Kapankah Waktu Terbaik Untuk Berhubungan Intim Agar Cepat Hamil?

Kapankah Waktu Terbaik Untuk Berhubungan Intim Agar Cepat Hamil?

Mempunyai buah hati merupakan salah satu impian para pasutri. Akan tetapi nyatanya untuk cepat hamil terkadang butuh usaha lebih. Mulai catat waktu dan posisi seks yang tepat saat berhubungan intim agar cepat hamil. 

Kapankah Waktu Terbaik Untuk Berhubungan Intim Agar Cepat Hamil

PEMILIHAN waktu adalah hal yang penting jika Anda ingin memulai program hamil. Ada trik dan tips untuk berhubungan intim agar cepat hamil. Hal-hal yang harus Anda perhatikan adalah kesehatan dan kondisi tubuh pasutri, seksualitas, posisi seks, masa subur wanita dan lain sebagainya. Hal-hal di bawah ini perlu dicatat bagi para pasutri yang ingin cepat hamil. 

 

Waktu yang tepat untuk berhubungan intim

Sperma bisa hidup sekitar tiga sampai lima hari akan tetap sel telur hanya akan bertahan sekitar 12 sampai 24 jam saja. Untuk meningkatkan kesempatan konsepsi, penting untuk berhubungan intim di hari-hari mendekati ovulasi dan di hari Anda ovulasi. Dengan begitu akan lebih banyak suplai sperma yang sehat menunggu di tuba falopi saat ovum jatuh.

Yang sedikit membingungkan adalah waktu saat wanita ovulasi tidak benar-benar jelas. Masa ovulasi tergantung dari lama siklus menstruasi. Seorang wanita biasanya ovulasi sekitar 14 hari sebelum menstruasi selanjutnya datang. Jika siklus menstruasi Anda 28 hari maka masa ovulasi Anda 14 hari dari tanggal pertama datang bulan. Jika Anda mempunyai siklus menstruasi 35 hari, Anda akan ovulasi pada hari ke 21. Ingat bahwa hari pertama adalah hari pertama Anda datang bulan di tiap siklusnya. Untuk membantu Anda mengingat, Anda bisa menggunakan kalender ovulasi.

 

Bagaimana cara mengetahui saat sedang ovulasi

Beberapa wanita mampu merasakan bahwa mereka sedang ovulasi, sebagian lainnya tidak merasakan pada tubuhnya sama sekali ketika masa ini datang. Jika Anda ingin memulai program hamil sebaiknya pantau siklus menstruasi Anda selama beberapa bulan terakhir. Beberapa tanda bahwa Anda sedang ovulasi adalah sebagai berikut,

  • Meningkatnya cairan pada vagina menjadi lebih basah dengan cairah bening seperti putih telur.
  • Meningkatnya suhu tubuh basal. Anda bisa mengecek peningkatan suhu ini setiap pagi ketika bangun tidur saat satu atau dua hari setelah masa ovulasi.
  • Jika Anda masih ragu, Anda bisa mengecek masa ovulasi langsung menggunakan alat khusus.

 

Jika menstruasi tidak teratur akan lebih sulitkah untuk cepat hamil?

Kebanyakan wanita mengalami siklus menstruasi selama 12 kali dalam setahun, ada juga yang kurang maupun lebih dari 12 kali bahkan ada yang tidak mengalami datang bulan. Ada beberapa faktor seperti stres, olahraga berat, mengalami kenaikan atau penurunan berat badan yang drastis juga mempengaruhi siklus menstruasi. Semakin tidak teratur siklus menstruasi, semakin sulit menentukan waktu yang pasti saat Anda akan ovulasi. 

Baca Juga: Cara Menghitung Masa Subur Wanita Untuk Haid Tidak Teratur?

 

Jika siklus menstruasi Anda pada bulan ini adalah 28 hari lalu bulan berikutnya 21 hari dan bulan berikutnya lagi selama 32 hari. Catat siklus menstruasi Anda lalu kurangi 17 pada waktu tersingkat siklus Anda dan kurangi 11 pada siklus terpanjang Anda. Hari diantara dua hitungan ini adalah hari kemungkinan Anda sedang pada masa subur.

Jika siklus menstruasi Anda tidak teratur dan berjarak lebih dari 35 hari, sebaiknya Anda menemui obgyn Anda untuk melihat apakah ada sebab lain dari siklus menstruasi yang tidak teratur seperti penyakit tiroid, kelainan rahim atau level prolactin yang tinggi. 

 

Bisakah pasutri langsung mencoba dan melihat hasilnya?

Tentu saja. Jika Anda merasa kesulitan menemukan tanggal ovulasi, sah-sah saja jika Anda ingin langsung mencoba program hamil. Anda bisa berhubungan intim 2 sampai 3 kali dalam seminggu dan melihat kemungkinannya. Walaupun sebenarnya Anda tidak perlu mengalami orgasme wanita, namun ada fakta menarik dibaliknya. Orgasme wanita disinyalir mampu mendorong sperma lebih jauh karena terjadi kontraksi otot-otot vagina. Walaupun belum bisa dipastikan tetapi tidak Ada salahnya mencoba dan meningkatkan seksualitas Anda

Baca Juga: Mengapa Seksualitas Wanita Meningkat Ketika Hamil?

 

Satu lagi yang juga perlu diperhatikan adalah posisi seks. Cobalah posisi seks yang membuat ovum ada pada posisi strategis. Salah satu posisi seks yang dinilai dapat membantu wanita cepat hamil adalah dengan mengganjal bokong dengan bantal kecil atau tumpukan beberapa handuk agar memudahkan jalan sperma untuk membuahi sel telur.

Baca Juga: Posisi Seks Terbaik Agar Cepat Hamil 

 

Leave a comment