Fakta Menarik Bunga Krisan

Chrysanthemum atau yang akrab dikenal dengan sebutan Bunga Krisan ini adalah sebuah jenis tanaman bunga tropis asal Cina. Bunga ini masuk dalam family Asteraceaez, yang didalamnya juga terdiri dari beberapa jenis bunga populer lainnya seperti Aster, Dahlia, Pot Marigold, Zinnia dan Starflower.

Fakta Menarik Bunga Krisan

BUNGA krisan adalah salah satu dari 5 bunga paling hits di dunia. Maka tak heran jika populasinya pun kian beragam, karena banyak penggemar bunga yang mencoba membuat berbagai variasi terbaru dari bunga krisan ini setiap tahunnya. Tak hanya warna, bahkan variasi bunga krisan baru pun banyak tercipta, dalam berbagai ukuran hingga bentuk.

Secara umum bunga krisan dapat dibedakan menjadi 2 kategori, yaitu dalam tipe standar dan spray. Bunga krisan standar akan menghasilkan satu kepala bunga di setiap satu tangkai, sedangkan tipe spray akan menghasilkan 3-7 bunga ditangkainya.

Dari segi bentuk, bunga krisan dapat hadir dalam bervariasi wujud seperti daisy, spider, fuji, chusion, button dan disbud. Sedangkan untuk warna, bunga krisan banyak hadir dalam balutan warna putih, kuning, merah, orange, pink dan dua warna atau lebih.

Bunga krisan sangat mudah dirawat, karena bunga ini dapat tumbuh di dalam maupun luar ruangan. Namun perkembangan maksimalnya dapat terlihat jika bunga krisan ditanam di tanah yang subur dan langsung terpapar sinar matahari.

Jenis bunga ini akan sering terlihat di toko bunga sejak musim panas hingga gugur. Dan fakta tersebut seolah dikuatkan, sebab bunga krisan memang sangat laris terjual antara bulan Agustus hingga November.

Dapatkan Rose Dancing Cloud Luxury in Vase dengan harga Rp 745.000,- Beli di sini

Untuk dijadikan sebagai bunga hias, bunga krisan terbilang mampu bertahan lama dibandingkan jenis bunga lainnya. Bunga ini mampu mempertahankan kecantikannya di dalam vas maksimal hingga 2 minggu.

Daun pada tangkai bunga krisan biasanya mati lebih awal dibandingkan bunganya, oleh karena itu sebaiknya singkirkan terlebih dahulu dedaunan di tangkai Krisan sebelum Krisan dimasukkan ke dalam vas. Dan satu lagi, Krisan mampu menghasilkan gas ethylene, maka ada baiknya jauhkan vas Krisan dari bunga-bunga lain seperti carnation dan anggrek, yang biasanya sensitif terhadap gas tersebut.

Fakta Menarik Seputar Bunga Krisan:

  • Chrysanthemum berasal dari bahasa Yunani "khrusos" yang artinya emas dan "anthemom" yang memiliki arti bunga.
  • Jika ditanam di dalam ruangan, bunga ini dapat menghilangkan toksin di udara. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian NASA, saat lembaga antarika Amerika tersebut meneliti masalah polusi udara.
  • Zat yang dikenal pyrethrins pada bunga krisan dapat digunakan sebagai insektisida alami. Zat ini mampu menyerang sistem saraf serangga dan mencegah gigitan nyamuk betina.
  • Daun dan bunga krisan dapat dikonsumsi. Daunnya banyak dijadikan menu rebusan sebagai hidangan sayur pada menu masakan China, yang sangat berguna bagi pencernaan.
jual rangkaian bunga krisan murah
  • Teh Krisan sangat populer di China. Tidak hanya soal rasa, bunga krisan juga banyak memberikan khasiat untuk kesehatan. Ketika diramu kedalam bentuk teh, bunga krisan sangat berkhasiat sebagai penunjang relaksasi, mempertahankan kesehatan paru-paru, menyembuhkan radang tenggorokan, demam, sakit kepala, dan mengatasi mata gatal dan kering.
  • Bunga krisan diperhitungkan sebagai penanda hadirnya bulan November.
  • Bunga krisan adalah salah satu jenis bunga yang dapat dirangkai seperti bonsai.
  • Bunga krisan umumnya memiliki diameter paling kecil 1 cm dan paling besar maksimal hingga 25 cm saat berbunga.
  • Di beberapa negara Eropa, bunga krisan biasanya digunakan sebagai rangkaian bunga untuk melambangkan suasana duka, seperti di makam maupun saat upacara penguburan.
Baca juga: Makna di Balik Karangan Bunga Duka Cita
    • Di tahun 1966, bunga krisan dipilih sebagai bunga resmi nasional di Chicago, IL, New Orleans dan USA.
    • Di Australia, bunga krisan sering digunakan sebagai buket bunga pada perayaan hari ibu. 
    • Ada sekitar 40 jenis bunga krisan liar dan ribuan jenis bunga krisan baru yang berhasil dikreasikan lewat budidaya bunga krisan.
    jual karangan bunga krisan murah dan lengkap
    • Bunga krisan dibawa ke Eropa pada abad ke 18 dan ke amerika satu abad setelahnya, Pada masa itu, sudah mulai banyak orang yang merangkai bunga krisan ke dalam berbagai bentuk.
    • Jenis bunga ini memiliki banyak manfaat, baik sebagai bunga hias maupun kebutuhan pengobatan
    • Batang bunga krisan memiliki tinggi sekitar 5-15 cm tergantung pada jenis dan spesiesnya,
    • Warna bunga krisan umumnya berwarna merah, kuning, putih dan ungu. Sedangkan warna jenis lain ada juga yang berwarna pink, lavender dan banyak warna.
    • Bunga krisan adalah jenis bunga tangkai yang memiliki banyak bunga atau sering disebut Florest. Florest yang di tengah umumnya dikenal sebagai disk florest. Sedangkan yang berada di sekitar disk dikenal dengan istilah ray florest.
    • Disk florest biasanya disebut sebagai bunga sempurna karena pada bunga bagian ini memiliki serbuk sari dan putik (organ reproduksi jantan dan betina pada bunga). Ray florest disebut juga sebagai bunga yang tidak sempurna karena hanya memiliki organ betina saja (putik).
    • Bunga krisan dapat dibagi menjadi 13 kategori jenis bunga yang berbeda. Masing-masing bunga memiliki susunan ray dan disk florest yang sangat spesifik. Beberapa diantaranya yaitu terdapat pada jenis bunga krisan daisy, spider, chusion dan button.

    Dapatkan Personalised Rose, Tulip, and Lilac Freesia In Vase dengan harga Rp 845.000,- Beli di sini
      • Daun bunga krisan dibagi menjadi beberapa jenis. Ada yang bertekstur halus dan ada juga yang bergerigi. Kedua jenis daun tersebut tersusun rapih pada bagian tangkai.
      • Buah yang dihasilkah bunga krisan disebut ribbed achene.
      • Bunga krisan melambangkan keceriaan, kebahagiaan, cinta, dan duka, tergantung pada warna dan budaya tertentu.
      • Di China, bunga ini masuk ke dalam salah satu jenis bunga yang disebut "Four Gentlemen" (yang lainnya adalah plum blossom, anggrek dan bambu). Karena keempat bunga tersebut umum dijadikan sebagai penanda empat musim, dimana anggrek sebagai penanda musim semi, bambu penanda musim panas, bunga krisan penanda musim gugur dan plum blossom sebagai penanda musim dingin. Selain itu, Krisan juga sering digunakan oleh Tao Qian dalam beberapa puisi populer China dan sering juga digunakan sebagai simbol kebangsawanan di China.
      jual rangkaian bunga krisan dalam vas terlengkap
      • Bunga krisan dibawa ke Jepang oleh Biksu-biksu Budha. Kaisar Jepang sangat menyukai bunga krisan, sehingga bunga ini menjadi simbol tahta di Jepang.
      • Bunga krisan masuk ke dalam hortikultura Amerika pada tahun 1798 saat Kolonel John Stevens mengimpor variasi Krisan yang dikenal "Dark Purple" dari Inggris.
      • Festival bunga krisan diadakan setiap tahun di Tongxiang, Dekat Hangzhou, China.
      • Festival kebahagiaan di Jepang juga menggunakan karangan bunga krisan sebagai ornamen utama.
      • Menurut ilmu feng shui, bunga krisan dipercaya sebagai bunga yang mampu menebarkan kebahagiaan dan gelak tawa di dalam rumah.
      • Istilah bunga krisan juga digunakan sebagai jenis ledakan yang dihasilkan oleh jenis kembang api tertentu.
      Kembali ke blog

      1 komentar

      Saya mau pesan bunga ini

      Ariel maha woya

      Tulis komentar

      Ingat, komentar perlu disetujui sebelum dipublikasikan.

      Produk Rekomendasi

      Tutup

      Artikel terkait