Inilah Manfaat Minum Air Hangat

manfaat minum air hangat

Kita pasti setuju bahwa air merupakan salah satu kebutuhan penting bagi tubuh. kita juga mungkin sudah sering mendengar dokter mengatakan bahwa idealnya kita  minum setidaknya delapan gelas per hari. Tapi tahukah Anda bahwa minum air hangat atau panas memiliki manfaat khusus?

BAGAIMANAPUN juga, kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa minum air hangat dan air panas memiliki manfaat khusus bagi tubuh yang tidak dimiliki oleh air dingin. Yuk, simak 15 manfaat minum air hangat bagi tubuh dan kesehatan:

Menurunkan Berat Badan

Air hangat mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh, inilah yang Anda butuhkan jika anda ingin menurunkan berat badan. Cara terbaik yang harus Anda lakukan hanyalah memulai minum satu gelas air hangat dan lemon di pagi hari. Bonus lain yang akan Anda dapatkan dari minum air hangat ini adalah mampu meluruhkan lemak di dalam tubuh Anda.

Melegakan Pernafasan dan Tenggorokan

Manfaat minum air putih hangat merupakan pengobatan alami yang cukup ampuh untuk mengatasi demam, batuk dan sakit tenggorokan. Air hangat mampu membantu mengeluarkan dahak dan flek di dalam tenggorokan. Tentu saja ini akan melegakan pernafasan Anda dan membuat Anda akan menjadi lebih sehat lagi.

Meredakan Kram saat Menstruasi

Bagi Anda yang memiliki masalah kram saat menstruasi, maka minum air hangat bisa menjadi solusinya. Air hangat mampu meredakan kram menstruasi. Panas dari air tersebut mampu membuat otot perut menjadi lebih rileks dan lebih nyaman secara efektif dan cepat.

Detoksifikasi Tubuh

Air hangat sangat luar biasa untuk membantu proses detoksifikasi tubuh. Ketika Anda minum air hangat, temperatur tubuh Anda akan naik dan menghasilkan keringat. Anda menginginkan hal ini karena saat keringat Anda keluar, toksin atau racun di dalam tubuh Anda juga akan ikut keluar sehingga tubuh Anda menjadi lebih sehat. Untuk hasil yang lebih optimal, tambahkan perasan jeruk lemon sebelum Anda meminumnya.

Mencegah Penuaan Dini

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus membersihkan tubuh Anda dari toksin: mereka membuat usia Anda bertambah lebih cepat. Minum air hangat juga bisa membantu meremajakan sel kulit yang akan meningkatkan elastisitas kulit Anda dan akan menghindarkan kulit dari radikal bebas. Akhirnya, kulit Anda yang rusak akan menjadi lebih lembut dan bersih.

Mencegah Jerawat dan Bintik Hitam

Manfaat yang akan didapatkan oleh kulit Anda akan segera datang. Air hangat akan membersihkan tubuh Anda dan menghilangkan penyebab jerawat dan bintik hitam di wajah serta masalah pada wajah lainnya.

Rambut Sehat dan Kuat

Minum air hangat juga sangat bagus untuk mendapatkan rambut yang lembut dan berkilau. Manfaat air putih hangat akan memberikan energi pada saraf di dalam akar rambut yang akan membuatnya menjadi aktif kembali. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan rambut yang kuat dan membuatnya tetap sehat.

Membantu Pertumbuhan Rambut

Dengan mengaktifkan sel akar rambut akan menghasilkan manfaat lainnya yaitu pertumbuhan rambut! Air hangat akan membantu aktivitas akar rambut dan akhirnya akan mempercepat proses pertumbuhan rambut Anda.

Mencegah Ketombe

Air hangat akan membuat kulit kepala Anda menjadi terus terhidrasi dan membantu mencegah kulit kepala kering atau munculnya ketombe.

Melancarkan Sirkulasi Darah dan meningkatkan Kesehatan Nervous System

Manfaat minum air hangat penting lainnya yang akan Anda peroleh adalah mampu melancarkan sirkulasi darah, dimana ini penting karena akan mengoptimalkan aktifitas saraf dan otot Anda. Manfaat lainnya adalah akan menjaga kesehatan nervous system dengan menghancurkan lemak yang ada di sekitarnya.

Melancarkan Pencernaan

Air hangat juga sangat bermanfaat bagi pencernaan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan minum air hangat ketika atau setelah makan dapat menghilangkan adanya lemak di dalam makanan. Lemak ini sangat tidak baik bagi tubuh karena bisa menumpuk dan dalam jangka panjang dapat mengakibatkan kanker usus. Lebih lanjut, air hangat akan membantu melancarkan pencernaan Anda, hal yang Anda inginkan setelah Anda makan.

Melancarkan BAB

Bicara mengenai pencernaan, air hangat dapat membantu Anda menjaga kelancaran buang air besar Anda dan supaya Anda terhindar dari rasa sakit. Dehidrasi dapat membuat masalah kronis dengan konstipasi. Saat sisa makanan menumpuk di dalam usus, pergerakannya akan menjadi lebih lambat. Sangat direkomendasikan bagi Anda untuk minum segelas air hangat atau panas di pagi hari saat perut Anda kosong. Ini akan membuat pergerakan di dalam usus menjadi lebih lancar.

Sebagai Pengganti Minuman Energi

Ini saat yang tepat untuk mengganti minuman energi Anda dengan air hangat setelah bekerja atau berolahraga. Minum air hangat setelah beraktivitas tidak hanya mengganti vitamin dan mineral tubuh Anda yang hilang (dengan mengatur keseimbangan electrochemical di tubuh Anda) namun juga membuat tubuh Anda menjadi terhidrasi kembali dan membantu meningkatkan metabolisme Anda. Lebih lanjut, manfaat air putih hangat juga akan mempercepat proses pembakaran lemak setelah olahraga yang akan membuat berat badan Anda turun lebih cepat.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Minum air hangat ketika makan (terutama saat makan malam) atau sebelum tidur, tidak hanya akan membuat pencernaan menjadi lancar dan membersihkan tubuh Anda dari toksin namun juga akan membantu merilekskan tubuh Anda dan meringankan saraf Anda. Lebih lanjut, ini juga akan membuat Anda lebih segar saat bangun tidur dan menghindarkan Anda dari gelisah saat tidur.

Menghindarkan Anda dari Resiko penyakit water-borne

Manfaat minum air hangat lainnya yang akan Anda dapatkan adalah mampu menurunkan resiko Anda terkena penyakit water-borne alias infeksi akibat pencemaran air. Hal ini disebabkan oleh air yang masih hangat mampu membunuh mikroba yang ada di dalam air, dimana hal ini jauh lebih baik dibandingkan jika Anda minum air dingin.

 

Kembali ke blog

Tulis komentar

Ingat, komentar perlu disetujui sebelum dipublikasikan.

Produk Rekomendasi

Tutup

Artikel terkait