Benzalkonium Chloride

    Benzalkonium klorida merupakan antiseptik yang memiliki kemampuan untuk menghambat perkembangan berbagai mikroorganisme termasuk bakteri, virus, dan jamur. Dapat dijumpai dalam beragam produk baik itu sebagai pengawet atau komponen di dalam obat-obat kemasan, benzalkonium klorida bertujuan untuk memperpanjang masa simpan produk.

    Golongan obat: Antiseptik dan disinfektan Merek dagang: Insto, Rohto, Y-Rins

    Apa itu Benzalkonium Chloride?

    Benzalkonium klorida dikenal sebagai bahan pengawet efektif yang mampu menekan pertumbuhan serta membunuh mikroorganisme yang hadir dalam produk. Bahan ini diaplikasikan dalam berbagai macam produk kesehatan seperti tetes mata, tetes telinga, semprotan hidung, hingga produk perawatan kulit seperti sampo, kondisioner, dan losion.

    Dosis Benzalkonium Chloride

    Dalam penerapannya, benzalkonium klorida terdapat pada produk-produk pembersih serta obat tetes dan dosis yang direkomendasikan harus sesuai dengan produk yang digunakan. Untuk penjelasan lebih detail ataupun jika ada keraguan terkait dosis, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

    Aturan Pakai Benzalkonium Chloride

    Penggunaan benzalkonium klorida sebaiknya sesuai dengan arahan dokter dan petunjuk yang tertera pada kemasan obat. Jangan mengubah dosis yang telah ditentukan oleh dokter tanpa persetujuan karena dapat berisiko memperburuk kondisi. Penggunaan yang teratur dan konsultasi pada dokter bila kondisi tidak membaik merupakan langkah penting dalam pengobatan dengan benzalkonium klorida.

    Efek Samping Benzalkonium Chloride

    Benzalkonium klorida mungkin menimbulkan beberapa efek samping antara lain:

    • Iritasi pada melta
    • Mata berair bahkan sensitif terhadap cahaya
    • Konjungtivis
    • Kulit yang teriritasi dan kemerahan Sebaiknya hubungi dokter bila efek samping ini terjadi atau bertambah buruk serta tindaklanjuti dengan penanganan medis jika terjadi reaksi alergi seperti pembengkakan pada bibir dan kelopak mata, ruam gatal, atau kesulitan bernafas.

    Peringatan dan Perhatian saat Pakai Benzalkonium Chloride

    Diperlukan kehati-hatian dalam menggunakan benzalkonium klorida seperti:

    • Sampaikan kepada dokter tentang alergi yang Anda miliki terhadap zat ini sebelum penggunaan.
    • Tidak untuk membersihkan lensa kontak.
    • Hindari penerapan pada anak di bawah usia dua tahun.
    • Jangan memakai produk ini secara berkepanjangan tanpa konsultasi dokter.
    • Beritahu dokter sebelum menggunakan pada luka terbuka yang luas, gigitan hewan, atau luka bakar.
    • Informasikan ke dokter tentang kondisi kehamilan, menyusui, atau rencana kehamilan. Segera cari bantuan medis jika muncul reaksi alergi obat.

    Efek Benzalkonium Chloride untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Untuk ibu hamil, benzalkonium klorida masuk dalam kategori C, yang berarti belum ada bukti yang mencukupi terkait keamanannya baik dari studi pada binatang maupun manusia. Konsultasi dengan dokter menjadi sangat penting sebelum penggunaan. Untuk ibu menyusui, benzalkonium klorida umumnya dianggap aman namun tetap disarankan untuk mendiskusikannya dengan dokter terlebih dahulu.

    Interaksi Benzalkonium Chloride dengan Obat Lain

    Walaupun sebagai bahan pengawet interaksi dengan obat lain cukup jarang, namun untuk mengantisipasi kemungkinan interaksi obat, penting untuk memberitahu dokter mengenai penggunaan obat lain, suplemen, atau produk herbal yang sedang dikonsumsi.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    -

    Artikel terkait