Apakah Anda Yakin Sudah Mengonsumsi Multivitamin Dengan Benar?

Apakah Anda Yakin Sudah Mengonsumsi Multivitamin Dengan Benar?

Apakah Anda sering minum multivitamin? Apa yang terlintas di pikiran Anda saat mendengar kata multivitamin? Anda mungkin akan berpikir bahwa multivitamin adalah suplemen yang baik untuk sistem kekebalan tubuh dan penambah energi. Pernahkah Anda bertanya apakah multivitamin perlu atau tidak untuk dikonsumsi?

Apakah Anda Yakin Sudah Mengonsumsi Multivitamin Dengan Benar?

BAGI sebagian orang, pola makan sehat belum cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Oleh karena itu, mereka mengonsumsi multivitamin untuk menyeimbangkan asupan nutrisi yang masuk

Anda sebaiknya memahami lebih jauh tentang tips kesehatan dalam mengonsumsi multivitamin sehingga Anda dapat mengonsumsinya dengan benar dan tidak membahayakan kesehatan.

Manfaat Multivitamin

Secara umum, manfaat mengonsumsi multivitamin dapat dikategorikan menjadi dua. Pertama, multivitamin bermanfaat untuk melindungi tubuh Anda dari kekurangan vitamin dan mineral yang terjadi akibat makan yang tidak teratur dan komposisi nutrisi yang tidak seimbang saat makan.

Kedua, multivitamin dapat menyeimbangkan nutrisi dari makanan dengan energi yang kita keluarkan saat beraktivitas atau saat sedang sakit.

Baca juga : Apakah Jenis Suplemen Vitamin dan Mineral yang Diperlukan Tubuh Anda?

Waktu untuk Mengonsumsi Multivitamin

Anda tidak perlu mengonsumsi multivitamin setiap hari. Anda sebaiknya mengonsumsi multivitamin jika Anda merasa bahwa tubuh kekurangan vitamin dan mineral yang biasanya ditAndai dengan mudah lelah saat beraktivitas dan mudah terinfeksi penyakit.

Tips kesehatan untuk mengonsumsi multivitamin adalah sebaiknya Anda mengonsumsi multivitamin setelah makan karena tubuh lebih mudah menyerap nutrisi setelah makan. Hindari mengonsumsi vitamin setelah minum minuman berkafein.

Hal tersebut disebabkan kandungan zat dalam minuman kafein dapat memperlambat penyerapan vitamin khususnya vitamin D.

Selain itu, jika Anda mengonsumsi multivitamin yang mengandung zat besi bersamaan dengan minuman berkafein, tubuh Anda akan sulit untuk menyerap 80% zat besi sehingga dapat menyebabkan anemia dan mudah lelah saat beraktivitas.

Baca juga : Kenali Tanda-Tanda Tubuh Anda Kekurangan Vitamin

Cara Mengonsumsi Mutivitamin

Sebelum mengonsumsi multivitamin, Anda sebaiknya selalu cek tanggal kadaluarsanya. Simpan multivitamin dalam tempat yang kering, sejuk, dan hindari tempat yang lembab dan mudah terkena sinar matahari. Hindari juga penyimpanan multivitamin dari jangkauan anak-anak.

Untuk tata cara minum multivitamin, Anda dapat memilih bentuk pila atau kapsul dan dalam bentuk cair. Salah satu keunggulan dari multivitamin cair adalah lebih mudah diserap tumbuh dibandingkan multivitamin dalam pil dan kapsul.

Lihat juga koleksi multivitamin wanita di AsmaraKu

Jika Anda sedang hamil, menyusui, mengalami penyakit kronis, dan memiliki alergi tertentu pada zat sintesis tertentu yang terkandung dalam multivitamin, Anda sebaiknya konsultasi pada dokter tentang tata cara mengonsumsi multivitamin dan jenis multivitamin yang harus dikonsumsi.

~product~

Perlukah Mengonsumsi Multivitamin?

Mengonsumsi multivitamin memang baik untuk tubuh karena dapat melengkapi nutrisi yang masuk dalam tubuh. Namun, alangkah baiknya jika Anda lebih mengatur pola makan yang sehat dan menghindari mengonsumsi multivitamin secara terus menerus.

Baca juga : Suplemen Stamina Tubuh untuk Workaholic

Faktanya, Anda tidak sepenuhnya memerlukan multivitamin untuk sistem kekebalan tubuh dan penambah energi karena resiko tersebut dapat dicegah dengan melakukan beberapa tips kesehatan diantaranya menyeimbangkan asupan nutrisi pada makanan yang masuk dalam tubuh, melakukan olahraga rutin, hindari kebiasaan merokok, serta menghentikan kebiasaan buruk lainnya yang dapat merusak sistem kerja tubuh.

Beberapa ahli mengungkapkan bahwa cara yang paling tepat untuk melengkapi nutrisi adalah makan yang teratur. T. Colin Campbell, Ph.D, seorang profesor di Cornell University mengatakan bahwa mengonsumsi multivitamin terkesan hanya menghamburkan uang.

Dia berpendapat bahwa Anda hanya harus fokus pada kandungan nutrisi pada makanan yang Anda makan. Multivitamin dalam dosis tinggi juga dapat membahayakan kesehatan. Jika Anda pengidap kanker atau pernah mengidap kanker, mengonsumsi multivitamin hanya dapat mempercapat pertumbuhan sel kanker.

Lihat juga koleksi multivitamin pria di AsmaraKu

Pertanyaan apakah multivitamin perlu atau tidak dikonsumsi hanya dapat dijawab oleh Anda sendiri. Jika Anda memang memerlukan suplemen tambahan atau dokter telah menyarankan untuk mengonsumsi multivitamin, maka bijaklah dalam mengonsumsinya.

Leave a comment