Skip to content

Durex Sexy Season Sale Kit untuk keintiman lebih mesraūüíē Up to 41% OFF! Belanja sekarang

Bisakah Hamil Jika Selalu Nyeri saat Berhubungan Intim?

Sebagian besar orang menganggap bahwa hubungan intim adalah suatu hal yang menyenangkan. Sayangnya, itu tidak berlaku bagi sebagian orang yang merasakan nyeri ketika berhubungan intim. Bahkan, rasa nyeri saat berhubungan intim ini dapat membuat seseorang trauma dan merasa enggan ketika harus melakukannya lagi.

Bisakah Hamil Jika Selalu Nyeri saat Berhubungan Intim?

DI BALIK¬†rasa nyeri saat berhubungan intim ternyata para wanita menyimpan sebuah pertanyaan, ‚ÄúBisakah hamil jika selalu merasa nyeri saat berhubungan intim?‚ÄĚ Para wanita yang merasa nyeri ketika bercinta ini khawatir bahwa dirinya akan kesulitan hamil jika tidak dapat menikmati hubungan intim.

Nah, apa sih sebenarnya penyebab nyeri saat berhubungan? Apakah ada kemungkinan hamil bagi wanita yang selalu merasa nyeri ketika bercinta?

Bisakah Nyeri Saat Berhubungan Intim Dapat Kembali Normal?

Pada umumnya, wanita akan merasa nyeri saat berhubungan intim untuk pertama kalinya. Hal ini disebabkan karena hubungan seks adalah pengalaman pertama baginya dan rasa cemas yang berlebihan. Nyeri ketika pertama kali bercinta adalah hal yang wajar dan tidak berbahaya. Namun, hal tersebut bisa menjadi masalah serius ketika sudah berkali-kali berhubungan intim tapi masih merasakan nyeri.

Setiap wanita yang merasakan nyeri saat bercinta tentu bisa kembali bercinta dengan normal tanpa merasakan sakit. Langkah pertama yang harus dilakukan oleh wanita yang merasa nyeri ketika bercinta adalah mencari tahu penyebab rasa nyeri tersebut.

Ada beberapa hal yang dapat meningkatkan rasa nyeri ketika berhubungan intim, di antaranya kurang pemanasan sebelum bercinta sehingga Miss V masih sangat kering atau posisi bercinta yang membuat wanita kurang nyaman. Jika sudah mengetahui penyebabnya, Anda bisa membicarakannya dengan pasangan untuk membuat seks menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Penyebab Nyeri Saat Berhubungan Intim

Istilah medis untuk nyeri saat berhubungan intim adalah dyspareunia. Ada beberapa kondisi medis yang membuat seks terasa menyakitkan. Beberapa kondisi tersebut ternyata berdampak negatif bagi kesuburan dan menyebabkan wanita sulit hamil.

Berikut adalah beberapa penyebab nyeri saat berhubungan yang dapat mempengaruhi kesuburan wanita:

  • Miss V yang Kering

Kondisi Miss V yang sangat kering dapat menyebabkan sakit yang tertahankan ketika penetrasi. Bukan hanya sekedar kurang pemanasan, ternyata miss V yang kering juga bisa disebabkan oleh kurangnya kadar estrogen di dalam tubuh. Kondisi ini menunjukkan bahwa terjadi ketidakseimbangan hormon yang tentunya berdampak pada kesuburan wanita yang mengalaminya.

Baca juga: 9 Cara Mengatasi Vagina Kering

  • Endometriosis

Endometriosis merupakan kondisi di mana ada jaringan abnormal yang berkembang di lapisan rahim. Wanita dengan kondisi ini dapat merasakan nyeri saat bercinta pada masa ovulasi atau menjelang menstruasi. Bahkan, wanita yang mengalami endometriosis akan merasakan nyeri panggul atau nyeri saat buang air kecil.

  • Penyakit Radang Panggul

Penyakit radang panggul memiliki gejala yang hampir mirip dengan endometriosis. Wanita yang memiliki radang panggul akan merasa nyeri ketika berhubungan intim.

  • Kista Ovarium

Memang benar jika kista ovarium dapat hilang dengan sendiri. Akan tetapi, 5-10% pemilik kista ovarium harus melakukan pembedahan untuk mengangkat kistanya. Selain menyebabkan nyeri saat bercinta, kista ovarium juga dapat mempengaruhi kesuburan wanita.

  • Adhesi

Adhesi adalah pita jaringan yang terbentuk di antara atau di dalam organ. Adhesi dapat menyebabkan rasa sakit pada saat bercinta, infertilitas, dan keguguran berulang.

  • Mioma Uteri

Mioma uteri atau fibroid adalah tumor non-kanker yang tumbuh di dalam dinding uterus. Miom dapat menyebabkan rasa sakit ketika bercinta.

Selain itu, miom dapat tumbuh di bagian dalam maupun luar rahim, tetapi jenis yang tumbuh di leher rahim sangat mungkin menyebabkan hubungan seksual yang menyakitkan. Bahkan, wanita yang memiliki miom dapat mengeluarkan bercak darah usai bercinta.

Baca juga: Keluar Darah setelah Berhubungan Intim, Apa Penyebabnya?

Solusi Cara Cepat Hamil untuk Wanita yang Merasa Nyeri saat Bercinta

Setiap wanita yang sudah menikah tentu mendambakan kehadiran buah hati. Berbagai cara cepat hamil pasti dilakukan untuk mendapatkan buah hati sesegera mungkin. Sayangnya, jika Anda adalah salah satu wanita yang merasa nyeri saat berhubungan intim, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

Rasa nyeri yang terjadi ketika berhubungan intim bisa jadi merupakan suatu ‚Äútanda‚ÄĚ kondisi medis tubuh Anda. Jadi, jika selama ini Anda selalu merasa nyeri saat bercinta dan belum dikaruniai momongan meskipun sudah menikah bertahun-tahun, cobalah untuk konsultasi dengan dokter spesialis kandungan atau infertilitas.

Dokter akan membantu mencari penyebab nyeri saat berhubungan dan berusaha untuk memperbaiki kondisi kesehatan jasmani Anda. Merasakan nyeri ketika bercinta bukan berarti Anda tidak bisa hamil. Cek dulu kondisi kesehatan Anda pada dokter yang terpercaya. Mintalah dokter untuk memberi solusi menghilangkan rasa nyeri saat bercinta agar Anda kembali merasakan kenikmatan bercinta.

Kembali ke FAVO Journal
Your Cart

Your cart is empty