10 Makanan Jepang untuk Pola Hidup Sehat

Masyarakat Jepang terkenal dengan gaya hidupnya yang sehat dan teratur sehingga menjadikan mereka panjang umur dan jarang terkena penyakit. Kebiasaan makan makanan sehat dengan gizi yang seimbang juga merupakan salah satu penyebabnya, terutama untuk wanita Jepang yang selalu menjaga pola makannya dengan baik. Karena itulah Jepang menempati posisi nomor 1 untuk tingkat obesitasnya yang sangat rendah, yakni sekitar 3% saja. Penasaran ingin sehat seperti wanita Jepang? Bagi Anda yang sedang menjalani program diet untuk kesehatan Anda, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi 10 makanan Jepang yang sehat ini.

10 Makanan Jepang Ini untuk Pola Hidup SehatALAM telah memberikan begitu banyak variasi bahan makanan yang melimpah di kepulauan Jepang, dan negeri ini adalah sebuah tempat dengan beragam makanan yang menarik. Di Indonesia pun sekarang ini sudah banyak terdapat rumah makan dengan menu masakan khas Jepang yang mampu menggoyang lidah Anda. Tetapi demi kesuksesan diet Anda, tentu saja tetap harus memperhatikan gizinya, terutama makanan rendah kalori yang mengandung vitamin dan protein. Dilansir dari Health Fitness Revolution, inilah 10 makanan Jepang yang favorit dan menyehatkan.

SUP MISO

Miso terbuat dari kedelai yang difermentasi dan merupakan bumbu yang sangat umum dikonsumsi di Jepang. Setiap mangkuk sup miso membawa porsi sehat senyawa kuat isoflavon yang memiliki sifat antikanker dan mencegah tubuh Anda memproduksi sel-sel lemak yang berlebih. Miso dapat menyembunyikan bau amis ikan atau daging dan memberikan rasa yang lebih enak pada makanan.

KACANG EDAMAME

Di Indonesia, kita biasa menyebutnya dengan kedelai Jepang. Kacang ini menyediakan kandungan bergizi dari protein, serat, dan lemak omega-3. Memakan kacang edamame sebelum makan akan membuat perut Anda terasa lebih penuh pada saat hidangan utama datang dan menjaga Anda dari makan yang berlebihan.

Baca juga: 9 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Clean Eating

MIE SOBA

Mie Jepang asli penuh gizi yang terbuat dari tepung soba ini memberikan vitamin B1 dan B2, beberapa mineral, dan hampir dua kali jumlah protein yang ditemukan dalam beras. Kandungan Bioflavanoid yang ditemukan di mie soba dapat memperkuat kapiler dan sangat membantu proses penyembuhan penderita arteriosclerosis dan tekanan darah tinggi.

SASHIMI

jual suplemen multivitamin lengkap dan murah

Akan sulit membicarakan makanan Jepang tanpa menyebut ikan yang telah lama menjadi bagian penting dalam budaya makanan Jepang. Kata “sashimi” digunakan untuk mengartikan makanan apapun yang diiris dalam kondisi yang paling segar, terutama ikan. Apapun ikan yang Anda pilih, Anda dijamin untuk mendapatkan protein dan nutrisi yang sangat besar dengan sesedikit mungkin lemak.

NIGIRI SUSHI

Nigiri sushi merupakan irisan ikan mentah yang menutupi gumpalan nasi yang dibuat dengan ukuran yang mudah dimakan. Agar tidak terlepas dari nasinya, nigiri sushi ini diikat dengan potongan-potongan rumput laut. Terkadang di beberapa restoran sushi, sang koki mengganti nasi putih dengan beras merah, yang tentu saja kaya akan serat dan nutrisi.

JAMUR SHITAKE

Pastinya Anda tidak ingin melewatkan jamur yang tinggi protein dan rendah kalori ini. Jamur shitake sering digunakan dalam pengobatan Asia selama berabad-abad. Penelitian menunjukkan bahwa jamur shitake dapat melindungi Anda dari penyakit kardiovaskular dan kolesterol tinggi.

RUMPUT LAUT

jual suplemen multivitamin lengkap

Makanan yang biasa disebut nori ini bernutrisi tinggi dan terdapat banyak sekali mineral. Rumput laut juga mengandung beberapa hal yang dibutuhkan tubuh, termasuk seng, selenium, yodium, dan vitamin B12. Rumput laut yang Anda konsumsi juga membantu untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Baca juga: Makanan Penurun Kolesterol dalam Menu Anda

WASABI

Wasabi adalah bagian penting dari pengalaman makan sushi atau sashimi. Makanan Jepang unik ini mengandung bahan kimia anti-kanker yang sama yang ditemukan dalam brokoli dan kubis. Rasanya yang pedas dapat mengeluarkan rasa dari makanan dan diduga mengurangi risiko serangan jantung.

TOFU

Makanan ini sangat fleksibel dan stabil dalam masakan Asia. Sama seperti jamur shitake, tahu ini tinggi protein dan rendah kalori. Tofu dapat disajikan dengan hampir semua masakan dan merupakan cara yang sangat efisien untuk mendapatkan protein bagi tubuh Anda.

TEH HIJAU

jual teh pelangsing murah hanya di AsmaraKu

Dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang kuat, teh hijau dapat membantu Anda untuk merelaksasi tubuh dan sangat berpengaruh dalam proses penurunan berat badan Anda. Minuman favorit Jepang yang lezat ini juga memberikan kontribusi untuk menjaga kadar kolesterol Anda tetap normal. Sangat dianjurkan untuk meminum secangkir teh hijau ini setiap hari.

Ide dasar makanan tradisional Jepang diolah dalam kondisi makanan yang benar-benar alami,  tujuannya supaya menjaga sesedikit mungkin mendapat campur tangan manusia. Agar dapat dinikmati dalam keadaan yang dekat dengan kondisi aslinya, makanan harus disajikan dalam keadaan segar. Masakan Jepang tidak dimasak secara berlebihan, tentu saja untuk menjaga nutrisi yang terkandung di dalamnya agar tidak hilang ketika proses memasak. Hal ini membuat kualitas makanan yang Anda makan terjaga dengan baik. Dengan mengonsumsi beberapa makanan Jepang di atas, yuk kita mulai menerapkan pola makan yang sehat untuk hidup yang lebih baik!

Kembali ke blog

1 komentar

iya sih harus pilih2 makanan yang sehat… tapi klo yang enak jelas hobiku… “makan ramen” di resto deket rumah (mangkok ramen) hehehe

nata

Tulis komentar

Ingat, komentar perlu disetujui sebelum dipublikasikan.

Produk Rekomendasi

Tutup

Artikel terkait