5 Karbohidrat Sehat yang Harus Anda Konsumsi

5 Karbohidrat Sehat yang Harus Anda Konsumsi

Pada umumnya orang mengira akan memiliki kelebihan berat badan dari mengonsumsi karbohidrat. Kebiasaan orang mengelompokan makanan sesuai dengan nutrisi yang dianggap baik atau buruk juga merupakan kebiasaan yang kurang pantas karena faktanya nutrisi lebih kompleks dari yang diperkirakan. Semua jenis nutrisi pasti memiliki keuntungan dan kekurangan sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing jadi tidak dapat disama ratakan, ya.

5 Karbohidrat Sehat yang Harus Anda Konsumsi

SELAIN lezat, karbohidrat juga memiliki peran penting dalam fungsi organ tubuh. Karbohidrat memasok sel-sel tubuh dengan glukosa yang berubah menjadi energi dan memberikannya pada otak serta otot kita.

Terdapat dua jenis karbohidrat yaitu refined carbs – karbohidrat yang sudah diolah – misalnya roti, pasta, biskuit, dan permen; dan unrefined carbs – karbohidrat yang belum mengalami pengolahan – karbohidrat sehat dan lebih baik dikonsumsi dalam keadaan utuh.

Mekanisme pengolahan karbohidrat dalam tubuh cukup lambat namun akan masuk ke dalam pembuluh darah memberikan energi pada tubuh lebih lama.

Berikut ini 5 jenis karbohidrat sehat yang tidak perlu Anda hindari ketika melakukan diet:

1. Kentang

Banyak orang lebih memilih kentang sebagai sumber karbohidrat mereka sebagai pengganti roti. Namun Anda harus mewaspadai kentang olahan karena umumnya kentang tersebut diolah dengan menambahkan zat-zat lain yang tidak baik bagi tubuh.

Jadi, saat ini kentang memang menjadi sebuah jebakan karena kentang ini bersifat sehat namun olahannya banyak yang tidak sehat.

Pada faktanya, kentang murni kaya akan vitamin C dan potasium serta menjadi sumber makanan sehat dengan protein terbaik bagi tubuh apalagi jika Anda mengonsumsinya dengan kulit kentang yang mengandung serat tinggi yang akan membuat pencernaan Anda menjadi lebih lancar.

Oleh karena itu lebih baik Anda mengonsumsi kentang yang masih utuh, tentu saja yang dimasak terlebih dahulu namun hindari menambahkan bahan lain yang tidak perlu seperti saus, mayones, keju, dan lainnya karena membuat nutrisi dalam kentang berkurang.

Baca juga : Makan Kentang Untuk Menurunkan Berat Badan? Cek Faktanya!

2. Biji-bijian utuh

Refined grains, biji-bijian yang sudah mengalami pengolahan, misalnya seperti bekatul, sangat baik sebagai asupan serat bagi keluarga Anda. Karbohidrat dalam refined grains akan cepat dicerna oleh tubuh namun dapat memicu gula darah Anda.

Itulah mengapa sangat disarankan untuk mengonsumsi biji-bijian utuh saja. Tidak ada alasan bagi Anda untuk menghindari mengonsumsi biji-bijian utuh.

Anda dapat menemukannya dalam berbagai olahan makanan seperti bubur gandum, roti gandum, popcorn, dan lainnya. Namun jangan menambahkan bahan yang tidak perlu ya!

Jika Anda masih takut bahwa biji-bijian utuh ini akan menambah berat badan maka hilangkan semua pemikiran tersebut karena faktnya justru dapat melancarkan pencernaan.

~product~

3. Buah-buahan manis seperti pisang, melon, dan anggur

Rasa manis dalam buah itulah yang membuat pisang, melon, dan anggur lebih enak, namun meskipun manis bukan berarti itu tidak baik bagi Anda. Anggapan banyak orang yang salah adalah rasa manis dalam buah akan membuat berat badan naik.

Faktanya semua jenis buah mengandung fruktosa, pemanis alami dari buah yang sangat sehat bagi tubuh. Jika Anda membaca berbagai tips diet juga pasti merekomendasikan Anda mengonsumsi banyak buah.

Jadi Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi buah-buahan manis. Anda dapat mengolahnya menjadi berbagai makanan pencuci mulut yang enak seperti smoothies, jus, atau salad buah dan jangan tambahkan gula karena rasa manis dari buah saja sebenarnya sudah cukup memenuhi kebutuhan gula Anda.

Anda juga bisa menambahkan sumber protein lainnya untuk membuat nutrisi dalam buah lebih maksimal dicerna tubuh.

Baca juga : Konsumsi 5 Jenis Buah Ini Untuk Menurunkan Berat Badan!

4. Kacang-kacangan

Banyak orang menghindari konsumsi kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang tanah, dan kacang hitam karena mengandung karbohidrat tinggi dan dapat menambah berat badan.

Meskipun kacang-kacangan memang mengandung karbohidrat tinggi, mereka juga adalah sebagai sumber serat dan protein tinggi. Anda dapat menambahkan kacang-kacangan ini di makanan sehat lainnya untuk membuat rasa kenyang menjadi tahan lebih lama sehingga Anda tidak tergugah untuk terus makan.

~product~

5. Sayuran yang mengandung tepung seperti jagung dan kacang polong

Tepung yang terkandung dalam sayuran kerap dianggap sebagai tanda bahwa makanan tersebut mengandung karbohidrat tinggi.

Meskipun demikian, sayuran ini tetap menjadi makanan sehat bagi Anda apalagi Anda yang sedang melakukan penurunan berat badan atau diet.

Tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak menyajikan sayuran ini di piring makan karena mengandung protein dan serat yang sangat baik bagi tubuh. Ini adalah salah satu tips diet terbaik bagi Anda.

Leave a comment