7 Makanan dan Suplemen yang Anda Butuhkan untuk Membangun Otot

Memiliki bentuk tubuh yang lebih atletis adalah suatu kebanggan tersendiri bagi para pria. Ketika olahraga dan tips olahraga sudah dilakukan, terkadang hasilnya pun belum sesuai harapan. Ternyata tidak hanya olahraga yang harus Anda lakukan untuk membentuk otot, Anda juga harus mengonsumsi makananan dan suplemen tertentu.

7 Makanan dan Suplemen yang Anda Butuhkan untuk Membangun Otot

SELAIN olahraga, gaya hidup dan pola makan pun dapat membantu Anda untuk membentuk otot agar tubuh Anda menjadi lebih atletis.

Ketka tips olahraga sudah dilakukan, tidak sedikit yang mengeluhkan bahwa otot mereka tak kunjung terbentuk.

Untuk membentuk dan membangun otot, olahraga saja tidak cukup, Anda perlu istirahat yang cukup dan nutrisi yang lengkap.

Berikut adalah jenis makanan dan suplemen yang harus Anda konsumsi untuk membantu pembentukkan otot Anda agar bentuk tubuh menjadi lebih atletis:

1. Makanan Berprotein Tinggi

Protein memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan otot. Di dalam protein, terdapat 8 asam amino esensial yang  tidak bisa diproduksi oleh tubuh.

Maka dari itu makanan yang memiliki protein tinggi dan lengkap wajib hukumnya untuk dikonsumsi. Beberapa jenis makanan yang memiliki kadar protein tinggi di antaranya daging hewani, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Baca juga: 3 Sumber Protein Ini Bagus Banget Buat Otot!

2. Air

Air berperan dalam membentuk 80% massa otot Anda. Proses sintetis protein pada tubuh terjadi pada tingkat yang lebih tinggi dalam sel otot yang terdehindrasi dengan baik.

Kurangnya asupan air membuat tubuh Anda lebih sulit menyintetis protein untuk membuat otot Anda lebih besar.

Dengan mengonsumsi air yang cukup, Anda juga dapat mencegah gejala penyakit yang akan muncul pada tubuh Anda.

3. Karbohidrat

Karbohidrat berfungsi sebagai bahan bakar untuk tubuh agar dapat beraktivitas dengan baik. Jika Anda tidak mendapatkan cukup karbohidrat dalam makanan, Anda mungkin sudah sampai pada suatu titik di mana menjadi lebih sulit untuk membangun otot pada tubuh.

Karbohidrat yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga berat badan Anda sebaiknya didapat dari sumber karbohidrat yang kompleks seperti gandum, sayuran, kacang-kacangan, dan quinoa.

Baca juga: 5 Karbohidrat Sehat yang Harus Anda Konsumsi

4. Kreatin

Kreatin merupakan gabungan dari berbagai jenis asam amino seperti glycine, arginine, dan methionine. Tubuh dapat memproduksi kreatin secara alami untuk membantu pertumbuhan otot Anda.

Kreatin bekerja untuk meningkatkan kekuatan atau tenaga Anda saat melakukan latihan atau olahraga yang akan memacu otot untuk lebih bekerja secara maksimal.

Kreatine akan memperbanyak produksi ATP, ATP adalah zat yang dapat meningkatkan durasi kontraksi otot.

5. Kafein

Kafein dipercaya bisa mengurangi rasa lelah Anda ketika melakukan berbagai macam aktivitas. Ternyata manfaat kafeini juga bisa dirasakan jika diminum sebelum olahraga.

Temuan ilmuwan olahraga di University Coventry, Inggris, menunjukkan bahwa kafein yang berada di kopi dapat memacu kekuatan otot.

Hal ini dapat diartikan bahwa kafein berfungsi sebagai stimulan untuk menghasilkan kekuatan dan menjaga daya tahan seseorang yang berlatih setiap harinya, seperti atlet.

Mengonsumsi kafein 30-60 menit sebelum berolahraga dapat memberi Anda energi lebih.

Baca juga: Apakah Minuman Pre-Workout Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan?

6. Lemak

Lemak tidak selalu berdampak buruk bagi tubuh. Anda membutuhkan setidaknya 15% lemak baik dalam diet Anda untuk menjaga kadar testosteron untuk membentuk otot.

Anda bisa mendapatkan lemak baik dari ikan, kacang-kacangan, atau mengonsumsi suplemen Omega-3.

7. Suplemen

Untuk mendapatkan bentuk tubuh atletis, memilih suplemen terbaik adalah salah satu cara memperbesar otot Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa tak semua suplemen diawasi oleh BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), jadi cermatilah tiap produk yang Anda gunakan atau konsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsinya.

Berikut adalah beberapa suplemen terbaik yang bisa menjadi referensi Anda dalam pembentukan atau memperbesar otot Anda :

Whey Protein Powder

Sejumlah ahli menyarankan agar Anda mengkonsumsi 1-2gr protein per kg dari berat badan Anda per harinya.

Karena teksturnya bubuk dan terbuat dari susu sapi, whey protein ini bisa Anda gunakan sebagai campuran dalam membuat minuman sehat, jus, kue hingga roti yang berprotein tinggi.

Baca juga: Tips Memilih Protein Powder yang Sesuai dengan Tubuh Anda

Creatine Powder

Banyak anggapan yang menyebutkan bahwa fungsi kreatin adalah sebagai pembesar otot, hal ini tidak salah namun kurang tepat.

Suplementasi kreatin dapat membantu Anda meningkatkan kekuatan pada otot atau stamina sehingga performa latihan Anda meningkat.

BCAA

BCAA (Branched-chain amino acid) merupakan salah satu jenis asam amino yang penting untuk mencegah katabolisme otot.

Katabolisme otot adalah proses pemecahan protein pada otot untuk mengubahnya menjadi sumber energi.

BCAA juga membantu Anda meningkatkan daya tahan tubuh saat melakukan latihan kardio, seperti lari maraton, renang, atau bersepeda.

 

Kembali ke blog

Tulis komentar

Ingat, komentar perlu disetujui sebelum dipublikasikan.

Produk Rekomendasi

Tutup

Artikel terkait