Cara Mengadakan Bachelorette Party dengan Dana Terbatas

Cara Mengadakan Bachelorette Party dengan Dana Terbatas

Menggelar bachelorette party atau pesta bujang untuk calon pengantin wanita memang susah-susah gampang. Susah karena dana yang dikeluarkan mungkin cukup besar namun bisa saja menjadi gampang jika Anda melakukan patungan dengan teman-teman yang lain. Namun bagaimana kalau dana yang terkumpul masih terbatas?

Cara Mengadakan Bachelorette Party dengan Dana Terbatas

JIKA Anda berpikir dengan menghemat anggaran berarti akan membuat perencanaan pesta lajang kurang seru, Anda salah besar! Berikut adalah cara mengadakan bachelorette party dengan dana terbatas:

1. Tentukan Batasan Dana

Anda tentu tidak ingin kalau tiba-tiba anggaran pernikahan membengkak hanya karena sebuah bachelorette party bersama teman-teman. Jadi, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan batasan dana atau budgeting.

Penentuan batasan dana dilakukan agar dapat memperkirakan model atau tema pesta seperti apa yang ingin dibuat dan di mana lokasinya.

Terlebih jika Anda berencana untuk menyewa seorang party planner dan fotografer, maka membuat anggaran pesta menjadi sangat penting.

Namun alangkah bijaknya, jika Anda tidak menghabiskan uang yang terlalu banyak untuk acara bridal shower atau bachelorette party saja.

Lebih baik uangnya bisa dialokasikan ke lain hal seperti catering untuk pesta pernikahan atau membeli paket Honeymoon yang sudah diidam-idamkan.

2. Pilihlah Lokasi Terdekat

Pemilihan tempat juga harus disesuaikan dengan anggaran yang ada. Jika sebagian besar tamu tinggal di kota yang sama, maka carilah lokasi untuk mengadakan pesta bujang yang dekat-dekat saja.

Ini akan membantu Anda untuk menghemat biaya transportasi dan memudahkan untuk mengoordinasikan acaranya. Selain itu, para tamu juga akan merasa lebih nyaman karena tempatnya mudah dijangkau.

Saat ini, sudah banyak restoran dan hotel dengan biaya sewa private room murah yang bisa dijadikan sebagai tempat pesta bujang.

Namun jika Anda ingin lebih minim anggaran lagi, sebenarnya mengadakan pesta lajang bisa diadakan di halaman rumah saja. Selain lebih murah, pesta Anda pun juga akan lebih akrab dengan teman-teman.

3. Petualangan Outdoor

Tidak perlu mengeluarkan ide dan biaya besar untuk pesta lajang. Berkemah, hiking, piknik, atau jalan-jalan ke pantai bisa menjadi cara mengadakan bachelorette party dengan biaya murah.

Hanya saja, Anda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa para tamu atau kerabat yang diundang bersedia untuk sedikit berkotor-kotoran jika melakukan kegiatan outdoor.

Apabila mereka kurang menyukainya, bertamasya dan menginap di sebuah villa dengan kolam besar juga bisa menjadi ide yang seru untuk mendapatkan udara segar.

Pastikan untuk tidak lupa membawa kamera yang bagus untuk mengabadikan momen-momen menarik bersama teman-teman Anda.

Baca juga: Bingung Memikirkan Hadiah Bridal Shower? Ini Solusinya!

4. Bermalam Bersama

Bila Anda ingin membuat bridal shower atau pesta bujang yang hemat biaya, bersenang-senang di malam hari dapat menghemat biaya.

Entah itu berupa menonton film bersama di rumah, makan-makan, atau menginap bersama teman-teman.

Asahlah kemampuan Anda dalam mendekorasi ruangan agar pesta lebih menarik. Mulai dari balon-balon pesta, aksen renda, bunga yang bisa dibeli di toko bunga, hingga kue dengan desain menarik.

Sebagai pengisi acaranya, Anda dapat menyelipkan game seru atau berkaraoke. Menarik, bukan? Terlebih lagi, bridal shower seperti itu tidak akan memakan biaya yang mahal. Cukup memanfaatkan kreativitas Anda saja dalam mendekorasi acaranya.

Cara Mengadakan Bachelorette Party dengan Dana Terbatas

Dapatkan Bride and Groom Balloon Set dengan harga sekitar Rp 100.000; Beli di sini.

5. Buatlah Permainan Lucu

Ingatlah, acara bridal shower itu bukan hanya ajang untuk seru-seruan saja, tetapi juga harus bermanfaat untuk si calon pengantin wanita. Untuk itu, Anda bisa menyelipkan pesan moral dalam kegiatan ini.

Misalnya menciptakan sebuah permainan “how to” yang melibatkan semua teman dan kerabat yang datang.

Caranya, bagikan sebuah kertas yang bertuliskan “how to…” kepada para peserta, lalu mintalah mereka menuliskan sesuatu yang berhubungan dengan pernikahan.

Seperti “bagaimana cara untuk membuat pernikahan agar tetap langgeng?”, “bagaimana cara supaya suami tetap tergila-gila?” dan sebagainya.

Jawaban yang muncul pasti beraneka ragam dan lucu, namun ada beberapa yang sangat bermanfaat.

6. Short But Sweet!

Sebenarnya bukanlah perencanaan panjang yang membuat acara bridal shower berkesan, melainkan sebagaimana Anda bisa mengatur sebuah momen menyenangkan untuk mengisi acara tersebut.

Jadi intinya, dari serangkaian acara yang Anda buat, cobalah untuk memasukkan satu kegiatan penting untuk membuat semua orang terhibur dan pastinya sesuai dengan anggaran.

Cara Mengadakan Bachelorette Party dengan Dana Terbatas

Dapatkan Blow Me Up Cake dengan harga sekitar Rp 435.000; Beli di sini.

 7. Belilah Sesuai Kebutuhan

Daripada Anda membeli seragam atau kebutuhan wanita lainnya yang mungkin kelihatannya menyenangkan, tetapi sebenarnya itu tidak terlalu penting.

Ingat, mengadakan pesta lajang bukanlah ajang untuk menghambur-hamburkan uang untuk souvenir.

Membeli peralatan dekorasi, makanan, dan minuman untuk pesta lajang akan jauh lebih penting!

8. Do It Yourself!

Masalah dekorasi selesai, kini merambah ke masalah berikutnya: makanan! Yap, bukan bridal shower namanya jika tidak ada makanan. Makanan yang akan disajikan haruslah praktis dan cukup mengenyangkan.

Pilihannya? Pizza bisa dijadikan pilihan! Pesanlah pizza dengan berbagai topping yang disukai oleh teman-teman, lalu sajikan pula dengan kudapan lain seperti popcorn, french fries, nachos, sosis goreng, hingga aneka permen.

Untuk minumannya, sajikan yang segar seperti soda, lemon squash, atau infused water. Hemat, praktis, dan mengenyangkan!

Baca juga: Tips Dekorasi Pesta dengan Balon Huruf

Pesta lajang adalah saatnya untuk bersenang-senang dan menghabiskan waktu yang luar biasa bersama teman sebelum benar-benar menuju ke pernikahan.

Jadi, buatlah pesta Anda dengan anggaran yang hemat namun tetap mengesankan. Semoga tips ini dapat membantu Anda merencanakan bachelorette party!

Leave a comment