Waspada, 6 Gerakan Latihan Otot Ini Ternyata Berbahaya!

Waspada, 6 Gerakan Latihan Otot Ini Ternyata Berbahaya!

Tidak hanya sebagai tren, melakukan latihan kebugaran atau fitness telah menjadi gaya hidup kaum urban untuk menjaga kesehatan di tengah padatnya aktivitas. Selain menjaga kesehatan, latihan kebugaran kini banyak digandrungi pria karena mampu membuat tubuh terlihat lebih seksi dan berotot. 

Waspada, 6 Gerakan Latihan Otot Ini Ternyata Berbahaya!

OLAHRAGA merupakan hal penting yang harus dilakukan agar menjaga tubuh kita senantiasa sehat dan bugar. Bukan hanya sehat, jika rajin berolahraga kita akan mendapatkan bonus bentuk tubuh ideal yang diinginkan. Untuk itu, pemilihan jenis olahraga yang tepat juga perlu dilakukan agar tujuan Anda bisa tercapai.

Bagi Anda yang memiliki waktu luang, bisa melakukan aktivitas fisik seperti bersepeda, lari dan bermain bola. Akan tetapi jika Anda berfokus untuk menambah massa otot, sebaiknya melakukan olahraga berupa fitness/ gym.

Bicara mengenai latihan kebugaran otot atau fitness, saat ini baik pria maupun wanita banyak beralih pada olahraga jenis ini. Terlebih menjamurnya tempat fitness, membuat aktivitas fisik ini tidak sulit ditemukan dan mudah dijangkau.

Baca juga: 10 Makanan Sehat Terbaik Dikonsumsi Sebelum Fitness

Sementara itu untuk tujuan, memiliki badan ideal dan sehat jelas menjadi motivasi kebanyakan para pelaku fitness. Banyaknya cerita dan gambaran tentang perubahan fisik drastis para pelaku fitness yang semakin menarik, membuat olahraga ini semakin digilai. 

Sayangnya, banyak orang yang cenderung asal dalam melakukan olah otot ini. Kurangnya pengetahuan dan pengalaman membuat fitness sering dilakukan secara asal dan tanpa pendampingan. 

Padahal, melansir Mens Fitness terdapat 6 latihan otot yang ternyata berbahaya bagi tubuh Anda. Apa saja? Simak infonya berikut ini. 

1. Latihan The Long-Hold Plank

Dari seluruh gerakan latihan fitness yang biasanya Anda jalani, gerakan ini merupakan yang paling populer. Tidak memerlukan alat apapun, Anda cukup berbaring dengan posisi menghadap lantai seperti push-up sambil menahan beban tubuh menggunakan kedua tangan yang ditekuk membentuk huruf "L".

Gerakan ini dipercaya dapat melatih otot perut serta lengan menjadi lebih kuat. Sayangnya, ahli mengatakan jika gerakan ini justru dapat menghasilkan asam laktat yang menimbulkan sensasi terbakar saat Anda melakukan plank beberapa menit. 

Terlebih jika Anda melakukannya sembarangan, gerakan ini justru dapat melukai punggung. Untuk itu jangan lakukan plank lebih dari satu menit, dan ganti gerakan untuk menghindari cedera.

2. Latihan The Upright Row

Latihan upright row merupakan latihan yang berfungsi melatih otot bahu dan dada. Latihan ini adalah latihan beban yang dilakukan dengan memegang pegangan dengan pegangan overhand dan mengangkatnya lurus ke atas tulang selangka.

Latihan ini menggabungkan otot trapezius, deltoids dan bisep. Gerakan populer ini menghasilkan aktivasi otot paling banyak untuk delesi anterior, tengah, dan posterior.

Meskipun gerakan ini adalah salah satu gerakan populer untuk melatih otot pada saat fitness ataupun nge-gym, Anda tetap harus berhati-hati, karena gerakan ini merupakan salah satu gerakan berbahaya jika tidak dilakukan secara benar. Posisi menempatkan bahu dan lengan dalam secara berlarut-larut dan diputar internal dapat menciptakan cedera yang berbahaya pada bahu.

Dapatkan Mutant Whey Chocolate - 10Lbs dengan harga Rp 1.537.500,- Beli di sini

3. Latihan Leg Press

Leg Press merupakan latihan yang paling populer untuk melatih otot kaki dan menggunakan mesin leg. Latihan ini bertujuan untuk membentuk otot kaki dan paha supaya lebih kuat.

Pada saat melakukan latihan ini otot tubuh Anda yang bekerja adalah otot paha depan, paha belakang, glutes dan betis.

Latihan ini memang cukup mudah untuk dilakukan tapi bukan berarti Anda bisa meremehkan latihan ini. Karena ternyata latihan ini adalah salah satu latihan yang cukup berbahaya apalagi jika dilakukan dengan menggunakan beban press yang sangat berat.

Beberapa kesalahan latihan leg press menurut Optimum Nutrition yaitu menurunkan bar terlalu dalam, posisi tumit yang tidak berpijak sempurna, posisi lutut sedikit menekuk ke dalam, pijakan kaki yang kurang sempurna, mengunci posisi kedua lutut dan melakukan partial reps sejak awal.

Kesalahan-kesalahan latihan leg press ini akan membahayakan otot kaki dan paha Anda, oleh karena itu sebaiknya lebih berhati-hati dan melakukan leg press secara sempurna.

Baca juga: Jangan Salah Beli Suplemen Fitnes, Baca Dulu Tips Berikut!

4. Latihan Pecs Deck 

Latihan ini adalah latihan yang berfungsi melatih dan membentuk otot dada. Untuk melakukan latihan ini Anda harus menggunakan mesin deck pack yang berfungsi untuk memfokuskan latihan pada otot-otot dada.

Pec deck machine ini memiliki dua lengan bantalan vertikal, tempat Anda meletakkan lengan. Beberapa yang lain memiliki pegangan yang dapat Anda genggam dengan menggunakan kedua tangan.

Dek peck machine ini memang sangat baik dalam hal menghasilkan tingkat pengaktifan otot utama dan membentuk otot dada. Jadi pertanyaannya adalah mengapa latihan ini termasuk latihan yang berbahaya?

Dari sudut pandang kinesiologis, deck pack menempatkan bahu Anda, yang diputar dan diputar secara eksternal, dalam posisi yang sangat rentan terutama saat Anda memasuki jenis beban berat yang ingin bekerja di dada, hal ini akan membahayakan bahu dan dada Anda.

Dapatkan Universal Nutrition Fat Burners - 55 dengan harga Rp 292.000,- Beli di sini

5. Latihan Bodyweight Dips

Diantara berbagai latihan otot sebelumnya latihan ini merupakan latihan yang paling mudah dan murah untuk dilakukan. Anda tak perlu melakukannya di tempat gym ataupun harus mengeluarkan uang yang banyak untuk membayar instruktur gym.

Selain itu latihan body weight bisa Anda lakukan dengan bervariasi dan tidak berpaku pada alat-alat itu saja. Anda bisa melakukan push up, lari dan sit up. Lalu pertanyaanya adalah mengapa latihan ini juga dianggap berbahaya? bukankah latihan ini mudah dan gratis? Bukankah ini merupakan latihan fitness yang benar?

Latihan ini dianggap berbahaya jika  Anda mendorong diri Anda keluar dari tempat tidur atau kursi dan tidak memiliki kekuatan di otot pendukung. Hal ini berisiko melukai ujung saraf Anda. Untuk lebih amannya latih otot triceps dengan push up.

Selain ke enam gerakan latihan di atas yang ternyata bisa berbahaya untuk Anda, ada dua hal juga sering dilupakan namun sangat berbahaya. 

6. Latihan Seated Torso Rotation


Latihan jenis ini merupakan gerakan otot dengan menggunakan mesin seated torso yang bertujuan untuk membentuk pinggan Anda.

Cara menggunakan alat fitness ini tergolong sangat mudah. Anda cukup duduk di dudukan yang sudah tersedia, kemudian memegang handle dengan tangan Anda dan mulai memutar pinggang ke kiri dan kanan. 

Terlihat mudah memang, namun jika Anda terlalu bersemangat memutar pinggang dan tanpa pengawasan khusus, bukan tidak mungkin syaraf pada punggung dapat terluka dan menyebabkan cedera yang serius. 

Mengangkat Beban Terlalu Berat

    Demi mendapatkan bentuk tubuh yang diiginkan sering kali pada saat nge gym Anda terlalu memaksakan diri untuk mengangkat beban yang terlalu berat. Terutama bagi pria, demi tubuh yang sempurna mereka menambah beban tiap harinya tanpa memperdulikan keadaan otot.

    Padahal sesungguhnya memaksakan tubuh untuk mengangkat beban yang berat bisa merusak dan merobek otot. Gerakan latihan dengan menambah beban secara terus menerus serta terlalu banyak set bisa membuat sendi dan tendon kelelahan ditambah lagi jika gerakan yang Anda gunakan tidak sempurna.

    Menurut ahli, sudah beberapa pasien yang datang mengeluh ke dokter dengan keluhan nyeri yang hebat pada bahu dan ternyata hal ini diakibatkan oleh otot yang robek total. Untuk itu, Anda bisa menambah beban secara periodik atau step by step, yaitu jumlah set Anda atur disetiap bulannya pada saat latihan.

    Tidak Melakukan Pemanasan

    Pemanasan merupakan hal yang sangat penting dilakukan sebelum melakukan olahraga. Pemanasan memiliki fungsi mempersiapkan otot tubuh dan mengadaptasikan tubuh sebelum melakukan olahraga intinya. Berbagai macam latihan otot apapun mengharuskan pelakunya untuk melakukan pemanasan di awal.

    Meskipun banyak yang beranggapan melakukan pemanasan membuat tubuh jadi cepat lelah, pemanasan harus tetaplah dilakukan agar tidak otot tidak cedera dan demi latihan fitness yang benar. Melakukan pemanasan juga tidak memakan waktu lama dan tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga ekstra.

    Pemanasan awal bisa dilakukan dalam kurung waktu 8-10 menit dengan berfokus pada bahu, pinggul dan dada. Tidak melakukan gerakan pemanasan dapat menimbulkan hal yang berbahaya bagi tubuh Anda seperti kram otot, sakit kepala, tendensis dan lebih cepat lelah.

    Adapun manfaat pemanasan bagi tubuh yaitu meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan koordinasi dan keseimbangan, meningkatkan kebugaran dan tentunya mengurangi resiko cedera pada saat berolahraga nantinya.

    3 comments

    http://slkjfdf.net/ – Oofjiwes Omuziceru zij.lhtb.favo.id.vzr.kr http://slkjfdf.net/

    inobufo

    http://slkjfdf.net/ – Ukomajici Iritboba rqv.duwo.favo.id.axr.cj http://slkjfdf.net/

    orocubuqwdiki

    Mengenai beban berat? Tujuan kita latihan kan merusak otot ? Pertanyaan saya, saya biasa nya paken beban berat tapi repitisi sedikit, atau malah bagusan beban ringan repitisi banyak? Gimana munurut admin ,apalagi di usia saya yang masih mudah ini kan masih kuat kuat nya

    Fashih

    Leave a comment