Buket Bunga vs Bunga Meja, Mana Pilihan Hadiah yang Terbaik?

Bunga memang menjadi salah satu barang yang tepat diberikan kepada orang tersayang dalam berbagai kesempatan. Selain dalam bentuk buket bunga, Anda juga dapat memberikan bunga dalam bentuk bunga meja. Tapi jenis mana sebenarnya yang  lebih baik dijadikan hadiah?

Buket Bunga vs Bunga Meja, Mana Pilihan Hadiah yang Terbaik?

SELAIN buah, bunga menjadi salah satu benda yang dapat diberikan saat berkunjung ke rumah kerabat atau diberikan sebagai hadiah bagi orang terkasih.

Sebagai hadiah, umumnya orang akan membeli bunga di toko bunga dalam bentuk buket atau karangan bunga. Tapi tidak jarang, sebagian orang lebih suka memberikan bunga dalam bentuk bunga meja.

Keduanya memang sama-sama cantik dan dapat dijadikan sebagai dekorasi penghias rumah. Tapi sebenarnya mana yang lebih baik untuk diberikan sebagai hadiah antara buket bunga dan bunga meja?  Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Buket dan Definisi Seikat Bunga

Buket adalah sekumpulan bunga yang dipilih dan disusun secara teratur, memiliki pola dan gaya dengan atau tanpa dedaunan. Biasanya, bunga-bunga tersebut dibentuk sesuai desain kemudian diikat dan dibungkus dengan kertas hias atau plastik.

Sebuah buket bunga cantik sering diberikan kepada seseorang yang memiliki ataupun tidak punya vas bunga di tempat tinggalnya. Buket bunga juga sering dijadikan hadiah berbagai perayaan seperti wisuda atau anniversary. 

Simply Pink Rose & Lily, Rp 345.000,- ; Beli di sini

Apa Kelebihan Memberi Buket Bunga?

Kelebihan utama dari memberikan buket bunga sebagai hadiah adalah desainnya yang beragam dan cantik. Ketimbang bunga meja, buket bunga telah mengalami banyak perkembangan dari segi cara pengemasan.  

Anda dapat memilih sendiri jenis bunga dan warna kertas/ plastik pengemas sehingga buket bunga yang dihasilkan akan terasa lebih personal.

Di sisi lain buket bunga cenderung lebih ringan daripada bunga meja sehingga memudahkan Anda untuk membawanya. Selain itu dari segi harga, buket  bunga cenderung lebih murah sehingga hadiah buket bunga sangat cocok bagi Anda yang memiliki dana terbatas.

Baca juga: Tips Memberikan Buket Bunga Cantik

Definisi Bunga Meja

Bunga meja adalah bunga yang dirancang atau disusun dalam sebuah wadah, yang fungsinya untuk ditampilkan atau sebagai dekorasi, baik dalam vas, kotak, keramik, keranjang atau wadah. 

Bunga biasanya disusun di atas busa basah, yang berfungsi sebagai penampang air, seperti spons. Busa itu kokoh sehingga memungkinkan perancangnya memanipulasi bunga-bunga segar untuk dibentuk sesuai yang diinginkan.

Bunga meja merupakan dekorasi penghias rumah yang cantik karena dapat memberikan kesegaran pada ruangan yang ditempati. 

Luxury Mixed Arrangement. Rp 745.000,- ; Beli di sini

Bunga meja terkadang lebih mahal dari buket bunga sederhana, namun itu tergantung pada bunga-bunga yang digunakan untuk didesain. Penyusunan dan pengaturannya, secara umum, juga lebih lama dan membutuhkan lebih banyak dari buket bunga. Jadi lebih baik Anda melakukan pemesanan saja, jika tidak punya banyak waktu untuk membuatnya sendiri

Bunga meja terdiri dari berbagai ukuran, bentuk dan gaya. Anda hanya perlu menentukan saja. Bunga meja murah juga bisa Anda dapatkan sebagai dekorasi penghias rumah jika Anda tahu bentuk, ukuran dan gaya apa yang Anda inginkan untuk diberikan ke orang terkasih atau untuk ditaruh di rumah sendiri.

Apa Kelebihan dari Bunga Meja?

Bunga meja merupakan kado jadi. Penerimanya tidak perlu lagi merangkai bunga karena bunga sudah menjadi rangkaian cantik. Selain itu, bunga meja bisa menjadi dekorasi penghias rumah yang menarik perhatian, apalagi untuk meja besar. Bunga meja juga pilihan tepat untuk dibawa ke rumah sakit, jika Anda menjenguk saudara atau rekan, karena tidak perlu penanganan lebih.

Kelebihan lainnya adalah, bunga meja tidak perlu dipotong atau dibungkus ulang seperti buket bunga cantik, penerima tidak perlu repot mencari wadah karena bunga meja telah dilengkapi vas cantik. Yang perlu diperhatikan adalah baik bunga meja murah atau mahal, harus diberi tambahan air secara teratur agar busa bunga tetap basah.

Baca juga: 3 Kesalahan Merangkai Bunga dalam Vas

Perawatan Bunga Meja

Bunga meja perlu diberi tambahan air bersih setiap hari, agar busa bunga tetap basah. Selain itu, bunga meja juga harus dijauhkan dari tempat yang banyak terkena sinar matahari untuk menjaga bunga tahan lebih lama.

Jika vas untuk meletakan bunga meja tidak berwarna/ transparan, pengecekan terhadap air penting dilakukan agar air tetap terlihat bersih dan tidak kotor. Air yang kotor selain membuat bunga cepat layu juga bisa menjadi tempat bertelur bagi nyamuk.

Baik bunga meja maupun buket bunga memiliki kelebihan. Yang perlu Anda perhatikan adalah kepada siapa hadiah berupa bunga tersebut Anda berikan.

Apakah orang tersebut punya banyak waktu untuk merapikan bunga-bunganya atau tidak. Apakah orang tersebut memiliki wadah atau vas bunga di rumahnya atau tidak.

Harga buket bunga maupun bunga meja juga beragam, semuanya ditentukan dengan jumlah bunga, desain dan ukurannya. Pastikan Anda ikut memilih jenis bunga yang akan diberikan sebagai hadiah, karena ini untuk orang yang terkasih. Baik buket bunga maupun bunga meja dapat membuat orang menjadi senang dan bahagia.

Kembali ke blog

Tulis komentar

Ingat, komentar perlu disetujui sebelum dipublikasikan.

Produk Rekomendasi

Tutup

Artikel terkait