Apa itu Kapalan dan Bagaimana Mengatasinya?

Apa itu Kapalan dan Bagaimana Mengatasinya?

Apakah Anda pernah mengalami kapalan? Seberapa jauh Anda memahami tentang kapalan dan cara mengobati kapalan? Kapalan adalah penebalan kulit dan bukan tergolong penyakit serius. Namun kapalan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, mengganggu penampilan dan rasa nyeri pada saat berjalan jika kapalan muncul pada kaki atau tumit.

Apa itu Kapalan dan Bagaimana Mengatasinya?

CALLUS atau Keratomas yang biasa dikenal dengan sebutan kapalan adalah penebalan atau pengerasan kulit karena terjadi iritasi atas respon pertahanan kulit terhadap tekanan atau gesekan pada area kulit tertentu.

Kapalan biasanya muncul pada bagian telapak kaki karena bagian tersebut yang berinteraksi langsung dengan alas kaki atau sepatu.

Pemilihan ukuran dan model alas kaki atau sepatu yang salah dapat menyebabkan kapalan pada kaki. Kapalan juga dapat muncul pada tumit, tangan, dan jari.

Orang yang sering mengalamai kapalan di antaranya pemain gitar, penabuh drum, pemain bulutangkis, dan pekerja kasar. Pada umumnya, kulit akan berwarna kekuningan jika mengalami kapalan.  

Gejala Kapalan

Pada dasarnya, kapalan memiliki ukuran serta bentuk bermacam-macam. Berikut beberapa gejala kapalan yang biasa muncul pada kulit:

  • Sebagian kulit pada kaki, tumit, tangan, atau jari terasa kasar, tebal, dan keras.
  • Rasa nyeri saat menyentuh bagian telapak kaki atau saat berjalan jika kapalan muncul pada kaki
  • Muncul benjolan yang mengeras pada area kulit bagian tubuh tertentu
  • Kulit menjadi kering dan pecah-pecah

Namun, bagi Anda yang menderita diabetes atau sirkulasi darah yang buruk, sebaiknya konsultasikan pada dokter tentang gejala dan cara pengobatan kapalan karena bagi penderita dua penyakit tersebut, cidera kecil pada bagian tubuh tertentu dapat menyebabkan infeksi dan peradangan.

Baca juga : Cara Mudah Merawat Telapak Kaki

Penyebab Kapalan

Penyebab kapalan biasanya area kulit tertentu mengalami tekanan secara berlebihan sehingga secara otomatis kulit akan menebal untuk melindungi jaringan kulit di bawahnya. Namun, terdapat beberapa kasus kapalan yang muncul karena jenis kulit seseorang.

Misalnya, orang lanjut usia memiliki resiko tinggi memiliki kapalan disebabkan jaringan lemak pada kulit mereka tidak dapat berfungsi secara maksimal.

Beberapa kegiatan yang dapat memicu seseorang memiliki kapalan di antaranya sering memainkan alat musik atau kegiatan menggunakan tanggan seperti menulis dan menjahit, menggunakan sepatu yang tidak nyaman, tidak menggunakan kaus kaki atau sarung tangan, dan minimnya perawatan kaki setelah melakukan aktivitas seharian.

Jika Anda tidak yakin atas penyebab kapalan pada kulit Anda, segera konsultasikan pada dokter ahli kulit untuk menghindari infeksi dan peradangan pada kulit.

Lihat juga koleksi produk perawatan kaki di AsmaraKu

Cara Mengobati Kapalan

Pengobatan kapalan dapat dilakukan di rumah dan secara medis. Cara mengobati kapalan sederhana yang dapat dilakukan di rumah yaitu rendam area kulit kapalan dengan air hangat kurang lebih selama 20 menit lalu gosok kulit kapalan menggunakan batu apung. Lakukan langkah tersebut hingga kapalan menghilang.

Perlu diperhatikan jangan sekali-kali menggunting kulit kapalan menggunakan gunting atau benda tajam lainnya karena dapat menimbulkan infeksi kulit.

Jika kapalan masih terasa nyeri walaupun telah diberikan pengobatan di rumah, maka Anda harus konsultasi pada dokter ahli kulit untuk mendapatkan pengobatan secara medis.

Cara mengobati kapalan secara medis yang biasa dilakukan diantaranya pemotongan kulit keras, pemberian plester anti kapalan atau biasa disebut plester salisitas, penggunaan salep antibiotik, pemberian sepatu khusus jika kapalan muncul pada telapak kaki, dan operasi jika terjadi perubahan posisi struktur tulang akibat tulang.

Namun, jika pemeriksaan fisik tidak dapat memastikan penyebab kapalan, dokter biasanya akan menyarankan Anda untuk melakukan tes sinar X.

Lihat juga koleksi obat kapalan di AsmaraKu

Anda juga dapat melakukan pencegahan secara dini untuk menurunkan resiko terkena kapalan diantaranya perawatan kaki dengan rutin mencuci kaki menggunakan air hangat, mengoleskan krim pelembab pada kulit kaki, menggunakan sepatu yang nyaman dipakai, menggunakan sarung tangan atau kaos kaki saat beraktivitas, dan menggunakan produk khusus yang dapat menghilangkan kulit kapalan.

Baca juga : Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah dengan Bahan-Bahan Alami

 

Leave a comment