8 Cara Beli Kondom Tanpa Malu-Malu

8 Cara Beli Kondom Tanpa Malu-Malu

Mudah ditemukan, namun butuh keberanian untuk mendapatkan. Itulah kondom. Rasa malu ketika membeli kondom tercipta karena sebagian besar orang memiliki perspektif negatif terhadap kondom dan menganggapnya sebagai barang yang tak lumrah untuk dibeli.

KONDOM adalah salah satu jenis alat kontrasepsi yang paling populer dan cukup mudah didapatkan. Dilansir dari situs Planned Parenthood, kondom memiliki efektivitas hingga 98% untuk mencegah kehamilan dengan syarat pemakaian yang benar. Semakin tepat cara Anda menggunakan kondom, maka semakin baik kinerja kondom tersebut. Selain mencegah KTD (Kehamilan Tak Diinginkan), kondom juga dapat membantu Anda untuk terhindar dari PMS (Penyakit Menular Seksual). 

Walaupun menjadi komoditas kontrasepsi yang mudah ditemukan, masyarakat masih menganggap pembelian kondom adalah hal yang tabu dan memalukan. Menurut penelitian yang dilakukan Moore et al (2006), banyak orang masih menggunakan taktik untuk membeli kondom, seperti menyembunyikannya dengan barang belanjaan lain atau bahkan memilih seorang kasir dengan gender yang sama untuk membayarnya.

Jika Anda masih merasa malu untuk membeli kondom, artikel ini akan memberikan tips cara membeli kondom tanpa malu-malu. Namun sebelum itu, Anda juga perlu memahami persyaratan membeli kondom agar terhindar dari keraguan saat membeli.

Syarat Membeli Kondom

Di Indonesia, kondom dapat ditemui di berbagai media penjualan, seperti mini market, apotek, bahkan toko online. Umumnya tidak ada syarat membeli kondom di apotek ataupun mini market karena hampir semua apotek atau toko offline menjual kondom secara bebas tanpa minimal umur. Namun pada daerah tertentu di Indonesia, terdapat syarat membeli kondom di apotek atau toko offline lainnya dengan cara menunjukkan KTP. Sedangkan untuk pembelian di marketplace tertentu, biasanya produk kondom hanya dapat diakses dan dibeli ketika pengguna sudah berusia 21 tahun ke atas.

Cara Beli Kondom Tanpa Malu

Setelah mengetahui syarat membeli kondom di apotek ataupun toko sejenis, berikut adalah cara beli kondom di mini market atau toko penjual kondom lainnya tanpa membuat Anda merasa malu. Yuk, simak tips lengkapnya!

1. Riset dan Tentukan Jenis Kondom

Kondom memiliki berbagai jenis dan ukuran. Di Indonesia, kondom terbagi menjadi tiga ukuran, yaitu kondom kecil, kondom reguler, dan kondom besar. Jika Anda sudah mengetahui ukuran kondom yang pas, maka selanjutnya Anda dapat menentukan varian kondom sesuai dengan kegiatan yang akan Anda lakukan bersama pasangan. Menentukan jenis kondom sebelumnya akan mempersingkat waktu Anda ketika memilih kondom di toko sehingga tidak terlalu mencuri perhatian pembeli lain.

2. Pilih Toko yang Sepi dan Jauh Dari Tempat Tinggal

Memilih toko penjual kondom seperti minimarket atau apotek yang sepi akan membuat Anda lebih leluasa ketika membeli kondom. Sedikitnya pengunjung atau bahkan tidak ada pengunjung akan membuat rasa malu Anda berkurang ketika membayarnya di kasir. Meskipun terdapat minimarket di sekitar tempat tinggal Anda, usahakan untuk membeli kondom di minimarket lain yang jaraknya jauh dari tempat tinggal untuk menghindari bertemu dengan pengunjung yang Anda kenal. 

3. Hindari Pembelian Saat Jam Sibuk

Cara beli kondom di mini market adalah dengan menghindari jam sibuk. Jam sibuk umumnya terdapat pada pukul 12.00 siang, tepat saat orang kebanyakan berlalu-lalang di minimarket untuk membeli keperluan makan siang atau hal pribadi lainnya. Selain itu, waktu malam hari seperti pukul 18.00 ke atas juga dikategorikan sebagai jam sibuk karena biasanya orang memanfaatkan waktu tersebut untuk membeli keperluan esok hari. Waktu yang tepat untuk membeli kondom adalah pukul 21.00 ke atas atau ketika toko menjelang tutup karena pada waktu tersebut toko akan memiliki lebih sedikit pengunjung.

4. Belanja Barang Lainnya

Jika Anda masih malu untuk menjadikan kondom sebagai satu-satunya barang yang Anda beli, maka solusi paling tepat adalah membeli barang lainnya untuk menutupi kondom. Ukuran kemasan kondom yang kecil akan lebih tersamarkan dengan barang belanjaan lainnya sehingga mengaburkan perhatian pengunjung lain saat Anda membeli kondom.

5. Gunakan Kode Saat Membeli

Di Indonesia, kondom memiliki beberapa istilah populer untuk menghindari penyebutannya. Penggunaan istilah kondom seperti 'C.O.' (kepanjangan dari condom), 'Sarung' (merujuk kondom sebagai 'sarung' KB), atau 'Durek' (merujuk pada sebutan generik bagi merk kondom) dapat membuat Anda lebih mudah mengatakannya. Jika enggan menggunakan istilah saat membelinya di kasir, Anda juga dapat menunjuk kondom yang dimaksud untuk mengurangi mencuri perhatian pengunjung lain.

6. Siapkan Tas Belanja Pribadi

Membawa tas belanja pribadi dapat menghindari Anda dari penggunaan plastik transparan yang biasanya diberikan oleh toko atau minimarket. Ditambah, kini banyak minimarket yang sudah tidak menyediakan kantong plastik sehingga dikhawatirkan Anda harus membawa kondom belanjaan Anda dengan tangan kosong. Jika membawa kantong belanja pribadi, Anda dapat lebih sigap untuk menaruh kondom yang telah di-scan oleh kasir ke dalam tas belanja Anda sehingga tidak diketahui pengunjung lain.

7. Tetap Tenang

Kondom adalah alat kontrasepsi yang lumrah untuk dibeli sebagai salah satu kebutuhan ranjang para pasangan. Menganggap kondom sebagai produk biasa dan bukan hal yang aneh dapat membuat Anda lebih tenang dan percaya diri saat membelinya. Dengan memiliki mindset seperti itu, maka Anda membantu menormalisasikan pembelian kondom untuk mengurangi risiko penularan penyakit menular seksual ataupun kehamilan yang tak diinginkan.

8. Beli di Toko Online

Jika cara-cara di atas belum menumbuhkan kepercayaan diri Anda untuk membeli kondom di toko atau minimarket, maka solusi terakhir adalah dengan membelinya di toko online. Selain tidak perlu menahan rasa malu, belanja kondom di toko online dapat dilakukan lebih santai dan pada waktu yang fleksibel.

Salah satu kekurangan pembelian kondom melalui toko online adalah masalah privasi. Penulisan keterangan produk pada resi pengiriman dapat membuat kondom belanjaan Anda diketahui oleh kurir pengiriman ataupun orang sekitar Anda. Namun permasalahan tersebut tidak akan Anda temui jika Anda berbelanja di FAVO. Untuk menjaga kerahasiaan Anda, FAVO meniadakan keterangan produk pada paket Anda sehingga Privasi Terjamin.

Kedelapan cara membeli kondom di atas adalah hal yang dapat Anda lakukan ketika ingin membeli kondom untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan hubungan intim Anda. Berani membeli kondom adalah salah satu bentuk cara melakukan hubungan intim yang bertanggung jawab. Sekarang, sudahkah Anda berani membeli kondom tanpa malu-malu?

Kembali ke blog

Tulis komentar

Ingat, komentar perlu disetujui sebelum dipublikasikan.

Produk Rekomendasi

Tutup

Artikel terkait