Apa yang Terjadi saat Anda Berpelukan dengan Pasangan

Apa yang Terjadi saat Anda Berpelukan dengan Pasangan?

Berpelukan merupakan salah satu bentuk ungkapan rasa sayang pada pasangan. Selain membuat lebih dekat, lebih dari itu berpelukan memiliki manfaat luar biasa yang belum Anda sadari. 

Apa yang Terjadi saat Anda Berpelukan dengan Pasangan

ANDA pasti pernah mendengar bahwa sebuah pelukan dapat menguatkan atau memberi penghiburan pada orang lain. Namun, jika ditelusuri lebih dalam lagi manfaat pelukan tidak hanya sebatas memberikan kekuatan saja.

Berpelukan dapat memberikan manfaat secara fisik maupun psikis. Bahkan, berpelukan juga merupakan salah satu cara meningkatkan libido, lho.

Jika pelukan dengan orang tua atau sahabat bisa memberikan kekuatan dan kehangatan, tentu Anda ingin mengetahui manfaat yang diperoleh ketika berpelukan dengan pasangan, bukan?

Nah, berikut ini adalah sejumlah hal yang terjadi ketika Anda berpelukan dengan pasangan.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ketika pasangan sedang sakit, pelukan yang Anda berikan justru bisa memberikan kekuatan baginya untuk segera sembuh. Ya, berpelukan ternyata bisa membuat sistem kekebalan tubuh meningkat.

Di samping sebagai bentuk untuk menguatkan orang yang sakit, berpelukan juga bisa akan meningkatkan sistem imunitas agar dapat melawan infeksi virus atau bakteri penyebab penyakit.

2. Meningkatkan Libido

Bingung mencari cara meningkatkan libido? Cobalah untuk lebih sering berpelukan dengan pasangan. Manfaat cuddle adalah melepaskan dopamin, hormon yang meningkatkan hasrat seksual manusia.

Jadi, sebelum melakukan hubungan intim tak ada salahnya untuk cuddling terlebih dahulu agar gairah seksual jadi meningkat dan permainan ranjang pun jadi lebih memuaskan.

Mug Couple Magic Mrs Right, Rp 129.000,- ; Beli di sini

3. Mengurangi Rasa Cemas

Sebagai pasangan suami istri, Anda harus menguatkan satu sama lain ketika mengalami kesusahan. Terkadang sebuah permasalahan yang dialami oleh pasangan bisa membuatnya merasa cemas.

Berpelukan adalah sebuah terapi sentuhan fisik yang dapat mengurangi kecemasan dan stres. Sentuhan fisik bisa melepaskan hormon oksitosin, hormon yang bisa memberikan ketenangan.

So, cara menghangatkan hubungan ketika pasangan Anda merasa cemas dan stres adalah dengan memeluknya sehangat mungkin.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Anda atau pasangan memiliki tekanan darah tinggi? Selain menjaga pola makan dan olahraga, cobalah untuk lebih sering berpelukan. S

ebuah studi yang diterbitkan di Biological Psychology, menemukan wakta bahwa wanita yang menopause memiliki tekanan darah yang menurun setelah dipeluk oleh pasangannya.

Manfaat cuddle yang satu ini memang harus Anda coba agar tidak perlu mengalami penyakit-penyakit yang disebabkan oleh hipertensi.

Baca juga: Kata-Kata Romantis Ini Bakal Bikin si Dia Luluh

5. Denyut Jatung Melambat

Apa yang terjadi ketika Anda dan pasangan berpelukan? Apakah jantung berdetak lebih cepat seperti di film-film drama?

Faktanya, sebuah studi melakukan penelitian dengan mengukur denyut jantung pasangan yang sedang berpelukan dan menemukan fakta dimana denyut jantung mereka justru melambat.

Hal ini juga disebabkan karena pelepasan hormon oksitosin di dalam tubuh. Tentu saja Anda akan merasa lebih tenang dan aman ketika berpelukan dengan pasangan.

Perasaan tenang inilah yang akan membuat denyut jantung berdenyut lebih lambat dari biasanya.

Make It Official Bicycle Pillow, Rp 155.000,- ; Beli di sini

6. Rasa Sakit Berkurang

Manfaat berpelukan yang terakhir adalah mampu mengurangi rasa sakit. Sakit yang Anda rasakan secara fisik maupun psikis juga akan berkurang ketika pasangan memeluk Anda.

Lagi-lagi ini dipengaruhi oleh hormon oksitosin. Itulah sebabnya mengapa berpelukan bisa menjadi cara menghangatkan hubungan. Pasalnya, ketika Anda merasa sakit, pelukan dari pasangan akan terasa seperti sebuah obat yang mengurangi rasa sakit.

 

Manfaat cuddle ini mungkin sudah pernah Anda rasakan sebelumnya, hanya saja tidak menyadari bahwa hal-hal yang terjadi di atas disebabkan karena pelukan dari pasangan.

Mengingat manfaat berpelukan ini positif dan dapat menghangatkan hubungan pasutri, tak ada salahnya jika Anda berpelukan sesering mungkin dengan pasangan.

Nah, sudahkah Anda memeluk pasangan hari ini? Jika belum, segera peluk pasangan Anda dengan hangat.

Leave a comment