5 Langkah Mendapatkan Hasil Cukur Sempurna

Bercukur sekilas merupakan kegiatan pria yang mudah dilakukan. Namun tidak semudah yang dibayangkan, nyatanya masih banyak pria yang kesulitan dalam bercukur dan mendapatkan hasil cukur yang kurang baik. 

5 Langkah Mendapatkan Hasil Cukur Sempurna

MENCUKUR merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk menghillangkan rambut-rambut yang berada di bagian dagu Anda. Apabila teknik mencukur yang Anda lakukan tidak tepat, hasil cukurnya akan menyebabkan kulit menjadi kemerahan, perih serta iritasi.

Biasanya hal ini terjadi karena pisau cukur yang digunakan sudah terlalu lama dan Anda tidak menggantinya dengan pisau cukur yang baru. Nah berikut akan dijelaskan bagaimana langkah-langkah untuk mendapatkan hasil cukur sempurna sehingga menarik untuk dilihat.

1.  Bersihkan Kulit

Dalam melakukan pencukuran jenggot, dibutuhkan persiapan yang tepat. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan kulit wajah secara menyeluruh menggunakan air hangat agar kotoran yang menempel di wajah akan hilang.

Hal ini mencegah agar wajah tidak terinfeksi oleh bakteri. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan alat clarisonic. Alat ini dapat membantu membersihkan wajah secara maksimal. Berikut cara-caranya:

  • Bersihkan wajah dari debu yang menempel.
  • Lalu cuci dengan air hangat supaya pori-pori di wajah dapat terbuka.
  • Selanjutnya, gunakan sabun pembersih wajah pria.
  • Setelah itu, gunakan alat clarisonic ini secara merata di bagian dahi, dagu, pipi bagian kanan serta pipi bagian kiri.
  • Dan terakhir, bilas dengan air dingin.

L'Oreal Men Expert White Activ Brightening Foam, Rp 33.800,- ; Beli di sini

2.  Eksfoliasi

Langkah kedua yang harus dilakukan adalah eksfoliasi. Sebagai salah satu langkah perawatan wajah pria, eksfoliasi atau pengelupasan ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati lalu digantikan dengan sel-sel kulit yang baru.

Tidak hanya itu proses ini juga akan membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori wajah, dan menghilangkan jerawat yang berada di area rambut jenggot.

Baca juga: Cara Mengatasi Ketombe Pada Jenggot

Selain itu, eksfoliasi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan karena dapat melancarkan aliran darah ke wajah sehingga wajah terlihat lebih fresh dan mencegah penuaan dini.

Eksfoliasi dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu memakai scrub, perawatan chemical peeling, dan perawatan microdermabrasi.

Waktu yang tepat untuk melakukan perawatan wajah pria ini adalah pagi hari. Mengapa pagi hari? Karena kulit akan melakukan regenerasi pada malam hari sehingga pagi hari merupakan waktu yang cocok untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.

3.  Mencukur

Siapkan krim khusus cukur jenggot dan pisau cukur. Anda bisa menggunakan pisau cukur biasa atau alat cukur rambut elektrik yang bisa digunakan untuk mencukur jenggot. Krim khusus yang dipilih harus sesuai dengan jenis kulit Anda dan pisau cukur tersebut harus yang berkualitas baik agar mempercepat proses pencukuran.

Baca juga: 6 Kesalahan Mencukur dengan Alat Cukur Rambut Elektrik

Lalu, oleskan krim cukur ke bagian rahang, pipi, dan leher. Kemudian mulailah mencukur jenggot searah dengan tumbuhnya rambut jenggot. Lakukan dengan hati-hati agar pisau cukur tidak melukai kulit wajah.

Hindari mencukur di bagian yang sama secara berulang. Setelah selesai mencukur, bilas wajah Anda dengan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, kegiatan mencukur jenggot ini sebaiknya dilakukan 2-4 kali per minggu. Jangan lupa untuk membersihkan pisau alat cukur rambut supaya higienis untuk pemakaian selanjutnya.

4.  Menenangkan

    Sesaat setelah selesai membilas wajah dengan air hangat, gunakan facial wash. Hal ini dilakukan agar membantu membersihkan dan melindungi kulit wajah dari bintik-bintik serta ruam akibat bercukur.

    Gunakan pula toner atau produk pembersih wajah pria untuk mengurangi iritasi pada kulit wajah. Kemudian bilas lagi dengan menggunakan air dingin dan keringkan dengan handuk yang bersih. Cara ini ampuh untuk menggantikan kelembaban kulit yang hilang dan menenangkan kulit.

    Gillette Foam Lemon Lime, Rp 34.000,- ; Beli di sini

    5.  Gunakan Parfum

    Langkah terakhir yang harus diterapkan setelah pencukuran jenggot adalah menggunakan parfum agar jenggot tetap halus dan terlihat sempurna. Pilihlah sabun, deodorant, aftershave hingga parfum pria yang aromanya sejenis. Hal ini dilakukan untuk menghindari bau yang bertabrakan.

    Pastikan alat dan produk perawatan wajah pria yang tersedia berkualitas baik agar hasil cukur Anda terlihat sempurna. Selamat mencoba!

    Kembali ke blog

    Tulis komentar

    Ingat, komentar perlu disetujui sebelum dipublikasikan.

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    Artikel terkait