Jangan Lakukan 5 Kesalahan Ini Ketika Menata Rambut

Jangan Lakukan 5 Kesalahan Ini Ketika Menata Rambut

Jalan instan selalu terlihat baik pada awalnya, tapi tidak di akhirnya. Begitu pun yang terjadi soal menata rambut. Cara-cara singkat yang selama ini wanita lakukan untuk kepentingan styling rambut justru bisa jadi merusak pada akhirnya. Kebiasaan menata rambut apa saja yang sebenarnya selama ini salah dilakukan?

Kesalahan menata gaya rambut

GAYA rambut wanita berbeda dengan pria. Style rambut atau gaya rambut wanita cenderung lebih rumit dan sangat dipikirkan sejak awal hari. Sebab, tak ada wanita yang ingin mengalami bad hair day lalu mengalami bad mood seharian. Masalahnya, persoalan style rambut dan tatanan rambut wanita ini seringkali berbenturan dengan masalah waktu. Jam kerja yang padat tidak menyisakan waktu cukup banyak untuk menata rambut baik di pagi hari maupun di jam istirahat makan siang. Akhirnya, wanita mencari-cari jalan praktis dengan peralatan dan perlengkapan tertentu untuk menata rambut yang dimilikinya. Padahal, tanpa disadari, jalan praktis yang ditempuh rutin setiap hari ini justru mampu merusak perawatan rambut yang selama ini dilakukan. Kesalahan apa saja yang kerap wanita lakukan kala menata rambut? Adakah salah satunya biasa Anda lakukan?

Menggunakan Dry Shampoo Secara Berlebihan

Wanita mana yang tak bersorak kala inovasi dry shampoo ditemukan? Penemuan sampo kering yang pemakaiannya tak ubah layaknya menyemprotkan minyak wangi ini benar-benar dapat menghemat waktu. Tak ada waktu terbuang untuk keramas. Pun, tak ada waktu terbuang untuk mengeringkannya. Namun, tahukah Anda? Pemakaian sampo kering lebih dari dua kali sehari dapat merusak kulit kepala? Perawatan rambut yang selama ini Anda lakukan akan sia-sia. Sampo kering akan menutup pori-pori di kulit kepala Anda. Tak ada waktu baginya untuk bernafas karena tertutup oleh lapisan sampo kering.

Baca Juga: Cara Mudah Atasi Rambut Kering 

 

Mengatur Panas Terlalu Tinggi

Untuk menjaga model rambut terbaru Anda bertahan pada bentuknya, Anda perlu menggunakan catokan. Kesalahan terbesar adalah bila Anda mengatur panasnya terlalu tinggi. Memang, panas tinggi dapat menghemat waktu Anda. Tapi, percayalah, rambut Anda akan sangat rusak karenanya. Panas yang terlalu tinggi tak hanya dapat membakar kulit kepala Anda, tapi juga mengenyahkan minyak alami pada rambut. Efeknya, usia rambut tak akan lama dan muncullah kerusakan dan kerontokan rambut. Alih-alih menyetel panas terlalu tinggi, lapisi catokan Anda dengan kertas tisu sebelum memakainya. Trik ini akan membuat rambut Anda cepat kering tanpa merusaknya.

Baca Juga: Jangan Remehkan Rambut Rontok 

 

Menata Rambut Saat Basah

Bersabarlah untuk menata model rambut terbaru Anda. Menatanya saat masih basah adalah hal yang sia-sia. Rambut basah lebih berisiko terbakar oleh catokan daripada rambut kering. Bila terkena panas terlalu lama, mungkin rambut Anda bahkan dapat mendesis. Memang, tak mudah mendapatkan gaya rambut wanita yang sempurna.

Mengulang Proses Catokan

Daripada bolak-balik mencatok bagian rambut yang sama, lebih baik lakukan sekali saja tapi lama. Mengulang catokan untuk bagian rambut yang sama akan berpotensi besar merusaknya. Bila rambut Anda memang sulit diatur, ada baiknya Anda memakaikan lotion rambut saat rambut masih basah. Saat kering, rambut yang sudah diberi lotion akan lebih mudah diatur.

Terlalu Kencang Mengikat Rambut

Kuncir kuda tampak sederhana dan mudah. Pun, gaya rambut wanita satu ini tak memerlukan catokan atau alat pemanas lainnya. Nah, tapi, gaya ini bisa jadi masalah bila Anda mengikatnya terlalu kencang. Ikatan yang terlalu kencang dapat merusak rambut juga mungkin merontokkanya. Sebagai solusi, aplikasikan gel sebelum membuat kuncir kuda, lalu jangan ikat terlalu kencang. Meski tak diikat terlalu kencang, gel akan memberikan look yang sama dengan tight pony tail.

Baca Juga: Ini Dia Cara Merawat Rambut Rusak Karena Diwarnai 

 

Leave a comment