10 Pertanyaan yang Penting Ditanyakan Kepada Florist Pernikahan

10 Pertanyaan yang Penting Ditanyakan Kepada Florist Pernikahan

Meskipun terlihat sepele, menentukan bunga untuk dekorasi pernikaha juga membutuhkan bantuan ahli atau florist. Namun, jangan begitu saja menyerahkan semua urusan bunga pada florist, Anda perlu aktif untuk bertanya beberapa pertanyaan yang sering terlupakan seperti berikut ini. 

10 Pertanyaan yang Penting Ditanyakan Kepada Florist Pernikahan

SALAH satu kesalahan yang sering dilakukan para pasangan yang akan menikah ialah terlalu mempercayakan segala detil acara pada wedding organizer atau florist untuk urusan bunga. 

Bukan bermaksud ragu dan tidak percaya pada ahli, tapi Anda perlu terjun sesekali untuk memastikan semuanya baik dan berjalan sesuai keinginan. Untuk bunga, ada beberapa pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada florist agar dekorasi pernikahan semakin berkesan dan indah. 

Apakah Anda mengatur bunga di tempat pernikahan sesuai dengan spesifikasi yang saya inginkan?

Jika tidak, mungkin Anda perlu meminta bantuan wedding organizer. Carilah toko bunga Jakarta yang mau mengatur dekorasi bunga di tempat pernikahan sesuai keinginan Anda. Jika Anda tidak sempat berada di venue saat dekorasi, maka ada wedding organizer yang akan memastikan bahwa dekorasi bunga pengantin sudah sesuai dengan keinginan Anda.

Apakah Anda juga melakukan dekorasi venue?

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa toko bunga online dan offline yang menawarkan jasa dekorasi tempat pernikahan. Namun, ada pula beberapa florist yang hanya menyediakan buket bunga mawar dan karangan bunga yang nantinya akan diletakkan di beberapa sisi. Bila ingin menggunakan jasa florist untuk dekorasi maka Anda akan dikenakan biaya tambahan.

jual rangkaian bunga termurah

Siapa yang akan bertanggung jawab terhadap bunga pada pernikahan saya?

Untuk memastikan bahwa kualitas rangkaian bunga mawar atau bunga lainnya yang Anda pesan untuk pernikahan tetap baik, tak ada salahnya Anda menanyakan hal ini. Namun, bila Anda menggelar pernikahan besar-besaran biasanya tidak cukup menggunakan satu florist saja. Anda bisa meminta bantuan dari florist lainnya juga.

Apakah Anda biasanya membatasi jumlah pernikahan di akhir pekan?

Resepsi pernikahan biasa diselenggarakan pada akhir pekan. Dapat dipastikan bahwa hampir semua florist tidak akan menerima klien lebih dari 1-2. Sangat penting untuk membuat janji terlebih dahulu agar florist yang Anda tunjuk mampu untuk melayani pesanan Anda.

Baca juga: Tips Memilih Florist Jakarta untuk Pernikahan Anda

Bagaimana jika bunga yang Anda inginkan tidak Anda?

Anda harus memastikan kepada florist yang Anda tunjuk bahwa mereka tidak akan mengganti pesanan bunga yang Anda inginkan tanpa meminta persetujuan Anda. Sebaiknya buat beberapa opsi pengganti bila bunga utama yang Anda pesan tidak tersedia.

Bagaimana saya menghubungi Anda pada hari pernikahan?

Selain memilih buket bunga, Anda juga harus ingat untuk menanyakan nomor telepon atau pin BBM, ID Line, maupun nomor WhatsApp si florist. Pastikan bahwa florist tersebut tidak menghilang dan bisa dihubungi pada hari pernikahan. Biasanya ini akan menjadi tugas wedding organizer untuk menghubungi florist Anda pada hari H.

Dapatkan Forever Flower Shocking Pink in Dark Brown Wooden Box dengan harga Rp 550.000,- Beli di sini 

Bagaimana pengemasan dan pengangkutan bunga?

Ini adalah hal penting untuk memberi gambaran kepada florist mengenai keadaan di venue pernikahan. Misalnya, informasikan jika Anda akan berpesta di ruangan ber-AC agar florist bisa melakukan beberapa hal untuk menjaga bunga tetap segar dan tidak layu. Florist juga akan menentukan cara pengemasan dan pengangkutan bunga. Anda atau wedding organizer hanya perlu memberi informasi mengenai waktu agar bunga sampai tepat waktu.

Dapatkah saya mengatur posisi yang paling baik untuk karangan bunga?

Tak ada salahnya jika Anda dan florist bersama-sama membicarakan mengenai tempat yang pas untuk meletakkan bunga. Pasalnya, tidak semua florist bisa meletakkan bunga sesuai dengan keinginan kliennya.

Dapatkan Letter Box Classic - Pure White dengan harga Rp 365.000,- Beli di sini 

Apakah ada pajak, biaya lembur, dan biaya tambahan lain?

Tanyakan mengenai pajak, biaya lembur, dan biaya tambahan lain agar tagihan tidak membengkak pada saat pembayaran. Sebagai klien, Anda juga harus memastikan bahwa ada kebijakan pembatalan sebelum melakukan deal kontrak.

Baca juga: Tips Merancang Bunga Pernikahan dengan Budget Rendah

Apakah ada down payment?

Hampir semua florist Jakarta atau kota-kota lain akan meminta uang muka minimal 2 minggu sebelum hari pernikahan.

Sebagai klien, tak ada salahnya jika kita menanyakan beberapa pertanyaan kepada florist untuk mendapatkan rangkaian bunga yang tepat. Bunga yang sesuai dengan keinginan tentu akan membuat pernikahan Anda semakin berkesan.

Leave a comment