8 Trik Untuk Membuat Buket Bunga Anda Bertahan Lebih Lama

8 Trik Untuk Membuat Buket Bunga Anda Bertahan Lebih Lama

Mendapatkan sebuah buket bunga tentu sangat menyenangkan hati, namun terasa sayang jika harus melihat buket bunga cepat layu dan mati. Adakah tips menjaga buket bunga lebih tahan lama?

8 Trik Untuk Membuat Buket Bunga Anda Bertahan Lebih Lama

BUNGA apapun akan lebih sedap dipandang jika ditata dengan baik sebagai bunga meja di vas. Akan tetapi, menjaga kuntum-kuntum bunga tetap segar dan tidak layu membutuhkan trik khusus.

Jangan biarkan bunga hias Anda menjadi pusat perhatian karena alyu dan tidak lagi segar. Simak trik berikut untuk menjaga bunga potong segar lebih lama.

Soda

Ketika Anda menyimpan minuman soda dalam kulkas jangan langsung dihabiskan atau membuangnya. Sisakan ¼ cangkir soda untuk dicampur dengan air di wadah menyimpan bunga mawar Anda. Kandungan gula di dalam minuman soda akan membuat bunga mekar lebih lama. Jika vas bunga mawar Anda berwarna bening, sebaiknya gunakan minuman soda yang tidak berwarna seperti Sprite atau 7 up.

Hairspray

Hair spray berguna untuk menahan tatanan rambut Anda menjadi tahan lama. Begitu pula jika disemprotkan ke buket bunga, akan membuat bunga menjadi segar lebih lama. Caranya adalah dengan menyemprotkan sedikit saja hairspray, semprotkan dari jarak sekitar 30 sentimeter dan semprotkan di bagian daun dan kelopak bunga.

Dapatkan 15 Red Roses in Vase dengan harga Rp 495.000,- Beli di sini

Cuka sari apel

Semua orang tentu ingin menyimpan hiasan bunga mereka lebih lama dan tentu saja terdapat caranya! Salah satunya adalah dengan menggunakan cuka sari apel, campurkan 2 sendok makan cuka sari apel dan 2 sendok makan gula pasir.

Campurkan kedua bahan ke dalam air di vas bunga dan aduk merata. Lalu, taruh lah buket bunga Anda. Untuk menjaga ketahanannya lebih lama lagi, ganti campuran air setiap beberapa hari sekali.

Vodka

Tidak disangka jika ternyata minuman beralkohol ini mampu menjaga kesegaran bunga Anda. Vodka dapat membantu menekan pertumbuhan bakteri di air dalam vas. Campurkan beberapa tetes vodka dan 1 sendok teh gula. Ganti air beberapa hari sekali sekaligus dengan campurannya.

Baca juga: 3 Kesalahan Merangkai Bunga Dalam Vas

Aspirin

Obat pereda rasa sakit ini telah dicoba dan dibuktikan menjaga kesegaran bunga mawar lebih lama. Caranya adalah dengan, hancurkan beberapa butir tablet aspirin dan campurkan ke dalam air vas. Jangan lupa untuk mengganti airnya beberapa hari sekali.

Pemutih

Bunga yang segar dan baru saja dipetik akan awet kesegarannya jika ditaruh dalam campuran 1 liter air dengan ¼ sendok teh pemutih atau campuran 1 liter air, 3 tetes pemutih dan 1 sendok teh gula pasir. Campuran ini akan menjaga air tidak menjadi keruh dan mencegah pertumbuhan bakteri.

Dapatkan Dreaming In Pink In Vase dengan harga Rp 495.000,- Beli di sini

Koin

Buket bunga Anda akan lebih tahan lama di dalam vas jika airnya dicampur dengan 1 blok gula dan dicelupkan koin tembaga. Tembaga yang terdapat pada koin bekerja sebagai acidifier, yaitu dapat mencegah pertumbuhan bakteri.

Gula

Anda dapat membuat sendiri pengawet untuk karangan bunga Anda. Campurkan 3 sendok makan gula pasir dan 2 sendok makan cuka putih ke dalam 1 liter air hangat. Ketika Anda mengisi vas dengan campuran air tersebut, pastikan batang buket bunga terendam sepanjam 7 sampai 10 sentimeter.

Kandungan gula dalam air akan menutrisi bunga Anda sedangkan kandungan cuka akan menghalangi pertumbuhan bakteri. Anda akan kaget mengetahui berapa lama bunga dekorasi di vas Anda dapat bertahan lama.

Leave a comment