Cara Menyimpan Buket Bunga Agar Tetap Segar

Cara Menyimpan Buket Bunga Agar Tetap Segar

Menerima karangan bunga tentunya menjadi hal yang menyenangkan. Warna-warna cantik dari bunga tersebut akan memberikan suasana bahagia di dalam rumah Anda. Sayangnya,  karangan bunga ini tidak berlangsung lama dan bunga layu menjadi pemandangan yang menyedihkan dan akan berakhir di tempat sampah dalam beberapa hari saja. Lantas, bagaimana cara menjaga buket bunga agar tetap segar dalam beberapa minggu ke depan?

Cara Menyimpan Buket Bunga Agar Tetap Segar

SEBUKET bunga adalah hiasan alami yang dapat mempercantik ruangan di rumah Anda. Selain itu, wanginya yang semerbak pastinya juga akan menambah daya tarik dari bunga itu sendiri. Namun, kecantikan dan fungsi dari bunga itu sendiri bisa hilang jika perawatannya keliru.

Seperti yang kita tahu, bunga memang tidak bisa bertahan lama. Akan tetapi, bukan berarti kita tidak bisa merawatnya agar bisa segar lebih lama, bukan? Berikut ini ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda coba untuk menjaga buket bunga agar tetap segar selama 3 minggu.

Uji kesegaran bunga mawar

Saat Anda memilih sebuah karangan bunga, maka Anda bisa melihat bagian bawah kelopak untuk melihat berapa banyak kelopak yang sudah tidak ada. Setangkai mawar segar hanya akan memiliki satu atau dua kelopak yang hilang, dan semakin banyak kelopak mawar hilang, maka semakin cepat bunga tersebut akan layu.

Kebanyakan bunga tidak memiliki aroma

Penciuman Anda baik-baik saja. Kebanyakan bunga yang dekoratif tidak memiliki aroma. Petani lebih memilih untuk menumbuhkan bunga yang lebih besar dan lebih tahan, dibandingkan bunga yang bagus dan beraroma.

Dapatkan Personalised Rose, Tulip, and Lilac Freesia In Vase dengan harga Rp 845.000,- Beli di sini

Jangan menyimpan bunga di ambang jendela

Ya, mungkin Anda melihatnya tampak menarik saat berada di bawah sinar matahari. Namun, tahukah Anda bahwa cahaya yang sama juga dapat mempercepat proses layu dan kelopak dari bunga-bunga tersebut akan hilang secara perlahan dalam satu atau dua hari. Oleh karena itulah, Anda disarankan untuk meletakkan buket bunga di tempat yang teduh untuk menjaga kesegarannya.

Cuci vas setelah digunakan

Jangan menukar buket bunga tanpa menyuci vas dengan benar. Bakteri dan jamur dari buket sebelumnya dapat mempercepat proses pembusukan dan bunga baru Anda akan mati dalam waktu yang singkat. Untuk hasil terbaik, Anda bisa menyuci vas bunga dengan alkohol atau pemutih.

Jangan meletakkan bunga di samping buah-buahan

Meletakkan buket bunga di samping mangkuk buah mungkin terlihat indah. Akan tetapi, kenyataannya hal ini dapat mempersingkat umur bunga Anda. Buah memancarkan gas yang disebut ethaline yang dapat mempercepat pembusukan pada tanaman.

Jauhkan bunga Anda dari AC

Tempatkan karangan bunga pada lingkungan yang lembab. Hindarilah meletakkannya dekat dengan penyejuk udara (AC) karena akan mengambil udara yang dapat memperpendek umur dari bunga tersebut.

Ganti air secara berkala

Rutinlah dalam mengganti air untuk menjaga rangkaian bunga Anda tetap segar. Sebab, air yang tidak diganti adalah sarang bakteri, jamur, dan alga yang dapat mempercepat proses pembusukan. Dengan mengganti air secara berkala, maka umur bunga Anda pun akan lebih panjang.

Jangan gunakan gunting

Hindarilah memotong batang dengan gunting. Pilihlah pisau tajam tanpa pinggiran bergerigi karena memudahkan Anda untuk memotong batang secara diagonal. Rutinlah memotong batang setiap 3-4 hari.

Petik daunnya

Anda bisa memetik daun dengan menggunakan gunting atau memotong setiap daun yang kontak langsung dengan air di dalam vas. Membiarkan daun di dalam air akan menciptakan habitat yang sempurna untuk bakteri dan jamur.

Perhatikan bentuk bunga 

Jangan pernah memotong atau merusak batang. Bentuk batang sangat penting dalam pengiriman nutrisi ke bunga. Jika Anda memiliki bunga yang rusak, Anda sebaiknya menyabutnya dari buket.

Dapatkan Rose and Lilies Romantic In Vase dengan harga Rp 995.000,- Beli di sini

Jangan membeli karangan bunga di jalan

Anda pasti sering melihat karangan bunga yang dijual di pinggir jalan. Namun, sebaiknya hindarilah membelinya. Pasalnya, karangan bunga tersebut berada di bawah sinar matahari untuk jangka waktu yang lama dan kesegarannya sudah berkurang. Solusinya, Anda bisa membeli karangan bunga di toko bunga untuk memastikan kesegaran bunga yang Anda dapat.

No cold showers!

Jangan pernah menaruh air dingin atau panas ke dalam vas bunga. Saat Anda mengubah air, pastikan suhu air tersebut sedang (tidak panas dan tidak dingin)

The Magical Formula

Selain menggunakan air keran, Anda juga bisa membuat formula sendiri untuk menjaga rangkaian bunga tetap segar. Caranya dengan menyampurkan 4 bagian air dan 1 bagian Sprite (not diet), dan tambahkan beberapa tetes pemutih. Menggunakan air suling lebih baik dari air biasa.

 

Nah, itu dia cara-cara menjaga karangan bunga agar tetap segar selama 3 minggu. Jadi, mulai sekarang Anda tidak perlu lagi beranggapan bahwa sia-sia membeli bunga karena cepat layu. Dengan perawatan yang tepat, maka karangan bunga pun akan berumur lebih panjang.

 

Leave a comment