5 Penyebab Peningkatan Pertumbuhan Rambut pada Masa Kehamilan

5 Penyebab Peningkatan Pertumbuhan Rambut pada Masa Kehamilan

Berbahagialah jika Anda termasuk salah satu wanita yang mempunyai rambut lebat saat hamil. Pasalnya, tidak semua wanita hamil memperoleh berkah berupa rambut lebat.

TERKADANG, ada juga rambut ibu hamil yang justru mengalami kerontokan parah. Nah, apa saja sih faktor penyebab meningkatnya pertumbuhan rambut saat masa kehamilan?

Setiap wanita hamil membawa kadar hormon yang berbeda-beda. Perbedaan kadar hormon inilah yang mempengaruhi kerontokan atau rambut lebat saat hamil. Pada wanita hamil yang memiliki rambut super lebat, inilah beberapa faktor penyebabnya:

Kadar Androgen Meningkat

Pada umumnya, wanita hamil akan mengalami peningkatan kadar androgen di trimester pertama. Kondisi ini membuat rambut terasa lebih lebat karena jika androgen meningkat, kerontokan rambut juga berkurang drastis.

Konsumsi Vitamin Kehamilan

Apakah Anda mengkonsumsi vitamin kehamilan? Jika ya, bisa saja vitamin tersebut adalah penyebab rambut lebat saat hamil. Progesteron, hormon yang ditemukan pada wanita hamil membuat folikel laten rambut hidup.

Vitamin tertentu memang meningkatkan hormon progesteron di dalam tubuh wanita hamil. Di masa ini, rambut tidak hanya terasa lebih tebal, tetapi juga terlihat lebih bersinar dari sebelumnya. Namun, enam bulan setelah melahirkan biasanya pertumbuhan rambut akan kembali normal seperti sebelum hamil.

Lebih Banyak Tidur

Bukan hal mengherankan jika wanita hamil jadi lebih mudah lelah. Kondisi yang mudah lelah ini membuat wanita hamil lebih banyak tidur.

Nah, tidur yang cukup mampu mengurangi stres yang dirasakan oleh wanita hamil. Jika wanita hamil tidak mengalami stres, maka pertumbuhan rambut ibu hamil akan menjadi lebih lebat dan cepat.

Mengurangi Penggunaan Produk Rambut

Ketika berkonsultasi dengan dokter kandungan, kemungkinan besar dokter akan menyarankan Anda untuk mengurangi pemakaian produk rambut tertentu. Ketika rambut ‘beristirahat’ dari penggunaan produk-produk rambut tertentu (seperti cat rambut), tentu saja rambut akan tumbuh lebih sehat dan subur.

Perubahan Tekstur Rambut

Jangan keburu senang dulu jika Anda memiliki rambut lebat saat hamil. Pasalnya, bisa saja itu hanyalah sebuah kamuflase semata. Jika biasanya rambut Anda lurus, rambut Anda bisa tiba-tiba jadi bergelombang selama kehamilan.

Pun begitu dengan rambut kering yang berubah menjadi berminyak atau sebaliknya. Perubahan tekstur rambut ini sejatinya karena perubahan hormon di dalam tubuh manusia.

Jadi, rambut yang tampak tumbuh dengan subur bisa saja bukan sesuatu hal yang permanen. Mungkin tekstur rambut Anda berubah lantaran kebiasaan-kebiasaan baru apapun yang Anda lakukan saat masa kehamilan.

Apapun penyebab rambut lebat saat hamil Anda patut berbangga karena setiap orang tentu mendambakan rambut yang lebat dan sehat, meski hal tersebut mungkin saja tidak permanen. Namun, dengan perawatan rambut yang tepat, Anda bisa membuatnya permanen.

Baca juga: 5 Produk Berbahan Alami untuk Rambut Sehat Anda

Leave a comment