8 Alasan Mengapa Anda Kurang Berenergi

8 Alasan Mengapa Anda Kurang Berenergi

 Kurang tidur bukanlah satu-satunya alasan yang membuat tubuh cepat lelah. Hal yang kecil yang Anda lakukan (dan tidak dilakukan) ternyata bisa membuat Anda kelelahan secara mental maupun fisik. Apakah Anda sering merasa saat baru bangun dari tidur yang lama tapi seperti tidak memiliki energi untuk bangun? Atau Anda sering kali melewatkan waktu untuk berolahraga karena merasa lelah sepanjang waktu? Bisa jadi ini indikasi bahwa Anda merasa kelelahan.

8 Alasan Mengapa Anda Kurang Berenergi

WAJAR apabila Anda sudah merasa lelah setelah seharian bekerja keras. Namun yang harus Anda sadari adalah kita bisa merasa lelah sepanjang waktu walaupun tidak melakukan kegiatan apapun sehingga tidak memiliki semangat hidup. Hal ini bukanlah pertanda yang baik. Berikut ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

 

Anda tidak cukup tidur

Tidur bukan hanya tentang istirahat. Ada banyak hal yang terjadi saat Anda tertidur. Contoh kasus: hormon pertumbuhan manusia. Hormon pertumbuhan, protein yang dibuat oleh kelenjar pituitari berperan dalam membuat otot menjadi sehat dan tulangnya kuat. Ini mempengaruhi bagaimana tubuh kita mengumpulkan lemak (terutama di sekitar area perut) dan ini membantu menyeimbangkan rasio kolesterol baik dengan kolesterol jahat. Ini juga penting untuk fungsi otak normal.

Tidak cukup itu dapat menyebabkan kelelahan, penurunan kekuatan dan stamina serta gejala depresi. Hal ini dikarenakan hormon pertumbuhan disekresikan terutama saat kita tidur, tujuh setengah jam atau delapan jam berkualitas tinggi. Menutup mata setiap malam akan membantu menjaga berat badan dan menurunkan rasa sakit serta meningkatkan energi Anda dan mendapatkan hidup sehat.

 

Terlalu banyak mengonsumsi junk food

Kita menganggap gula sebagai cara cepat untuk meningkatkan energi tapi dalam jangka panjang justru sebaliknya. Padahal, glukosa, dekstrosa, maltosa, dan sukrosa akan membuat Anda menjadi lamban. Penelitian menunjukkan bahwa makanan cepat saji juga menempatkan Anda dalam sistem biologis yang lebih lambat. Untuk itulah, hindari mengonsumsi junk food terlalu banyak untuk mendapatkan hidup sehat. Cobalah makan makanan berenergi sepanjang hari ini.

 

Tidak cukup minum air putih

Banyak orang tidak dapat mengidentifikasi kapan kelelahan mereka disebabkan oleh dehidrasi. Segelas air mungkin adalah hal yang Anda butuhkan, bukan gula. Minumlah air yang cukup untuk menjaga kelembaban mulut Anda sepanjang hari dan ingat aturan praktis ini: urin Anda harus berwarna kuning muda. Jika lebih cerah dan kuning gelap, Anda perlu minum lebih banyak air untuk mencegah dehidrasi dan mendapatkan hidup sehat.

 

Kekurangan Vitamin B

Anda membutuhkan Vitamin B untuk mitokondria untuk membantu mengubah glukosa menjadi energi. Kita bisa menyerap Vitamin B dengan baik dalam bentuk cairan atau pil tapi 99% dari kita tidak mendapatkan cukup dari asupan makanan yang kita konsumsi. Cobalah untuk mengonsumsi vitamin di pagi dan sore hari. Ini akan menjaga Anda tetap stabil dan membuat Anda lebih bersemangat.

Jika Anda memiliki gejala kekurangan energi, periksa kadar vitamin B12 serta D Anda dan bagaimanapun, minta mereka memeriksanya setiap tahunnya. Jika Anda menemukan Anda memiliki kasus langka yang tidak menyerapnya dengan baik ke dalam usus dan perut Anda, Anda bisa mendapatkan suntikan injeksi B12

 

Anda terkena infeksi

Infeksi dan pembengkakan bisa menjadi dua domino dalam rangkaian gejala yang menyebabkan Anda kelelahan. Salah satu tujuan Anda adalah memonitor tubuh Anda sehingga infeksi tidak berlangsung lama. Jadi apa yang bisa Anda lakukan? Floss secara teratur untuk menurunkan risiko peradangan gusi Anda. Kurangi sinusitis dengan panci neti. Gunakan probiotik untuk mengobati prostatitis, vaginitis dan infeksi usus. Dengan infeksi virus, sering menyuci tangan, tidur, dan menghindari lemak jenuh dan gula dapat membantu secara sederhana.

 

Anda perlu bergerak lebih banyak

Anda bisa memulai energi dengan aktivitas sesederhana berjalan. Saat Anda bergerak, oksida nitrat dilepaskan dari lapisan arteri untuk memungkinkan darah bergerak bebas melalui pembuluh darah Anda. Ini membantu mendapatkan lebih banyak nutrisi ke sel Anda. Tubuh Anda merespons tindakan Anda. Jadi, apabila Anda mengatakan kepada tubuh bahwa Anda tengah menonton serial TV sepanjang malam, itu akan menurunkan produksi energi. Jika Anda mengatakan kepada tubuh Anda bahwa Anda perlu jalan pagi yang cepat, itu akan merespons dengan memberi Anda energi yang Anda butuhkan untuk melakukan hal itu.

 

Hormon Anda kehabisan makanan

Ada banyak hormon yang memengaruhi bagaimana energi yang Anda rasakan. Hormon diibaratkan seperti cahaya pada lampu depan. Bila Anda membutuhkan lampu terang, Anda menghidupkan hormon tertentu untuk meningkatkan energi ke area itu dan mengurangi penggunaan di tempat lain. Penyesuaian dimulai dengan hipotalamus dan hipofisis. Dua sumber utama masalah adalah kelenjar tiroid dan kelenjar adrenal yang berfungsi lambat. Sedangkan untuk hormon adrenal, lakukan tes kecil ini: Bila Anda lapar, apakah Anda dengan cepat beralih ke perasaan sangat mudah tersinggung dan kelaparan jika Anda tidak makan, Anda akan melakukan tindak kejahatan? Ini adalah tanda bahwa kelenjar adrenal Anda mungkin tidak bekerja dengan benar.


Anda resisten terhadap insulin

Resistensi insulin - pendahulu diabetes – membuat Anda kesulitan mendapatkan gula (bahan bakar tubuh kita) ke pabrik produksi energi. Sebaiknya distribusikan gula ke dalam penyimpanan lemak daripada menyimpannya dalam sel yang membutuhkannya untuk menghasilkan energi.

 

Nah, itu dia alasan mengapa Anda seperti seseorang yang kurang berenergi dan tidak memiliki semangat hidup. Jadi, mulai sekarang semangat dan atur pola hidup Anda agar lebih aktif dalam beraktivitas.

Leave a comment