7 Cara Mengatasi Jerawat Hormon Saat Menstruasi

7 Cara Mengatasi Jerawat Hormon Saat Menstruasi

Siklus haid menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Jumlah hormon yang meningkat saat mendekati masa-masa ini adalah pemicunya. Memang tak ada obat menghilangkan jerawat yang timbul karena siklus haid, tapi setidaknya ada 7 cara untuk meminimalisirnya.

Cara mengatasi jerawat hormon saat menstruasi

DUA minggu menjelang siklus haid adalah masa-masa yang tak mengenakkan bagi seorang wanita. Jumlah hormon estrogen, prostaglandins, dan progesteron yang meningkat dapat memicu sejumlah tanda-tanda menstruasi, seperti jerawat, mudah lapar, hingga mudah marah. Namun, dari semuanya itu, tanda-tanda menstruasi yang paling mengganggu penampilan ialah jerawat. Menurut ahli, sulit sekali menemukan cara mengatasi jerawat yang timbul karena hormon menjelang siklus haid. Tapi, ada cara untuk menguranginya. Inilah 7 cara yang dapat Anda coba untuk mengurangi jerawat pada masa pramenstruasi.

Baca Juga: 10 Kebiasaan yang Bisa Bantu Menghilangkan Jerawat 

 

Alat Kontrasepsi

Penyebab jerawat pada masa pramenstruasi ialah peningkatan hormon yang menggila. Oleh karena itu, untuk mengatasi penyebab timbulnya jerawat satu ini, Anda memerlukan sesuatu yang dapat mengendalikan peningkatan hormon. Alat kontrasepsi yang berbentuk pil dapat Anda konsumsi selama masa pramenstruasi. Pil ini memang bukanlah obat menghilangkan jerawat. Tapi, konsumsi pil ini secara rutin dapat mengendalikan peningkatan hormon agar tak terlalu menggila. Pil ini juga akan membantu Anda untuk menekan jumlah minyak berlebih di permukaan kulit. Sayangnya, pil kontrasepsi tidak dapat dipastikan cocok bagi semua orang.

 

Jangan Sentuh Wajah Anda

Salah satu cara mengatasi jerawat ialah dengan mengendalikan diri. Jangan terlalu sering menyentuh wajah Anda. Sebab, bakteri yang menempel pada tangan berpotensi menjadi penyebab timbulnya jerawat bila tertransfer ke kulit wajah. Jerawat akan tumbuh subur bila minyak di wajah Anda bertemu dengan sel kulit mati dan bakteri tadi. Hindari penyebab jerawat satu ini dengan menjauhkan tangan Anda dari wajah. Cuci selalu tangan Anda sebelum mengaplikasikan riasan wajah.

 

Bersihkan Ponsel Anda

Jerawat Anda timbul lebih banyak di daerah pipi dan pelipis? Jangan heran. Ini dapat terjadi bila Anda tak rajin membersihkan layar ponsel Anda. Layar ponsel menyimpan banyak bakteri lebih dari yang Anda tahu. Bila tak dibersihkan, layar ponsel yang kotor berpotensi besar menjadi penyebab jerawat.

Baca Juga: Mengapa Jerawat Selalu Timbul di Tempat yang Sama?

 

Bersihkan Diri Sehabis Berolahraga

Jadwalkan olahraga Anda dengan pasti sehingga Anda dapat menyediakan waktu yang cukup untuk mandi dan membersihkan diri. Keringat yang bercampur dengan minyak dan bakteri sehabis berolahraga sangat mungkin menyebabkan jerawat. Bersihkan diri dengan optimal selepas berolahraga. Tak hanya bagian muka, tapi juga seluruh tubuh hingga ke bagian belakang.

 

Aplikasikan Krim Retinol

Retinol menjadi obat menghilangkan jerawat yang ampuh karena kandungan vitamin A-nya. Anda dapat membeli Retinol di toko obat terdekat. Kandungan vitamin A pada Retinol memungkinkan pori-pori wajah senantiasa bersih dan terhindar dari penyumbatan. Bila aplikasi Retinol bukanlah cara mengatasi jerawat yang ampuh bagi wajah Anda, segera konsultasikan ke dokter.

 

Pertimbangkan Accutane

Bila jerawat Anda cukup membandel dan tidak mengalami perubahan terhadap perawatan apapun, cobalah memakai Accutane. Namun, jangan gunakan sembarangan. Penggunaan produk satu ini harus atas rekomendasi dermatologis profesional karena memiliki pengaruh terhadap riwayat penyakit Anda.

 

Cepatlah Bertambah Tua

Anekdot yang kerap dilontarkan para ahli untuk mengatasi jerawat pada periode menstruasi Anda ialah bertambah tua. Terdengar konyol memang. Namun, ini ada benarnya mengingat potensi jerawat saat menstruasi akan menurun saat Anda beranjak dewasa. Jadi, bila Anda mengalami jerawat menstruasi di usia muda Anda, tenang saja. Ini adalah hal yang normal dan biasa.

 Baca Juga: Hindari Makanan Ini Jika Ingin Tampil Awet Muda

 

 

Leave a comment