Superfood, Makanan Sehat dengan Manfaat Super

Gaya hidup sehat tidak hanya dengan rutin berolahraga saja, tapi juga memperhatikan pola makan sehat yang didukung dengan menu sehat pula. Salah satu contoh menu sehat yang akan mendukung pola hidup sehat Anda adalah superfood. Apa itu superfood? Ini adalah makanan bergizi yang sebagian besar berasal dari tumbuhan.

Superfood, Makanan Sehat dengan Manfaat Super

DISEBUT superfood karena makanan-makanan ini mengandung nutrisi dan vitamin yang sangat baik untuk tubuh. Tak tanggung-tanggung, makanan sehat yang disebut superfood ini juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah risiko kanker, lemak sehat yang baik untuk kesehatan jantung, dan serat yang baik untuk mengatasi gangguan pencernaan dan diabetes.

Nah, apa saja makanan bergizi yang masuk ke dalam kategori superfood?

Blueberry

Blueberry masuk ke dalam daftar superfood karena kaya akan vitamin, serat larut, dan fitokimia. Seperti yang kita ketahui, cara hidup sehat juga harus didukung dengan mengonsumsi makanan superfood seperti blueberry ini. Kandungan yang terdapat pada blueberry juga bisa ditemukan di stroberi dan cranberry. Kandungan fitokimia dalam buah blueberry dapat berperan sebagai flavonoid untuk mengurangi risiko penyakit jantung pada wanita muda.

jual suplemen antioksidan lengkap dan murah

Kiwi

Buah kiwi juga berada dalam daftar makanan sehat karena mengandung Vitamin C yang sangat tinggi dan kaya antioksidan. Kandungan nutrisi di dalam buah kiwi dianggap lebih banyak dibanding buah-buahan lainnya.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2011 dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa konsumsi buah kiwi dapat membuat kualitas tidur menjadi lebih baik, terutama bagi orang-orang yang sering mengalami gangguan tidur. Hal ini disebabkan karena kiwi mengandung serotonin, hormon yang mendorong seseorang untuk memiliki kualitas tidur yang baik.

Baca juga: Tidur Telanjang Dapat Meningkatkan Kesehatan?

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Untuk mendukung pola hidup sehat, konsumsi superfood seperti kacang-kacangan dan biji-bijian. Kacang merupakan sumber protein yang rendah lemak.

Di samping itu, kacang juga mengandung serat larut yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama serta untuk menurunkan kolesterol. Begitupun dengan biji-bijian yang mengandung protein, vitamin, mineral, serat, dan antioksidan.

Kale

Kale atau yang dikenal sebagai daun kubis adalah sayuran berwarna gelap yang juga masuk dalam daftar superfood. Pasalnya, kale mengandung serat, Vitamin A, C, K, kalsium, dan beberapa jenis mineral yang sangat sehat untuk tubuh. Bagi Anda yang ingin mempraktekkan cara hidup sehat, masukkan kale ke dalam menu sehat Anda sehari-hari.

jual suplemen multivitamin terlengkap

Ubi Jalar

Tahukah Anda bahwa ubi jalar juga termasuk dalam makanan superfood yang kaya akan serat dan Vitamin A. Untuk mengonsumsi ubi jalar ini secara sehat, Anda bisa merebus atau membakarnya tanpa tambahan mentega. Pada umumnya, ubi jalar sudah mengandung rasa manis yang alami. Jadi, Anda tak perlu menambahkan apapun saat memasak ubi jalar.

Ikan

Tidak semua jenis ikan masuk dalam daftar superfood, tapi ikan salmon, sarden, dan mackerel masuk ke dalam daftar superfood yang bergizi. Jenis ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Usahakan untuk mengonsumsi ikan-ikan ini dalam keadaan segar, bukan ikan yang sudah dikalengkan.

Baca juga: 7 Khasiat Ikan Salmon untuk Vitalitas Pria

Delima

Tak ada yang menyangka bahwa buah delima dianggap sebagai makanan bergizi. Buah eksotis ini mengandung nutrisi yang mungkin tidak Anda temukan di buah lain, seperti asam ellagic yang memiliki sifat anti-kanker. Selain buah delima, buah lain yang dianggap sebagai superfood yang setara dengan delima adalah buah naga, buah noni, dan rambutan.
Kembali ke blog

Tulis komentar

Ingat, komentar perlu disetujui sebelum dipublikasikan.

Produk Rekomendasi

Tutup

Artikel terkait