8 Bahan Ini Bisa Buat Rangkaian Bunga Mawar Tahan Lama!

8 Bahan Ini Bisa Buat Rangkaian Bunga Mawar Tahan Lama!

Memiliki sebuket bunga mawar untuk dipajang dalam vas memang dapat menyegarkan mata dan membuat ruangan terasa lebih hidup. Sayang, selang satu minggu mawar perlahan akan layu dan akhirnya dibuang. 

8 Bahan Ini Bisa Buat Rangkaian Bunga Mawar Tahan Lama!

BAGI Anda yang ingin memiliki bunga mawar segar lebih lama, seorang pakar bunga hias, Cheri Tauton-Garner, belum lama ini membocorkan rahasia tentang bagaimana cara mengawetkan rangkaian bunga mawar agar hidup lebih lama di dalam vas.

Secara umum, Garner menyarankan para penggemar bunga mawar untuk menguliti semua unsur hijau yang terdapat pada bunga yang ingin dipajang. Unsur hijau yang dimaksud disini adalah, pada bagian tangkai bunga mawar yang akan dimasukkan ke dalam vas berisi air.

Selain itu, Dia juga menyarankan agar Anda sering mengganti air di dalam vas, memotong bagian bawah tangkai mawar yang akan menyerap air setiap hari, dan menjauhkan vas mawar dari panas atau cahaya matahari secara langsung.

"Bunga-bunga itu sangat suka di tempat sejuk," ungkap Garner. "Saat hidup dia sangat butuh cahaya matahari untuk berkembang, tapi saat sudah dipetik, dia tidak lagi membutuhkannya."

Nah, selain mengganti air dalam vas secara rutin, berikut 8 bahan yang mampu membuat buket bunga mawar Anda lebih tahan lama. 

1. Aspirin

Penggunaan aspirin pada bunga memang janggal terdengar. Tapi jika ditelisik secara ilmiah, ternyata aspirin memiliki zat penawar asam, yang sangat berguna untuk membantu rangkaian bunga mawar hias untuk dapat tetap menyerap air ketika sudah diletakkan di dalam vas.

Caranya cukup mudah, Anda cukup larutkan 325 miligram tablet aspirin ke dalam air bersih. Setelah itu masukkan larutan aspirin tersebut ke dalam vas yang ingin Anda gunakan. Selanjutnya, Anda harus mengganti air berlarutan aspirin tersebut secara rutin setiap hari, untuk mempertahankan kesegaran dan kecantikan rangkaian bunga mawar hias Anda sampai 5 hari kedepan.

2. Koin Logam

jual rangkaian bunga dalam vas terlengkap

Kabarnya, reaksi logam dan air dapat mencegah datangnya bakteri di dalam air. Garner mengungkapkan bahwa cara ini sudah terbukti lama, namun tak lagi pernah digunakan belakangan ini.

Caranya cukup mudah, Anda cukup masukkan satu koin logam yang cukup cerah warnanya ke dalam vas buket bunga mawar Anda. Hasilnya, buket mawar Anda akan bertahan cantik selama seminggu.

3. Pemutih

Pemutih diklaim mampu memperlambat tumbuhnya bakteri yang dapat membusukkan karangan bunga mawar. Caranya mudah, Masukkkan ┬╝ sendok teh pemutih ke dalam vas di hari pertama dan lakukan hal yang sama di hari selanjutnya, saat Anda sudah mengganti vas dengan air yang baru.

Hasilnya, pemutih tidak merubah warna karangan bunga mawar secara langsung, namun efek pemutih pada bunga akan terlihat secara perlahan beberapa hari setelahnya. Untuk jenis bunga mawar merah, warnanya mampu bertahan hingga 8 hari saat menggunakan cara ini.

Dapatkan 15 Red Roses In Vase dengan harga Rp 495.000,- Beli di sini

4. Gula

Larutan air gula bisa juga dianggap seperti pupuk untuk bunga, meskipun nantinya akan mengkristal dan menyebabkan tumbuhnya bakteri dan jamur jika digunakan terlalu lama. Caranya, larutkan ┬╝ sendok teh gula ke dalam air di dalam vas, dan lakukan hal yang sama di hari berikutnya, setelah Anda mengganti vas dengan air yang baru.

Hasilnya, karangan bunga mawar dapat bertahan, namun ada kesan layu di sebagain sisinya. Dengan cara ini buket mawar mampu bertahan hingga 9 hari.

Baca juga: Mengapa Bunga Mawar Merah Begitu Populer?

5. Air Bersih

Air bersih adalah cara paling sederhana untuk mempertahankan kecantikan rangkaian bunga mawar. Banyak toko bunga yang merekomendasikan cara ini, asal Anda harus rajin menggantinya setiap hari. Hasilnya, karangan bunga mawar mampu mempertahankan kecantikannya hingga 9 hari.

6. Cuka

Larutan cuka kabarnya mampu membunuh bakteri yang membahayakan pada bunga mawar. Tapi ingat, jangan terlalu banyak, karena buket bunga mawar dapat terkontaminasi akibatnya. Caranya, larutkan ┬╝ sendok teh cuka ke dalam air dalam vas dan lakukan hal yang sama di hari berikutnya, setelah Anda mengganti vas dengan air yang baru.

Hasilnya, buket bunga mawar tidak berubah warna dan buket bunga mawar mampu bertahan hingga 8 hari.


7. Pupuk Bunga

Pupuk bunga adalah makanan yang memang difokuskan untuk melengkapi nutrisi pada bunga mawar. Ada anggapan jika menggunakan pupuk ini bunga hias terutama mawar akan bertahan lebih lama.

Caranya, ikuti petunjuk yang ada di kemasan pupuk. Larutkan pupuk dengan air hangat, lalu masukkan ke dalam vas. Lakukan hal yang sama di hari berikutnya, setelah Anda mengganti vas dengan air yang baru. Hasilnya, rangkaian bunga mawar mampu bertahan lama, dan perlahan mulai layu dan mati di hari ke 9.

Dapatkan 2 Dozen of Red and Pink Roses In A Glass Vase dengan harga Rp 495.000,- Beli di sini

8. Air Soda 

Tips ini berasal dari seorang desainer interior bernama Tamara Sayago-Dunner. Garner mengungkapkan bahwa cara ini bisa dibilang adalah cara kasual dan modern, hasil kombinasi antara zat asam, air, gula dan soda. Caranya, tuangkan air soda ke dalam vas dan gantilah soda setiap hari dengan soda yang baru.

Hasilnya, Ya, inilah cara yang paling tahan lama, dengan cara ini karangan bunga mawar tetap cantik dan mampu bertahan hidup hingga 12 hari!

Baca juga: Cara Memanfaatkan Rangkaian Bunga yang Sudah Layu 

Leave a comment