8 Manfaat Pijat Bagi Kesehatan

8 Manfaat Pijat Bagi Kesehatan

Jika leher Anda terasa kaku, pijatan yang hangat akan sangat terasa nikmat dan meringankan. Terapi pijat tidak hanya untuk relaksasi tetapi juga manfaat pijat dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

8 Manfaat Pijat Bagi Kesehatan

CARAĀ mengobati sakit punggung yang ampuh salah satunya adalah dengan cara terapi pijat.

Manfaat pijat dapat merelaksasi otot yang tegang dan kaku, otot yang tegang dan kaku ini dapat membuat tubuh Anda merasa sakit atau berat.

Tahukah Anda bahwa memijat tubuh mempunyai manfaat kesehatan? Berikut adalah 8 manfaat dari pijat:

Buang Air Besar Lebih Mudah

Anda mengalami kesulitan ketika buang air besar? Terapi pijat dapat membuat urusan buang hajat menjadi lebih mudah.

Menurut penelitian yang dipublikasikanĀ  dalam International Journal of Nursing Studies, terapi pijat dapat membantu mereka yang mengalami konstipasi.

Para peneliti melakukan studi eksperimen terhadap 60 orang yang mengalami konstipasi, 60 orang ini kemudian dibagi menjadi ke dalam dua grup.

Satu grup diberikan obat pencahar dan pijat pada bagian perut sedangkan satu grup lainnya hanya diberika obat pencahar.

Setelah delapan minggu, orang-orang yang terdapat pada grup yang menerima terapi pijat melaporkan gejala gastrointenstinal yang tidak terlalu parah serta rasa sakit pada perut yang juga tidak separah sebelumnya dibandingkan dengan grup yang hanya diberikan obat pencahar. Mereka juga mengaku frekuensi buang air besarnya lebih sering.

Melawan Penyakit

Manfaat pijat dapat menembus ke dalam tubuh. Tidak hanya memberikan rasa nyaman, orang yang mendapatkan terapi pijat Swedia menunjukkan perubahan pada respon sistem imun mereka menurut studi yang dilakukan oleh Cedars-Sinai Medical Centre.

Khususnya, mereka mengalami peningkatan limfosit, yakni sel darah putih yang membantu melawan infeksi.

Meringankan Sakit Punggung

Sakit punggung bagian bawah yang kronis sangat sulit disembuhkan dan menurut pedoman yang baru, Anda tidak boleh langsung sembarangan saja meminum obat.

Cara mengobati sakit punggung yang aman dan bebas obat adalah dengan dipijat. Sebuah studi menemukan bahwa sebanyak 50% orang yang menerima terapi pijat sebanyak 10 sesi mengalami perbaikan signifikan pada sakit punggungnya.

Tidur Lebih Nyenyak

Orang yang mengalami sakit punggung biasanya juga mengalami gangguan tidur, akan tetapi pijat juga dapat membantu masalah ini. Di sekolah dokter Universitas Miami, AS dilakukan studi pada 30 orang dengan penyakit punggung yang kronis, mereka diberikan terapi pijat selama 30 menit dua kali seminggu selama 5 minggu.

Mereka mengalami peningkatan kualitas tidur karena tidak sering terbangun pada malam hari. Terapi pijat yang mengurangi rasa sakit di punggung juga berpengaruh terhadap tidur sehingga menjadi lebih nyenyak.

Menghilangkan Nyeri Pasca Olahraga

Tentu Anda pernah merasakan nyeri otot akibat berolahraga terlalu berat. Nah, nyeri otot ini dapat diatasi dengan dipijat.

Mereka yang mendapatkan pijat selama 10 menit di otot yang sakit pasca berolahraga mendapati sakitnya banyak berkurang.

Meningkatkan Suasana Hati

Merasa mood menjadi naik setelah mendapat terapi pijat? Ternyata ini bukan hanya placebo belaka! Terapi pijat memang dapat membuat Anda merasa lebih senang dan perasaan ini juga membantu mereka yang mengalami depresi.

Peneliti dari Taiwan menyimpulkan bahwa terapi pijat secara signifikan mengurangi gejala depresi. Namun studi ini masih harus dikembangkan untuk mengetahui jenis pijat apa yang paling efektif.

Meredakan Rasa Cemas

Mereka yang menderita Generalized Anxiety Disorder (GAD) juga bisa mendapatkan manfaat dari pijat menurut studi dari Emory University. Setelah 6 minggu mendapatkan pijat Swedia, pasien yang menderita GAD mengalami penurunan signifikan pada skor Hamilton Anxiety Rating Scale, yang mengukur rasa khawatir, tegang, insomnia, takut, mulut kering dan kegelisahan

Menurunkan Tekanan Darah

Setelah melakukan sesi pijat, Anda mungkin merasa sangat relaks. Sesi pijat juga berpengaruh terhadap tekanan darah.

Wanita yang menderita tekanan darah tinggi, mengalami tekanan darah yang turun setelah mendapatkan pijat Swedia selama 10 sampai 15 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Baca juga: Relaksasi dengan Bali Alus Massage Oil

Leave a comment