Awas, Jangan Lakukan Kesalahan Ini saat Menggunakan Kondom!

Awas, Jangan Lakukan Kesalahan Ini saat Menggunakan Kondom!

Meski pun sepintas terlihat mudah, ternyata banyak sekali kesalahan yang dilakukan para pria saat akan menggunakan kondom untuk melakukan hubungan intim. Apakah Anda sendiri termasuk yang pernah melakukannya?

Awas, Jangan Lakukan Kesalahan Ini saat Menggunakan Kondom!

MENGGUNAKAN kondom sepintas seperti sebuah hal yang alami dapat dilakukan sebelum memulai permainan di ranjang. Namun apakah Anda sudah melakukannya dengan benar? Sayangnya para peneliti mengatakan bahwa mayoritas orang tidak menggunakan kondom dengan benar.

Terlebih dengan banyaknya jenis kondom seperti kondom bertekstur, kondom tebal, sampai kondom aroma membuat kesalahan pemakaian alat kontrasepsi ini semakin tak terhindarkan. 

Melansir Mens Health, peneliti dari Indiana University menganalisa 50 studi tentang penggunaan kondom, dan telah mengolah data selama 16 tahun. Para peneliti ini menemukan berbagai macam kesalahan saat menggunakan kondom. Penasaran apa saja kesalahan yang dapat terjadi saat menggunakan kondom? Berikut daftar kesalahannya.

Terlambat & terlalu cepat melepas kondom

Menurut data yang ada, sebanyak 17 persen sampai 51.1 persen orang terlambat menggunakan kondom, mereka menggunakannya setelah hubungan seks dimulai.

Padahal seharusnya kondom dipakai sebelum Anda dan pasangan bercinta. Terlebih jika dalam hubungan tersebut Anda dan pasangan ingin mencegah terjadinya kehamilan

Sementara itu, 13.6 persen sampai 44.7 persen melaporkan bahwa mereka melepaskan kondom sebelum hubungan intim usai.

Membuka gulungan terlebih dahulu

Antara 2.1 persen sampai 25.3 persen mengaku membuka gulungan kondom sebelum menggunakannya. Hal ini tentu salah, mengingat gulungan pada kondom seharusnya dibuka sesaat sebelum melakukan hubungan intim. Tindakan ini dimaksudkan untuk menjaga kebersihan dari kondom itu sendiri. 

Tidak meninggalkan ruang

Kesalahan selanjutnya yang dilakukan oleh 24.3 persen sampai 45.7 persen orang adalah tidak meninggalkan ruang kosong untuk sperma di bagian ujung kondom. Ruang kosong di ujung kondom berfungsi untuk menampung sperma yang keluar saat pria melakukan ejakulasi.

Dapatkan Okamoto Kondom Crown - 10 pcs dengan harga Rp 32.400,- Beli di sini

Tidak mengeluarkan udara

Ketika mengingat kembali hubungan seks yang telah dilakukan, 48.1 persen orang mengaku tidak memencet bagian ujung kondom untuk mengeluarkan udara yang terperangkap di dalamnya. Jika tidak dikeluarkan, udara ini akan membuat pria merasa tidak nyaman pada bagian penis, dan membuat hubungan intim sedikit terganggu.

Menggunakan kondom dua kali

Sebanyak 4 persen sampai 30.4 persen orang menyatakan bahwa mereka mengulur kondom ke arah berlawanan dan kemudian membalikannya untuk digunakan lagi. Hal ini berbahaya karena lapisan kondom yang sudah terkena sperma dapat menimbulkan kehamilan.

Baca juga :  Amankah Memakai Kondom Pria & Kondom Wanita Secara Bersamaan?

Kesalahan dalam mengulur kondom

Di hubungan seks terakhirnya, 11.2 wanita dan 8.8 pria sudah memulai hubungan seks sebelum kondom terulur secara sempurna.Padahal, kondom yang belum terulur secara sempurna dapat mengakibatkan penis tidak mampu masuk secara sempurna. Dan tentunya hal ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman. 

Terkena objek tajam

Di antara 2.1 persen sampai 11.2 persen orang menyimpan kondom bersama benda-benda tajam. Permasalahannya, jika benda tajam ini cukup tajam untuk merusak pembungkus kondom maka kemungkinan besar benda itu dapat merusak kondom.

Memakai kondom yang rusak sama saja tidak menggunakan pengaman selama berhubungan intim. Jadi simpan hati-hati ya, guys.

Tidak memeriksa kerusakan

Ketika mengeluarkan kondom dari kemasan, 82.7 persen wanita dan 74.5 pria dikabarkan gagal memeriksa dan mendeteksi kerusakan kondom. Padahal setelah mengeluarkan dari kemasan, pria dan wanita harus memeriksa apakah kondom rusak ketika proses pengeluaran dari kemasan. Kemudian periksa juga tanggal kadarluarsa kondom.

Baca juga: Jenis Kondom Tebal di Indonesia

Tanpa pelumas

Antara 16  persen sampai 25.8 persen orang dilaporkan menggunakan kondom tanpa pelumas. Masalahnya, sepanjang durasi hubungan seks kondom dapat rusak karena kurangnya lubrikasi.

Menggunakan lubrikasi yang salah

Data kasar menyatakan sebanyak 3.2 persen wanita dan 4.7 persen pria menggunakan pelumas berbahan dasar minyak ke kondom yang terbuat dari latex. Semakin tipis latex tersebut maka risiko kerusakan akan semakin besar.

Dapatkan Durex Play Lubricant - 100 Ml dengan harga Rp 59.900,- Beli di sini

Penarikan yang salah

Hampir 31 persen pria dan 27 persen wanita dilaporkan melakukan kesalahan ketika menarik kondom setelah berhubungan seks. Padahal jika tidak dilepas secara benar maka sperma dalam kondom dapat bocor dan tertinggal.

Kesalahan penyimpanan

Antara 3.3 persen sampai 19.1 persen orang dalam studi yang dilakukan menyatakan bahwa mereka menyimpan kondom di tempat yang tidak sesuai dengan apa yang direkomendasikan. Jangan simpan kondom di terik matahari langsung dan dompet, karena keduanya dapat merusak bahan kondom yang terbuat dari latex.

Tidak menggunakan kondom

Sesungguhnya hal ini tidak berkaitan dengan studi yang dilakukan di atas. Tapi kesalahan ini tetap terjadi di antara pria dan wanita. Menurut penelitian terbaru dari National Survey of Sexual Health and Behavior, hanya 45 persen pria berumur 18 sampai 24 tahun yang menggunakan kondom ketika berhubungan seks dengan pasangannya.

Dan ketika bentangan umurnya bertambah, angka ini menjadi lebih mengkhawatirkan. Hanya 29.3 persen pria di bentang umur 25 sampai 34 tahun menggunakan kondom. Kemudian hanya 21.3 persen pria bentang umur 35 sampai 44 tahun yang menggunakan kondom ketika berhubungan seks bersama pasangan.

Sumber:

15 Ways You’re Using Condoms Wrong. https://www.menshealth.com/sex-women/g19546393/15-condom-mistakes-youre-making/. Dilansir dari 30 Oktober 2017.

Leave a comment