Fakta: Pakai Sunblock Terbukti Bikin Awet Muda Lho!

Jika Anda saat ini sedang bingung memilih produk krim atau serum anti aging kekinian, mungkin Anda perlu melihat kembali ke koleksi skin care yang Anda gunakan. Yup, karena mungkin saja sebenarnya Anda sudah memilikinya sejak dulu dan tidak menyadarinya.

Fakta: Pakai Sunblock Terbukti Bikin Awet Muda Lho!

MENURUTĀ sebuah studi baru yang dipublikasikan di Journal of Dermatologic Surgery, sunblock atau sunscreen atau tabir surya terbukti dapat membuat Anda awet muda! Ternyata manfaat sunscreen tidak hanya untuk melindungiĀ kulit dari radiasi sinar matahari saja, namun juga dapat mengatasi permasalahan penuaan dini seperti kerutan dan hiperpigmentasi.

Mungkin Anda masih belum percaya dan bertanya-tanya ā€œBenarkah sunscreen atau sunblock bikin awet muda?ā€ Memang cukup mengejutkan sih, ibaratnya seperti Anda tahu bahwa ada kolega yang baik namun dia cukup membosankan dan ternyata dia benar-benar menjadi pahlawan bagi Anda selama ini tanpa disadari sebelumnya.

Sebuah penelitian yang disponsori oleh pusat penelitian kulit Johnson & Johnson menunjukkan adanya perbaikan dalam banyak tanda penuaan yang disebabkan oleh radiasi sinar matahari seperti tekstur, rona kulit, dan juga garis-garis halus.

Dalam penelitian tersebut jugaĀ ditemukan bahwa hanya dengan menggunakan tabir surya yang mengandung SPF 30, para peserta mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 52% pada pigmentasi bintik-bintik dan 40% pada tekstur kulit, serta 41% pada kecerahan kulit dengan pemakaian selama satu tahun.

Beberapa hasil penelitian oleh para ahli tentunya membawa angin segar namun juga sedikit pertanyaan karena umumnya produk tabir surya hanya menonjolkan melindungi kulit dari radikal bebas saja dan tidak membahas bahwa itu dapat menghambat penuaan dini secara langsung.

Jawaban paling masuk akal untuk pertanyaan tersebut berkaitan dengan sifat regeneratif bawaan dari kulit. Kulit mengalami perubahan selama 28 sehari sekali. Dan untuk mencegah tertumpuknya kotoran serta kulit mati yang semakin banyak, tabir surya dapat menyembuhkan dengan sendirinya. Jadi saat Anda menggunakan tabir surya, Anda dapat menikmati kulit yang sehat namun tetap terjaga dari sinar UV.

Manfaat sunscreen atauĀ sunblock bikin awet muda bisa Anda dapatkan dengan cermat memilih produknya. Pastikan apakah di dalamnya mengandung filter kimia seperti avbenzone dan oxyinoxate dan zinc oxide atau titanium oxide.

Selama tabir surya yang Anda gunakan tidak mengandung zat tersebut, maka mungkin hasilnya tidak akan ada perbedaan. Namun bagi Anda yang menggunakan SPF 30 setiap hari maka itu adalah keuntungan bagi Anda. Akan tetapi yang harus diingat adalah kataĀ  kuncinya ā€˜setiap hariā€™.

Anda harus menggunakannya paling tidak satu kali saat pagi hari supaya terhindar dari radiasi sinar UV dan juga radikal bebas. Jika Anda malas tidak menggunakannya atau bolong-bolong maka efek dari sunblock bikin awet muda mungkin tidak akan maksimal karena hasil menakjubkannya baru akan terlihat setelah pemakaian selama satu tahun.

Memang butuh perjuangan sih untuk mendapatkan manfaat dari sunblock bikin awet muda, namun jika Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari satu produk, kenapa harus menggunakan banyak produk?

Secara umum, tabir surya ini sangat mudah didapatkan dan banyak pilihannya sehingga Anda tidak perlu khawatir pada penuaan dini jika Anda sudah rutin menggunkan tabir surya sejak muda. Ingat, untuk hasil yang maksimal, pastikan Anda menggunakannya secara rutin ya.

Sumber:

A New Sunscreen Study Finds That It Can Reverse Signs of Aging.Ā https://www.allure.com/story/sunscreen-anti-aging-studyĀ Dilansir dari 2 Juli 2019.

Kembali ke FAVO Journal