5 Ritual Wajib Perawatan Wajah Sebelum Tidur Agar Kulit Lebih Sehat

5 Ritual Wajib Perawatan Wajah Sebelum Tidur Agar Kulit Lebih Sehat

Setelah hari yang panjang melakukan berbagai aktivitas, hal terakhir yang Anda ingin lakukan adalah beristirahat. Mungkin seringkali Anda melewatkan ritual perawatan wajah, lalu tidur dan kemudian bertanya-tanya mengapa saat bangun Anda memiliki mata yang bengkak dan kusam. Semua wanita itu cantik, tapi mungkin tidak semuanya melakukan perawatan kulit dengan benar. Meskipun Anda seringkali mencuci wajah di pagi hari, Anda tak bisa begitu saja melewatkan ritual kecantikan sebelum tidur tak peduli seberapa lelah Anda.

5 Perawatan Wajib Sebelum Tidur Agar Wajah Lebih Sehat


TIDUR
memang menjadi hal yang paling kita ingin lakukan setelah lelah beraktivitas, tapi apabila Anda melewatkan ritual perawatan wajah Anda sebelum tidur maka ini akan berdampak buruk pada kesehatan kulit. Apabila Anda tidak menginginkan kulit yang kusam, namun sebaliknya kulit yang halus dan lebih bersinar saat pagi harinya maka berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda lakukan sebelum tidur. 

Bersihkan makeup

Perawatan wajah selanjutnya sebelum tidur adalah membersihkan makeup. Tidur dengan makeup yang masih tersisa di wajah akan membuat Anda terbangun dengan beberapa jerawat, garis-garis halus, iritasi serta kerutan pada kulit. Hal ini tentunya akan membuat kesehatan kulit wajah menjadi terganggu. Tidak peduli seberapa lelah atau malas Anda, membersihkan makeup adalah hal penting yang harus dilakukan sebelum tidur! Untuk menghapus semua riasan, cuci muka Anda dua kali dengan menggunakan metode “double cleansing”. Pertama, gunakan an oil-based cleanser untuk membersihkan makeup untuk menghapus riasan. Kemudian, gunakan non-soap cleanser untuk membersihkan kulit dari sisa-sisa makeup.

 

Dapatkan Himalaya Herbal Purifying Neem Cleansing Astringent Toner dengan harga Rp 23.900,- Beli di sini 

Get Steamy

Anda mungkin tidak memiliki waktu untuk melakukan perawatan wajah seperti facial setiap empat sampai enam minggu. Sebenarnya, untuk membuka pori-pori bisa dilakukan sendiri di rumah seminggu sekali. Caranya adalah dengan menguapkan wajah Anda selama 1 hingga 2 menit sebelum mencuci wajah. Jangan menaruh kulit anda bersentuhan langsung dengan air panas karena akan membuat kulit melepuh. Cukup dengan mengekspos wajah Anda dengan uap untuk membuka pori-pori. Anda juga bisa melakukan mini-facial dengan merendam handuk tangan dengan air dan letakkan dalam microwave selama 20 detik. Setelah itu, tepuk wajah dengan handuk secara lembut. Cara ini juga dapat membantu membuka pori-pori, melonggarkan setiap minyak, keringat, kotoran, dan bakteri untuk membersihkan lebih dalam sehingga kesehatan kulit wajah tetap terjaga.

Berantas Sel Kulit Mati

Jika kulit Anda tampak kusam, kemungkinan sel kulit matilah yang menjadi penyebabnya. Sel-sel kulit melepaskan secara alami setiap 28 hari, tapi terkadang mereka dapat bertahan dan menyebabkan tekstur tidak rata. Untuk menjaga sel-sel kulit mati bergerak, Anda bisa menggunakan alpha-hydroxy acid-based cleanser setidaknya dua kali seminggu, sehingga kulit tampak lebih halus, bercahaya karena asam di dalam pembersih dapat mencapai ke lapisan kulit lebih dalam ketimbang scrub. Gunakan pembersih dengan asam salisilat yang tidak hanya bisa mengatasi jerawat, tapi juga membantu menyingkirkan kelebihan minyak.

Dapatkan Citra Hazeline Pearly White Face Moisturizer Cream dengan harga Rp 25.200,- Beli di sini

Moisturize your skin

Meskipun Anda dianjurkan untuk memakai pelembab wajah sebelum tidur, pastikan Anda juga memakai krim malam dan krim mata. Setelah mandi, Anda bisa mengoleskan krim untuk wajah serta lotion pada tubuh agar kulit lembab sepanjang malam.

Baca Juga: 7 Hal yang Menyebabkan Kulit Kering 

Sleep on Your Back

Setelah melakukan beberapa ritual, langkah terakhir adalah beristirahat di atas tempat tidur. Akan tetapi, perhatikan posisi tidur Anda. Apabila tertidur ke samping, maka saat Anda bangun akan tampak lekukan yang berasal dari bantal. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa dari waktu ke waktu, tekanan pada wajah saat tidur ini akan memicu timbulnya keriput. Posisi terbaik untuk tidur adalah telentang. Posisi tidur ini tidak hanya membuat wajah terbebas dari garis-garis halus, tapi juga mencaga cairan dari pooling di bawah mata. Untuk mengatasi bengkak di bawah mata, Anda bisa memakai caffeine-laced eye cream di sekitar mata Anda.

Baca Juga: Posisi Tidur Pengaruhi Kesehatan Kulit?

Ritual lain yang juga tidak boleh Anda tinggalkan sebelum tidur apabila ingin kulit tampak lebih sehat adalah sebagai berikut:

  • Minum segelas air lemon

Anda juga dianjurkan untuk meminum segelas air lemon. Air lemon membuat tubuh dan kulit tetap terehidrasi selama tidur dengan baik. Nikmati segelas air lemon di pagi hari untuk mempercepat metabolism, meningkatkan energi serta membuat Anda cantik alami sepanjang hari.

  • Mengaplikasikan masker dan krim malam

Pemakaian masker ini tidak dianjurkan setiap hari. Sebaiknya, rutinlah memakai masker wajah setidaknya sekali seminggu. Pastikan Anda memakai masker yang tidak mengandung bahan-bahan kimia agar kulit tetap terjaga kondisinya. Selain itu, pemakaian krim malam juga dianjurkan untuk para wanita. Anda harus menyesuaikan krim malam yang Anda pakai dengan kulit. Pada usia 20 tahun ke atas, sebaiknya gunakan krim malam yang mengandung retinoic acid atau whitening. Sementara itu, Anda yang berusia 30 hingga 40 tahun dan sudah tampak kerutan pada wajah, maka sebaiknya aplikasikan krim malam yang mengandung anti-aging.

Baca Juga: 7 Tips Untuk Menghemat Budget Perawatan Wajah

Jadi, sekarang Anda tahu kan bahwa Anda tidak perlu menghabiskan berjam-jam sebelum tidur untuk tampil cantik saat bangun di pagi hari. Melakukan kebiasaan-kebiasaan di atas dipercaya lebih efektif untuk menghindari lingkaran hitam di bawah mata dan jerawat sehingga wajah anda tampak lebih segar dan cantik alami saat bangun tidur. 

 

1 comment

Thanks atas infonya…..

Siti munawaroh

Leave a comment