Pomade, Wax, dan Hair Gel, Mana yang Terbaik?

Seiring perkembangan tren, banyak para pria yang menjadikan rambutnya terlihat lebih klimis dan rapi. Untuk bisa membentuk gaya rambut, berbagai jenis minyak rambut tersedia di pasaran seperti pomade, wax, dan gel. Sudah tahu perbedaannya? 

Pomade, Wax, dan Hair Gel, Mana yang Terbaik?

SAKING banyaknya jenis minyak rambut tersebut jangan sampai membuat kita asal pilih dalam pemakaiannya. Setiap jenis minyak rambut memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Untuk lebih mengenal setiap jenis minyak rambut ini kami telah merangkumnya sebagai berikut.

Pomade

Pomade rambut merupakan jenis minyak rambut yang terbuat dari zat berminyak atau sejenis bahan dari wax (lilin) yang kemudian digunakan sebagai penataan gaya rambut. Penggunaan pomade bertujuan agar rambut terlihat lebih mengkilap dan licin.

Tidak seperti gel, pomade tidak membuat rambut Anda menjadi kering dan pomade memungkinkan Anda untuk menata gaya rambut apapun sepanjang hari. Saat ini, pomade telah menjadi minyak rambut yang sangat populer di kalangan pria karena terbukti mampu mempertahankan bentuk rambut lebih lama dari produk perawatan rambut lainnya.

Secara umum pomade terbagi menjadi dua kategori utama:

Oil-Based Pomade

Oil-based pomade atau pomade berbasis minyak tidak larut dalam air. Pomade ini mampu bertahan dalam waktu lama di rambut kita ketika sudah diaplikasikan. Oil-based pomade lebih slick dan memberikan efek yang lebih mengkilap pada rambut.

Dalam pemakaiannya, oil-based pomade akan terasa sedikit berat pada rambut dan akan meninggalkan sisa minyak setelah seharian dipakai. Untuk membersihkannya butuh 2-3 kali keramas untuk menghilangkan efek minyaknya.

Namun oil-based pomade biasanya dijual dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan water-based pomade.

jual Nu Nile oil based pomade murah dan lengkap

Nu Nile Pomade, Rp. 60,000, beli di sini

Water-Based Pomade

Pomade berbasis air ini dianggap lebih ramah bagi rambut kita. Pomade jenis ini diciptakan agar rambut kita tidak berminyak namun tetap mendapatkan performa natural yang sama seperti oil-based pomade.

Water-based pomade pada dasarnya merupakan modernisasi dari oil-based pomade. Karena pomade ini berbasis air, maka dalam penggunaannya akan terasa lebih kering beberapa saat setelah diaplikasikan ke rambut.

Selain itu, water-based pomade terasa lebih ringan ketika digunakan. Untuk membersihkannya pun cukup dalam sekali keramas. Sayangnya, pomade jenis ini biasanya memiliki harga lebih mahal dibanding oil-based pomade.

jual Suavecito water based pomade

Suavecito Pomade Original, Rp. 190,000, beli di sini

    Clay

    Produk ini relatif baru untuk produk styling rambut pria. Fakta menarik adalah produk ini benar-benar menggunakan bahan tanah liat dalam formulasinya.

    Bahan tanah liat yang paling sering digunakan dalam pembuatan clay ini adalah bentonite, yang merupakan bahan alami yang terbentuk dari pelapukan abu vulkanik.

    Clay berfungsi untuk membuat rambut terlihat lebih berisi dan mempertahankan struktur rambut Anda sepanjang hari.

    Meski dibuat dari bentonite namun tidak terasa berat saat diaplikasikan ke rambut. Clay juga memiliki kelebihan dibandingkan dengan produk-produk lainnya, yaitu:

    • Clay mampu menarik kotoran dari rambut tanpa membuat rambut kehilangan minyak alami di dalamnya.
    • Clay merangsang batang rambut dan kulit kepala sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan rambut.
    • Clay kaya akan nutrisi dan mineral yang berguna memelihara rambut dan kulit kepala.
    • Clay juga bisa sebagai kondisioner alami, membantu melembabkan dan menjaga kesehatan rambut.

    Wax

    Wax rambut adalah minyak rambut yang terbuat dari bahan minyak wax atau lilin. Produk ini mampu membuat rambut lebih kaku sekaligus terlihat basah namun rambut masih bisa ditata ulang tanpa meninggalkan rasa lengket.

    Wax juga bisa melembabkan rambut serta menambah volum rambut itu sendiri, sehingga rambut terlihat lebih berisi. Tidak seperti pomade, wax tidak meninggalkan efek minyak yang banyak sehingga sangat mudah untuk dibersihkan.

    Terdapat beberapa jenis wax yang dijual secara umum seperti Solid Wax, Gel Wax, dan Cream Wax.

    jual wax rambut terlengkap

    Gatsby Moving Rubber Grunge Mat, Rp. 82,000, beli di sini

    Hair cream

    Hair cream merupakan emulsi yang mengandung setting agent yang dapat mempengaruhi daya set pada rambut Anda. Hair cream mampu memberikan efek berkilau pada rambut berkat kandungan minyaknya. Tidak jarang produk hair cream yang sekarang ini beredar di pasaran telah dilengkapi bahan seperti minyak zaitun, chamomile, dan sebagainya.

    Hair gel

    Hair gel adalah salah satu jenis minyak rambut yang lebih kasar, kaku dan keras dibanding hair wax. Produk ini mengandung resin tang yang dapat melapisi rambut dengan kuat dan kaku, namun tetap membuat rambut terlihat basah dan berkilau berkat kandungan air di dalamnya.

    Hair gel sangat cocok digunakan bagi Anda yang suka gaya rambut berdiri seperti mohawk. Namun hair gel memiliki kelemahan yakni kandungan air di dalamnya membuat produk ini tidak bisa bertahan lebih lama pada rambut.

    jual wax rambut terlengkap

    L'Oreal Studio L Mineral FX Invisi'Gel Extra Strength, Rp. 69,800, beli di sini

    Mousse

    Secara umum mousse memiliki dua jenis, ada yang berupa krim dan juga yang berbentuk cairan. Mousse berfungsi menjadikan rambut terlihat lebih mengembang tanpa terlihat menumpuk dengan mempertahankan tampilan alami pada rambut.

    Mousse bisa digunakan untuk hampir segala gaya rambut pria. Jika mousse digunakan pada rambut basah, Anda bisa memberikan tampilan yang ramping, basah serta mengkilap. Sedangkan jika digunakan pada rambut kering, mousse akan menjaga bentuk dan tekstur rambut tetap alami.

    Kelebihan mousse adalah Anda dapat mengatur ulang gaya rambut sepanjang hari tanpa harus terlihat kaku. Kelemahannya jika digunakan terlalu banyak akan membuat rambut mengeras dan lengket.

    Serum

    Serum merupakan produk berupa cairan yang penggunaannya dengan cara disemprotkan ke rambut. Serum paling cocok digunakan bagi Anda yang memiliki rambut cenderung keriting. Serum berfungsi menjadikan rambut lebih lembut dan berkilau sehingga cenderung tidak digunakan untuk membentuk tatanan rambut.

    Hair oil

    Hair oil merupakan produk yang ditujukan sebagai perawatan rambut, bukan penataan gaya rambut. Hair oil adalah minyak untuk rambut yang mengandung berbagai macam esensial yang berfungsi melindungi rambut dari kerusakan, melembabkan rambut, serta mudah ditata dan memberikan efek kilau secara alami tanpa meninggalkan rasa lengket atau lepek.

    Kenapa bisa begitu? Karena hair oil mengandung sejumlah bahan alami sebagai berikut:

    • Argan Oil: berguna untuk melindungi rambut dan membuatnya lebih halus, lembut, dan lurus.
    • Coconut Oil: bermanfaat guna meningkatkan kesehatan rambut secara menyeluruh dengan masuk ke dalam batang rambut dan memperkuat titik-titik lemah dalam rambut.
    • Almond Oil: mengandung vitamin A, B, dan E yang berguna meningkatkan kesehatan rambut dan memberikan bentuk rambut lebih padat dan bersinar.
    • Olive Oil: menghidupkan rambut yang kering.

     Hairspray

    Hairspray mengandung styling agent yang mampu membuat dan mempertahankan tatanan rambut dengan kuat. Secara umum hairspray dibuat oleh bahan yang mengandung alkohol dan polimer, hampir mirip dengan yang terdapat pada cat namun bahan hairspray aman, fleksibel, dan cepat kering.

    Sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan hairspray karena terdapat kandungan bahan kimia yang berpengaruh pada kesehatan rambut. Gunakan di saat tertentu saja seperti ketika hendak menghadiri acara penting.

    Kembali ke blog

    Tulis komentar

    Ingat, komentar perlu disetujui sebelum dipublikasikan.

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    Artikel terkait