Mometasone

    Mometasone furoate merupakan sebuah kortikosteroid topikal yang efektif untuk meredakan gejala inflamasi pada dermis, seperti eritema, gatal, pembengkakan, serta nyeri. Obat ini dapat mengobati berbagai jenis inflamasi dermatologis, termasuk eksim, reaksi alergik, psoriasis, serta **dermatitis atopik dan seboroik.

    Golongan obat: Kortikosteroid topikal Merek dagang: Dermamone, Elocon, Elomep, Iflacort, dan lain sebagainya

    Apa Itu Mometasone Furoate?

    Mometasone furoate adalah kortikosteroid topikal dengan kekuatan sedang, yang digunakan untuk meredakan gejala-gejala inflamasi seperti ruam, kemerahan, dan bengkak yang disebabkan oleh ekzim, psoriasis, dan dermatitis atopik maupun seboroik. Obat ini menghambat senyawa dalam tubuh yang menyebabkan gatal dan peradangan, termasuk histamin dan prostaglandin, dan mengecilkan pembuluh darah di area yang radang sehingga mengurangi gejala.

    Dosis Mometasone Furoate

    Mometasone furoate tersedia dalam bentuk krim, salep, gel, dan losion untuk penggunaan topikal. Gel dan losion juga bisa dipakai untuk mengatasi seboroik dermatitis dan psoriasis di kulit kepala. Penggunaan mometasone furoate umumnya dilakukan sekali setiap hari dan tidak boleh lebih dari tiga minggu tanpa rekomendasi dokter.

    Aturan Pakai Mometasone Furoate

    Pemakaian mometasone furoate harus sesuai anjuran dokter atau petunjuk pada label. Obat ini diaplikasikan secara tipis dan merata pada area yang terkena inflamasi. Dalam menggunakan losion, cukup tuangkan beberapa tetes dan pijat pelan hingga terabsorpsi. Jika digunakan pada kulit kepala dengan kondisi psoriasis atau dermatitis seboroik, aplikasikan setelah keramas, baik pada kondisi rambut basah atau kering.

    Efek Samping Mometasone Furoate

    Penggunaan mometasone furoate dapat menimbulkan efek samping ringan seperti sensasi terbakar, gatal, atau rasa perih pada area obat yang diaplikasikan. Bila efek samping ini bertahan atau memburuk, hubungi dokter. Reaksi alergi serius dan efek samping lainnya yang lebih parah seperti penipisan kulit, gangguan kelenjar adrenal, atau perubahan warna kulit juga mungkin terjadi dan memerlukan perhatian medis segera.

    Peringatan dan Perhatian saat Pakai Mometasone Furoate

    Ada beberapa peringatan dan perhatian yang harus dipertimbangkan sebelum menggunakan mometasone furoate. Laporan riwayat alergi perlu disampaikan kepada dokter dan hindari pemakaian pada wajah, selangkangan, atau ketiak tanpa instruksi dokter. Jangan gunakan pada kulit yang luka atau terbakar, dan beritahukan dokter mengenai penggunaan obat lain untuk menghindari interaksi yang berbahaya.

    Efek Mometasone Furoate untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Mometasone furoate tergolong dalam Kategori C untuk penggunaan oleh ibu hamil, yang berarti studi pada hewan menunjukkan adanya risiko terhadap janin namun belum ada studi pada manusia. Ibu menyusui diizinkan menggunakannya dengan tetap waspada tidak membiarkan obat menyentuh area payudara. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum penggunaannya.

    Interaksi Mometasone Furoate dengan Obat Lain

    Kemungkinan interaksi mometasone furoate dengan obat atau produk lain relatif rendah, namun bila digunakan secara berlebihan dalam jangka waktu panjang, dapat terjadi interaksi obat. Selalu berhati-hati dengan produk perawatan kulit atau obat topikal lainnya pada area yang sedang diobati dan sampaikan kepada dokter mengenai semua jenis obat yang sedang anda gunakan.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    Ditinjau secara medis oleh apt. Diana Fatria, S. Farm

    Artikel terkait