung Anda.

SESUAI CUACA

Sinar UVA yang merusak DNA menembus melalui awan dan tetap pada tingkat konstan sepanjang tahun. Mereka bisa menyebabkan kanker meski Anda tidak berjemur.

Untuk itu, jadikan semuanya lebih mudah dengan cara memakai tabir surya yang berfungsi ganda seperti body lotion. Jadi, tidak hanya memakai sunblock wajah saja tapi juga perhatikan SPF untuk kulit tubuh Anda.

DI DALAM RUANGAN

Terlepas dari fakta bahwa UVA dapat menembus kaca, ada alasan kuat lain mengapa Anda harus memakai tabir surya bahkan pada hari-hari Anda tidak meninggalkan rumah, cahaya inframerah.

Cahaya inframerah berdampak pada kulit dengan cara yang sama seperti UV, menembus jauh ke dalam kulit untuk memecah kolagen.

Cahaya inframerah bisa berasal dari benda elektronik di sekitar Anda. Jadi disarankan untuk memakai SPF di dalam ruangan sekarang juga.

~product~

Mengetahui cara menghindari kulit terbakar sinar matahari adalah salah satu hal penting untuk dilakukan apabila Anda ingin berjemur. Sebab, ini akan membantu Anda untuk tetap menjaga kesehatan kulit.

Itu  dia beberapa alasan hal yang mungkin Anda lupakan dan menyebabkan kulit menjadi terbakar. Jadi, mulai sekarang lakukan persiapan secara matang dan perhatikan SPF yang akan Anda pakai. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

 

Leave a comment