7 Alasan Mengapa Anda Harus Mulai Menggunakan Face Oil

7 Alasan Mengapa Anda Harus Mulai Menggunakan Face Oil

Tidak banyak yang menyadari pentingnya memakai face oil. Padahal, produk kecantikan yang satu ini mampu menjaga kelembaban alami pada kulit, termasuk kulit berminyak sekalipun.

7 Alasan Mengapa Anda Harus Mulai Menggunakan Face Oil

JIKA pikiran untuk menaruh minyak pada wajah menimbulkan jerawat yang sangat buruk, pikirkan lagi. Orang Mesir kuno menjaga kulit mereka tetap sehat dan sempurna dengan minyak kelor dan rahasia kecantikan kuno ini nampaknya membuat comeback yang cukup besar saat ini. Sebenarnya, menurut ahli dermatologi, face oil (minyak wajah) adalah hal yang sering kali dilupakan dalam rutinitas perawatan kulit wajah. Ā 

Kuncinya adalah menyadari bahwa tidak semua minyak wajah sama, kata Dr. Rebecca Tung, ketua Divisi Dermatologi di Loyola University of Chicago. Dia menambahkan, ā€œbeberapa dapat memberi nutrisi pada kulit, sementara yang lain berpotensial memicu iritasi sehingga pilihlah dengan bijak.ā€ dan sebelum memulai rejimen, Anda harus selalu memeriksakan diri ke dokter kulit Anda.

Beberapa waktu belakangan ini, face oil tengah menjadi perbincangan di kalangan wanita. Bagi mereka yang memiliki kulit kering, face oil mampu mengembalikan kelembaban alami kulit. Namun tidak sedikit juga yang ternyata meragukan face oil untuk merawat kulit, terutama bagi mereka dengan kulit wajah berminyak. Pemakaian produk kecantikan ini malah membuat mereka khawatir akan membuat minyak semakin berlebih yang memicu timbulnya jerawat.

Pendapat ini tidak sepenuhnya benar lho! Malah, face oil memiliki banyak manfaat. Apa sajakah? Berikut 7 alasan mengapa Anda harus mulai menggunakan face oil sebagai perawatan kulit wajah: Ā Ā 

Mengurangi keriput pada wajah

Terlalu banyak terkena paparan sinar matahari akan membuat Anda cenderung terkena radikal bebas. Hal ini akan menimbulkan keriput dan bintik matahari pada wajah. Beberapa minyak wajah dikemas dengan kandungan antioksidan yang dapat mencegah penuaan lebih lanjut, kata Dr. Tung. Jadi, jika Anda terkena dampak kerusakan dan kekeringan akibat sinar matahari, dia merekomendasikan untuk mencari produk dengan kandungan minyak primrose atau yang mengandung vitamin E, seperti minyak Argan.

Jika kulit Anda cenderung berminyak, Dr. Allison Hanlon, dokter kulit di Nashville, Tennessee, menyarankan Anda untuk menggunakan setetes minyak biji anggur yang dapat berfungsi sebagai anti penuaan, ringan, dan tidak berminyak. Setelah mencuci muka di malam hari, oleskan sedikit minyak pilihan Anda ke dahi, masing-masing pipi, hidung, dan dagu.

Baik untuk kulit kering

Panas akan mengisap kelembaban langsung dari kulit. Minyak adalah obat penawar ideal untuk mengeringkan kulit kering, pipi yang kasar dan kemerahan - dan ini bisa lebih efektif untuk melembabkan daripada lotion dan krim over-the-counter standar Anda. Menggunakan minyak wajah adalah salah satu cara mengatasi kulit kering yang bisa Anda andalkan.

Cara mengatasi kulit kering dan mendapatkan kulit yang lebih lembut, Dr. Hanlon merekomendasikan penggunaan sejumlah minyak kelapa seukuran kacang polong ke area kulit yang kering. Minyak almond dikemas dengan asam lemak omega-3 yang menghidrasi, menjadikannya pilihan tepat untuk Anda yang memiliki kulit sensitif.

Baca juga: 7 Hal yang Menyebabkan Kulit Kering

Melindungi kulit

Karena minyak bersifat lipofilik, mereka bisa menembus jauh ke dalam kulit, menjebak air, sekaligus menjaga racun, dan hal-hal buruk lainnya. Beberapa minyak juga membantu membentengi dan memperkuat penghalang kulit alami kita sendiri. Hal ini sangat penting bagi penghuni kota besar yang membutuhkan perlindungan ekstra terhadap polutan dan kabut asap, sumber keriput yang tidak diinginkan. Pada musim dingin, menggunakan produk dengan minyak biji rosehip yang sangat terkonsentrasi dengan bahan antioksidan adalah solusi yang sangat tepat.

Primer yang sempurna untuk makeup

Minyak seperti biji mandarin dan biji labu yang diaplikasikan pada kulit akan cepat meresap ke area yang paling membutuhkan hidrasi. Ini memberi efek langsung dan menciptakan kanvas yang sempurna untuk makeup Anda serta menghaluskan kulit Anda. Dengan begitu, makeup yang Anda aplikasikan akan semakin terlihat sempurna.

Mengecilkan pori-pori yang membesar

Higher-end oils seperti macadamia, jojoba, dan kamelia benar-benar mengeluarkan kotoran serta lemak dari pori-pori sehingga membuatnya tampak lebih kecil dan kurang terlihat. Sayangnya, minyak yang tersedia di toko dapat membuat pori-pori tersumbat. Untuk itulah, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter kulit Anda sebelum mencoba jenis minyak lainnya.

Mengatasi ruam

Banyak minyak memiliki sifat anti-inflamasi juga membantu mengatasi kulit yang teriritasi. Minyak argan dan yang sangat ideal untuk iritasi yang diikuti dengan penggunaan produk anti penuaan yang populer seperti asam retinol atau asam alfa hidroksi. Minyak Geranium juga memiliki efek luar biasa dalam

Menghilangkan jerawat

Percaya atau tidak, minyak pohon teh sangat bagus sekali untuk Anda. Percayalah, Anda tidak akan mendapatkan lebih banyak jerawat jika Anda menggunakan minyak.

"Menggunakan minyak jojoba secukupnya sebenarnya bisa mengurangi produksi minyak, membuat tambahan yang bagus untuk regimen jerawat topikal Anda, yang bisa mengering," kata Dr. Tung. Minyak wajah sekarang dibuat dengan formulasi cahaya yang sangat elegan dan sangat bagus untuk penggunaan sehari-hari. Ingatlah bahwa dengan memakai produk yang tepat dan sesuai dengan aturan akan memberikan dampak positif yang besar. Sementara itu, menggunakan produk terlalu berlebihan justru akan memberikan dampak negatif.

Baca juga:Ā Mitos dan Fakta Seputar Jerawat

Nah, itu dia 7 alasan mengapa mulai sekarang Anda harus menggunakan face oil. Jadi, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan minyak berlebih atau jerawat yang muncul pada kulit. Sebab, face oil adalah produk yang sangat tepat untuk mengisi hari-hari sebagai perawatan kulit agar wajah tetap sehat dan cantik.

Leave a comment