Ini Dia Jawaban dari 6 Pertanyaan Anda Tentang Parfum Pria

Ini Dia Jawaban dari 6 Pertanyaan Anda Tentang Parfum Pria

Tahukan Anda, apabila aroma tubuh dapat menciptakan suatu kesan pada seseorang? Sebuah hasil studi mengatakan bahwa “a person’s sense of smell is connected to creating the longest lasting memories that we have”. Entah itu aroma yang wangi atau tidak, tentunya semua orang ingin mendapatkan kesan yang baik, termasuk juga Anda.

Ini Dia Jawaban dari 6 Pertanyaan Anda Tentang Parfum Pria

DALAM berinteraksi dengan orang lain, penting bagi Anda untuk menjaga agar tubuh tak memilki aroma yang kurang sedap. Tubuh yang wangi mampu meningkatkan rasa kepercayaan diri dan karisma Anda saat bertemu banyak orang.

Menjadi pria berkelas dan menarik tidak cukup dengan bersih dan rapi tapi juga harus memiliki aroma tubuh yang mengenakan pula.

Bagi Anda yang baru saja ingin memulai untuk menjadi pria yang lebih menarik atau ingin membeli parfum secara online, simak panduan tentang parfum pria.

1. Eau de Toilette atau Cologne?

Istilah wewangian telah berkembang selama bertahun-tahun lamanya. Anda mungkin pernah mendengar beberapa istilah yang digunakan oleh ahli parfum atau ketika Anda membaca artikel tentang parfum.

Inilah yang perlu Anda ketahui dari parfum itu sendiri. Parfum adalah campuran minyak esensial dan senyawa aroma, fiksatif (penyampur) dan pelarut yang digunakan untuk memberikan wangi pada tubuh, objek atau ruangan.

Bermacam-macam jenis parfum yang beredar dipasaran saat ini, yaitu :

  • Ekstrak Parfum : Konsentrasi dengan campuran 20%-40% senyama aromatik
  • Eau de Parfum : Konsentrasi terkuat dengan campuran 10%-30% senyawa aromatik
  • Eau de Toilette : Konsentrasi dengan campuran 5%-20% senyawa aromatik
  • Eau de Cologne : Konsentrasi dengan tingkat yang lemah, campurannya 2-5%   senyawa aromatik

Dapat Anda lihat Eau de Toilette memiliki konsentrasi campuran yang lebih banyak dari cologne. Semua kembali ke berapa lama Anda ingin menjadi lebih wangi.

Jika Anda berada di acara gala makan malam, disarankan untuk memakai parfum pria. Namun jika Anda hanya ingin menyegarkan diri sejenak setelah bercukur, cologne pun sudah cukup.

Baca juga: Cologne, Eau de Toilette, Eau de Parfum, Apa Sih Perbedaannya?

2. Apakah Wangi Parfum Dapat Menghilang Bila Disimpan Terlalu Lama?

Jawabannya adalah ya. Anda bisa lihat dari ciri-ciri ini, bila baunya berubah maka aroma dari parfum tersebut sudah berkurang dan perubahan warna atau konsistensi.

Tempat yang tepat untuk menyimpan parfum adalah di tempat yang redup dan memiliki suhu sejuk seperti pada lemari, laci, atau tempat tertutup lainnya.

Dengan penyimpanan yang baik dan selalu menutupnya bila sudah menggunakannya, sebotol parfum pria dapat bertahan sekitar 3 hingga 5 tahun.

Baca juga: Cara Menyimpan Parfum yang Benar

3. Apa itu Notes?

Notes adalah salah satu istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan bau dari wewangian. Terdapat tiga jenis notes yang digunakan untuk mendeskripsikan wangi dari parfum. Top, middle, dan base.

  • Top Notes : Kesan pertama saat parfum disemprotkan pada kulit.
  • Middle Notes : Wangi aromanya yang tercium pada menit ke-10 setelah  disemprotkan ke kulit.
  • Base Notes : Aroma parfum yang tercium berjam-jam setelah parfum diaplikasikan.

4. Sebenarnya, Apa Itu Wewangian?

Kebanyakan parfum mungkin memiliki notes floral atau wangi bunga-bungaan. Namun saat ini sudah banyak essence alami yang telah diganti dengan sintetis untuk memenuhi tuntutan produksi masal dan meningkatkan aromanya.

Jadi jangan khawatir, bunga-bunga indah yang tersakiti untuk pembuatan parfum minim jumlahnya.

Tidak hanya bunga, buah-buahan dan kayu-kayuan pun digunakan untuk menciptakan wewangian untuk Anda.

Baca juga: Parfum Floral untuk Pria, Kenapa Tidak?

5. Apa Itu Kelompok Wewangian?

Dalam dunia wewangian dan parfum, terdapat pengelompokan kategori untuk mendeskripsikan bahan dan aroma yang digunakan untuk membuat parfum.

Pengelompokan wewangian ini bersifat cenderung subjektif dan daftarnya semakin panjang seiring dengan berjalannya waktu. Contoh dari kelompok wewangian adalah floral, oriental, kulit (leather), aromatik, sitrus, rempah, kayu-kayuan, chypre, dan fougère.

Baca juga: Pilih Parfum Pria Sesuai Kepribadian Anda

~product~

6. Bagaimana Cara Memilih Parfum yang Tepat untuk Saya?

Walau pada akhirnya Anda akan memilih parfum dengan wangi yang paling Anda suka dan membuat Anda merasa nyaman dengan diri Anda, tidak ada salahnya untuk tips memilih parfum pria berikut:

  • Komposisi : unsur-unsur apa yang membentuk aroma tersebut? Apakah perpaduannya unik? Apakah mengandung bahan yang langka atau mahal?
  • Tahun perilisan : Seperti anggur, wewangian juga mengalami variasi tahunan. Parfum  berubah dengan tren mode. Hal ini dilakukan supaya parfum Anda tidak ketinggalan zaman. Namun menemukan parfum lama yang tak lekang waktu akan menjadi kenikmatan tersendiri.
  • Kadar minyak wangi : Ini menentukan berapa lama wewangian Anda bertahan. Semakin tinggi kadar minyaknya, semakin lama wangi parfum Anda bertahan. Kadar minyak wangi juga menjadi peringatan seberapa banyak parfum yang Anda semprotkan ke tubuh agar baunya tidak menjadi terlalu menyengat.
  • Kekuatan : Kekuatan di sini maksudnya untuk seberapa jauh wangi parfum Anda “berkelana”. Semakin kuat parfum Anda, semakin jauh pula wanginya “berkelana” sehingga orang-orang yang berada di jarak tertentu dari Anda dapat mencium wanginya.
  • Harga : Kualitas bahan dan kelangkaan bahan baku menjadi penentu harga dari parfum Anda. Jadi, jika Anda membeli sebotol parfum dengan harga yang mahal, wajar bila Anda mengaharapkan wewangian yang unik dari bahan berkualitas dan/atau langka.

1 comment

Saya mau tanya baru kemarin 3 hari yang lalu saya beli parfum isi ulang.trus kenapa ya pas tadi saya pulang kerja warna dari bening berubah keruh dan aromamya beda.?
Apakah masih bisa di pakai lagi.?

Ezra

Leave a comment