Kaki Bau karena Sering Pakai Sepatu? Ini 6 Cara Efektif Mengatasinya!

Kaki Bau karena Sering Pakai Sepatu? Ini 6 Cara Efektif Mengatasinya!

Tidak ada yang ingin berurusan dengan bau kaki. Selain tidak nyaman, bau kaki juga bisa mengganggu orang di sekitar dan menurunkan kepercayaan diri.

BILA Anda adalah salah satu orang yang mengalaminya, kini Anda tak perlu khawatir. Ada cara alami menghilangkan bau kaki yang bisa Anda coba di rumah.

Ada beberapa kondisi di mana kita harus membuka sepatu di hadapan orang banyak, misalnya saat mengganti baju di gym, saat bertamu ke rumah teman, atau saat ke rumah ibadah.

Hal ini bisa tampak sederhana bagi sebagian orang, tapi bisa jadi menyiksa bagi sebagian yang lain. Ya, bila Anda memiliki masalah bau kaki, membuka sepatu di hadapan orang banyak dan membiarkan kaki telanjang Anda terbuka bebas pastilah sangat menyiksa.

Beberapa faktor bisa menyebabkan bau kaki, seperti kaki kering, lembap, berkeringat, atau malah karena kehadiran jamur.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa kaki yang cenderung berkeringat memang lebih berpotensi memiliki bau.

Namun, kabar baiknya, ada loh cara alami menghilangkan bau kaki yang bisa Anda coba di rumah. Dengan melakukan cara alami menghilangkan bau kaki ini secara rutin, Anda tak perlu khawatir lagi bila ingin membuka sepatu di hadapan banyak orang. Kira-kira apa saja ya caranya?

1. Pastikan Kebersihan Kaki

Untuk menghilangkan bau kaki, hal pertama yang mesti Anda lakukan adalah memastikan kebersihan kaki. Saat mandi atau baru pulang ke rumah, bersihkanlah kaki dengan sabun antibakteria. Jangan lupa mengeringkannya dengan tuntas. Bersihkan pula sela-sela jari. Olesi dengan cuka apel jika perlu.

2. Gunakan Produk Perawatan Kaki

Setelah memastikan kaki kering dan bersih, gunakanlah produk perawatan kaki untuk mengenyahkan bakteri. Anda bisa menggunakan bedak yang khusus dibuat untuk kaki.

Kalau tidak ada, Anda juga bisa memanfaatkan baking powder. Nah, bila kaki Anda terlalu kering, gunakanlah krim pelembab. Produk ini dapat menghilangkan masalah kaki kering.

 

Baca Juga :Yakin Kulit Anda Sehat? Coba Cek Dulu 4 Cirinya!

 

3. Rendam Kaki

Salah satu cara menghilangkan bau kaki adalah merendamnya dalam ramuan bahan-bahan alami. Satu ramuan bahan alami yang ampun untuk hal ini adalah campuran cuka apel dan air.

Kombinasikan 1 berbanding 2 cuka apel dan air. Dengan kombinasi ini, jamur dan bau kaki akan hilang.

4. Rotasi Sepatu

Salah satu penyebab bau kaki adalah menggunakan sepatu yang sama berulang kali. Dengan begini, sepatu yang Anda gunakan akan sangat lembap karena terpapar keringat Anda.

Efeknya, kaki jadi bau. Untuk mengatasi bau kaki yang disebabkan oleh sepatu, cobalah rotasi penggunaan sepatu.

Dengan merotasi penggunaan sepatu, sepatu yang Anda kenakan sebelumnya akan memiliki kesempatan untuk mengering sehingga tidak berbau saat dipakai.

5. Gunakan Kaus Kaki

Kaus kaki dapat menyerap keringat sehingga membuat kaki Anda senantiasa kering dan tidak berbau. Gunakanlah kaus kaki berbahan katun atau wol yang ampuh menyerap keringat.

Kaus kaki olahraga juga menjadi pilihan yang bagus karena memiliki pori-pori besar dan menjaga kaki tetap kering.

6. Ubah Pola Makan

Kaki bau berasal dari keringat yang bau. Nah, bau atau tidaknya keringat rupanya bergantung pada apa yang kita. Agar keringat tidak berbau, ubahlah pola konsumsi Anda.

Misalnya, jangan terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat. Sebaiknya, seimbangkan konsumsi dengan protein dan lemak sehat. Hindari pula konsumsi rokok dan alkohol yang menyebabkan keringat menjadi bau.

Leave a comment