Auto Glowing! 9 Manfaat Olive Oil untuk Kulit dan Rambut

Kita mungkin sering mendengar manfaat minyak zaitun atau olive oil dalam makanan. Namun, sudahkah Anda mendengar manfaat olive oil untuk kecantikan? Rupanya bahan kaya nutrisi satu ini juga punya segudang manfaat untuk kulit dan rambut. Apa saja?

Auto Glowing! 9 Manfaat Olive Oil untuk Kulit dan Rambut

MINYAK zaitun biasanya digunakan untuk memasak atau untuk salad dressing. Karena itulah, manfaat minyak zaitun kerapkali dikaitkan dengan pemenuhan nutrisi tubuh atau sebagai sumber lemak yang baik bagi tubuh. Namun, rupanya, manfaat olive oil untuk kecantikan juga ada. Tak baru muncul beberapa tahun belakangan, manfaat olive oil untuk kecantikan telah dieksplorasi sejak dulu kala. Mungkin bisa dibilang sejak zaman Cleopatra berkuasa.

Nah, apa saja manfaat olive oil untuk kecantikan, khususnya untuk kulit dan rambut? Inilah beberapa manfaat minyak zaitun untuk kulit dan rambut yang mesti Anda tahu, berikut dengan cara pakai minyak zaitun yang tepat.

Perawatan Rambut sebelum Sampo

Sebelum mencuci rambut dengan sampo, aplikasikanlah minyak zaitun untuk rambut yang lebih sehat. Anda bisa menghangatkan minyak zaitun dalam microwave atau dengan merendamnya di dalam air panas. Aplikasikan di kulit kepala hingga ujung rambut. Diamkan hingga 20 menit lalu bilas dengan sampo.

Lip Scrub

Olive oil juga baik untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Cara pakai minyak zaitun untuk bibir adalah dengan mencampurkannya dengan gula kasar agar berfungsi sebagai lip scrub. Tambahkan pula perasan lemon jika Anda menginginkan sensasi masam nan segar. Oleskan di bibir untuk mengangkat sel kulit mati.

Menghapus Riasan

Untuk menghapus riasan dengan minyak zaitun, campurkanlah olive oil dengan produk lain yang berbahan dasar minyak. Kombinasi ini akan menjadi senjata yang ampuh untuk membasmi make up mata yang membandel. Setelah mengusapkannya ke wajah dan berhasil menghapus riasan mata, bilaslah wajah dengan air hangat dan sabun cuci muka.

Mengilapkan Rambut

Anda tak perlu membeli produk perawatan rambut ekstra untuk hasil akhir rambut yang berkilau. Setelah tuntas menata rambut, gosokkan saja beberapa tetes minyak zaitun untuk mendapatkan rambut yang berkilau.

Pereda Eksim

Minyak zaitun adalah bahan yang sempurna untuk menuntaskan kulit kering. Karena bahan satu ini adalah bahan alami, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk penyembuh eksim loh!

Mengatasi Ruam Popok

Tak hanya orang dewasa, minyak zaitun juga bermanfaat bagi bayi loh. Bayi, terutama bayi baru lahir, biasanya rentan mengalami ruam popok. Nah, minyak zaitun adalah salah satu bahan alami yang aman digunakan untuk meredakan ruam popok sekaligus melembapkan kulit.

Meremajakan Kulit Tangan

Kulit telapak tangan kerapkali terasa kering sehabis mengerjakan pekerjaan berat. Untuk kembali menyegarkan dan melembapkannya, Anda bisa mengambil beberapa tetes minyak zaitun lalu usap-usapkan ke seluruh permukaan dan telapak tangan. Cara ini dapat meremajakan kulit tangan Anda.

Melunakkan Kutikula

Kutikula kadangkali terasa mengganggu dan terasa perih jika terangkat. Untuk menghilangkan gangguan ini, Anda bisa mengusapkan minyak zaitun ke kutikula untuk melunakkannya. Kutikula yang melunak akan lebih mudah untuk ditangani.

Melembapkan Telapak Kaki

Telapak kaki sering terlihat pecah-pecah? Manfaatkanlah minyak zaitun. Untuk melembapkan kulit kaki, aplikasikan minyak zaitun sebelum tidur ke kulit telapak kaki yang kering. Pijat dengan lembut kemudian kenakanlah kaos kaki semalaman selama tidur. Cara ini bisa meremajakan kembali kulit telapak kaki Anda. 

Itulah beragam manfaat minyak zaitun untuk kulit dan rambut. Selamat mencoba!

Kembali ke FAVO Journal