Jangan Makan 5 Makanan Ini Sebelum Tidur!

Jangan Makan 5 Makanan Ini Sebelum Tidur!

Memiliki waktu tidur cukup dan rutin sepertinya adalah hal yang cukup sulit dilakukan terutama bagi Anda yang memiliki aktivitas padat dan terbiasa kerja sampai larut malam. Padahal tidur cukup merupakan salah satu kunci dari tubuh sehat. Sebagian orang mungkin memilih untuk makan kudapan terlebih dahulu supaya dapat mendatangkan rasa kantuk namun kebiasaan ini ternyata tidak selamanya baik lho.

Jangan Makan 5 Makanan Ini Sebelum Tidur!

MAKAN segelas es krim atau sekantong keripik mungkin terlihat sebuah hal normal bagi Anda yang sedang berusaha tidur sambil menonton film favorit. Namun tahukah Anda bahwa zat kimia yang ada dalam makanan tersebut justru akan memberikan stimulasi bagi tubuh Anda supaya tetap terjaga.

Meskipun makanan ini dapat membuat Anda terlelap namun mungkin saja menyebabkan masalah pada tidur Anda seperti ketika Anda tetap merasa lelah meskipun sudah tidur selama delapan jam.

Faktanya, terbangun dari tidur karena kelaparan adalah hal normal ketika Anda tidur dalam perut kosong dan itu sama buruknya ketika Anda tidur dengan perut terlalu kenyang.

Jadi jika Anda merasa harus makan sesuatu terlebih dahulu sebelum gosok gigi malam hari maka makanlah kudapan saja namun jangan terlalu banyak. Ini merupakan salah satu cara tidur lebih nyenyak yang disarankan.

Berikut ini adalah 5 daftar makanan yang sebaiknya Anda hindari sebelum tidur. Namun Anda tetap dapat memakannya saat makan malam dengan jeda tidur beberapa jam sebelumnya sehingga tubuh Anda sudah dapat mencernanya dengan baik terlebih dahulu.

  • 1. Kafein

  • Yang satu ini mungkin sudah Anda ketahui bahwa ketika mengonsumsi kafein akan membuat Anda terjaga, ditambah jika mengonsumsi kafein tanpa Anda sadari Anda juga ingin makan makanan ringan lainnya seperti snack, cokelat, roti, kacang, dan lainnya.

    Ya, kafein adalah stimulan yang dapat bertahan di dalam tubuh Anda selama delapan jam. Oleh karena itu tips sehat bagi Anda disarankan untuk mengonsumsinya terakhir jam 5 sore supaya Anda tidak mendapatkan masalah sulit tidur.

    Namun demikian saat ini banyak orang yang terbiasa mengonsumsi espresso di malam hari dan sepertinya mereka tidak memiliki masalah pada tidur.

    Menjelaskan fenomena ini menurut para ahli meskipun mereka tetap bisa tidur, mereka memiliki kecenderungan tidur tidak nyenyak yang mereka butuhkan untuk mengistirahatkan tubuh.

    Lihat juga koleksi cemilan sehat dari AsmaraKu

  • 2. Alkohol

  • Pada umumnya minum alkohol memang tidak baik bagi tubuh baik bagi Anda yang memiliki atau tidak memiliki masalah sulit tidur.

    Meminum alkohol sebelum tidur akan membuat stimulan dalam tubuh Anda yang akan membuat Anda tetap terjaga, mungkin dampaknya hampir sama dengan yang diakibatkan oleh kafein.

    Meskipun mungkin banyak orang lelah dan tertidur setelah minum alkohol namun itu akan membuat Anda terbangun mungkin beberapa kali saat malam hari.

  • 3. Gula

  • Gula, terutama yang sudah mengalami pengolahan atau gula buatan adalah sumber masalah pada berbagai makanan sehat kita. Meskipun gula dapat memberikan energi pada tubuh namun efeknya bisa berbeda ketika Anda mengonsumsinya di malam hari sebelum tidur.

    Menurut para ahli, makanan atau minuman manis justru dapat memberikan lonjakan energi yang akan membuat Anda terjaga sepanjang malam. Jika Anda membutuhkan makanan penutup saat malam malam sebaiknya Anda memilih buah-buahan saja seperti ceri dan kiwi yang mengandung serotonin dan melatonin akan mengatasi masalah sulit tidur.

    Cara tidur lebih nyenyak jika Anda memilih buah manis sebagai makanan penutup maka kombinasikan dengan protein supaya tubuh dapat mencernanya lebih cepat dan menghindari lonjakan energi.

    Baca juga : Lakukan Hal-hal Ini Sebelum Tidur Untuk Menurunkan Berat Badan

  • ~product~

    4. Makanan pedas dan asam

  • Para ahli menjelaskan bahwa proses acid reflux lebih mungkin terjadi saat tubuh berbaring karena lebih mudah bagi asam lambung naik kembali ke atas melalui kerongkongan.

    Mengonsumsi makanan pedas atau asam keduanya memiliki kecenderungan membuat asam lambung naik. Tentu ini akan membuat tidur Anda tidak nyaman bukan?

    Lihat juga koleksi snack sehat dari AsmaraKu

  • 5. Apapun yang sulit dicerna

  • Makanan berserat seperti kacang-kacangan dan makanan mengandung gas seperti kubis dapat membuat pencernaan Anda terganggu saat tidur.

    Hal ini dikarenakan makanan itu mengandung gula olgiosaccharides dan raffinose di mana gula itu tidak dapat dicerna sehingga membuat perut Anda kembung dan begah saat dimakan dalam jumlah banyak.

    Jika Anda makan makanan ini kemudian langsung berbaring maka akan menyebabkan asam lambung naik, sakit maag dan sakit perut. Tentu saja ini akan membuat Anda kehilangan rasa nyenyak saat tidur.

    Baca juga : Apa Itu Insomnia dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

    Jika Anda harus memakan makanan ini tips sehat sebaiknya jangan terlalu berlebihan dan berikan jeda sebelum waktu tidur.

    Leave a comment